20 Cara Mengusir Rayap Kayu Secara Alami yang Ampuh Basmi Permanen

Reporter : Aditia
Jumat, 2 Juni 2023 15:34
20 Cara Mengusir Rayap Kayu Secara Alami yang Ampuh Basmi Permanen
Simple dan mudah, cara mengusir dan membasmi rayap kayu dengan cara ini!

Cara mengusir rayap kayu yang mudah untuk dilakukan tanpa harus menggunakan bahan kimia bisa kamu lakukan dengan beberapa cara. Selain mudah, penggunaannya pun akan efektif untuk membasi rayap tanpa merusak perabotan rumah. Tempat kesukaan rayap adalah kayu yang ringan seperti kursi, rak, lemari buku, dan perabotan lainnya yang biasanya menempel pada dinding. Cara membasmi rayap yang satu ini adalah dengan menggunakan bahan alami hingga kimia di area yang dihinggapi rayap tersebut. 

Bahan alami yang bisa digunakan untuk cara mengusir rayap kayu ini cukup mudah ditemui, beberapa di antaranya merupakan bahan dapur lho. Bahan-bahan alami ini dikenal memiliki bau yang membuatnya tak kembali.

Ada caranya lho cara menghilangkan rayap ini agar tak kembali lagi ke rumahmu. Selain itu, beberapa tutorial cara mengusir rayap kayu ini disebut ampuh membasmi tuntas ratu rayap yang biasanya akan melahirkan anak-anak rayap dan membuat koloni yang menghancurkan perabotan kayu di rumahmu. 

Nah, apabila rumahmu banyak memiliki furniture yang terbuat dari kayu, sebaiknya yuk cobain cara mengusir rayap kayu yang ampuh dan mudah satu ini!

1 dari 20 halaman

1. Air kapur sirih

Cara mengusir rayap kayu © Diadona

Ada metode secara alami yang ampuh untuk cara mengusir rayap kayu, yang pertama adalah menggunakan cairan kapur sirih.

Caranya, rebus air kapur sirih, tuangkan ke dalam botol semprot. Semprotkan cairan ke sepanjang lemari yang dihinggapi rayap. Atau kamu juga bisa menyiramkan langsung ke area koloni rayap yang ekstrem menggerogoti furniture kayu. 

Kapur sirih ini mengandung senyawa yang dapat membasmi rayap dan ampuh membuat mereka tak kembali lagi.

2 dari 20 halaman

2. Tembakau

Cara mengusir rayap kayu © Diadona

Cara mengusir rayap kayu secara alami selanjutnya adalah menggunakan air tembakau. Caranya cukup mudah, kamu bisa melarutkan tembakau dengan air dan rendam dalam wadah lalu diamkan semalaman.

Untuk mempermudah mengaplikasikannya, kamu bisa menggunakan botol semprot yang berukuran sedang lalu arahkan ke koloni dan sarang rayap agar lebih cepat mati. Dengan begitu, rayap tak mudah kembali atau membangun sarang yang baru. Jangan lupa untuk membasmi rayap dengan tuntas, membersihkan, serta pastikan furniture yang terkena rayap bersih dari serangga yang satu ini.

3 dari 20 halaman

3. Air Sabun

Cara mengusir rayap kayu © Diadona

Tahukah kamu, cara mengusir rayap kayu juga bisa menggunakan air sabun lho. Ini merupakan tips mudah dan murah untuk membasmi rayap. Selain itu air sabun juga bisa sekaligus membersihkan berbagai perabotan di rumahmu yang kotor karena dihinggapi sarang rayap.

Sabun yang sebaiknya kamu gunakan adalah jenis sabun antiseptik atau antibakteri, jenis sabun ini akan membuat rayap enggan untuk memakan perabotan lagi. Air sabun akan menyebabkan sistem pernafasan rayap merasa terganggu dan sulit untuk bernafas.

Langkahnya, cukup larutkan air sabun lalu semprotkan pada area antara perabot dan furniture secara merata.

4 dari 20 halaman

4. Daun Salam dan Kemangi

Cara mengusir rayap kayu © Diadona

Cara menghilangkan rayap kayu secara alami juga bisa dilakukan dengan bahan dapur sederhana seperti daun salam dan kemangi lalu manfaatkan sebagai pembasmi rayap dengan cara digantung di area furniture.

Aroma rempah-rempah ini diketahui mampu menghalau serangan rayap yang lebih ekstrem. Ini karena rayap tidak menyukai aroma yang aneh dari rempah yang menyengat. Selain itu, kedua bahan dapur ini juga aman dan tidak akan menimbulkan efek negatif bagi rumah dan lingkunganmu.

5 dari 20 halaman

5. Menutup Dinding yang Retak

Cara mengusir rayap kayu © Diadona

Cara menghilangkan rayap kayu selanjutnya adalah dengan memperhatikan setiap sudut rumah yang berpotensi menjadi tempat masuknya rayap, seperti dinding yang retak. Dinding yang retak ini bisa menjadi celah bagi rayap untuk berbondong-bondong membangun koloni.

Nah, jika kamu punya dinding yang retak di rumahmu, segera tambal dan tutup menggunakan semen putih sebelum rayap menginvasi perabotanmu.

Pastikan dinding yang retak ini benar-benar tertutup sempurna dan bersihkan lubang dengan cairan semprot dari beberapa cara yang sudah disajikan di artikel ini.

6 dari 20 halaman

6. Turunkan Suhu Ruangan

Cara mengusir rayap kayu © Diadona

Cara menghilangkan rayap kayu yang dijamin efektif adalah dengan mengatur suhu rumah. Rayap kayu atau rayap pemakan furniture ini menyukai ruangan yang dindin dengan menggunakan pendingin ruangan atau AC tersebut bersuhu rendah.

Bila perlu, letakkan perabotan kayu menghadap pendingin ruangan atau AC yang dingin. Secara perlahan, serangan rayap akan mulai berkurang.

7 dari 20 halaman

7. Bersihkan Genangan Air di Halaman Rumah

Cara mengusir rayap kayu © Diadona

Serangan rayap biasanya karena kondisi lingkungan yang lembab. Cara mengusir rayap kayu secara alami agar tak semakin parah memakan perabotan kayu di rumahmu adalah membersihkan genangan air yang ada di halaman rumahmu. 

Bangunan yang dekat dengan tempat yang lembab disinyalir dapat menjadi tempat sarang rayap. Oleh karena itu, sering-seringlah membersihkan area yang lembab seperti genangan air, membersihkan rumput di samping rumah dan usahakan selalu kering dari lumut batuan. 

8 dari 20 halaman

8. Gunakan Cahaya Matahari untuk Mengurangi Kelembaban

Cara mengusir rayap kayu © Diadona

Selain tempat yang lembab, rayap sangat meyukai ruangan yang gelap dan minim cahaya. Cara mengusir rayap kayu secara alami yang dijamin efektif adalah menata perabotan kayu di dekat sisi ruangan yang mendapat banyak cahaya matahari.

Untuk mendapatkan sinar matahari ini, kamu bisa menambah jumlah jendela dan ventilasi ruangan agar ruangan bisa menyerap sebanyak mungkin sinar matahari. 

9 dari 20 halaman

9. Racun Anti Rayap

Cara mengusir rayap kayu © Diadona

Apabila kamu ingin cara yang lebih praktis, cobalah bahan kimia lainnya yang ampuh dan mudah seperti racun anti rayap untuk cara mengusir rayap kayu ini.

Sebagai bahan yang dibuat khusus untuk membasmi serangan rayap, obat kimia anti rayap ini bekerja membunuh dan membuat furniture kayu bebas dari serangan rayap. 

Obat kimia yang ampuh membunuh rayap ini bisa kamu beli di toko racun serangga terdekat. Akan tetapi, zat kimia yang satu ini tak bisa digunakan sembarangan, kamu perlu mengaplikasikannya dengan hati-hati dan jauhkan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan. 

10 dari 20 halaman

10. Air Garam

Cara mengusir rayap kayu © Diadona

Tak banyak yang tahu, cara mengusir rayap kayu secara alami dan tips membuat rumah jadi bebas dari serangga yang satu ini adalah dengan menggunakan larutan air garam. 

Buatlah larutan air garam lalu masukkan ke dalam botol semprot, aplikasikan pada lemari terdapat serangan rayap. Dijamin rayap akan mulai pergi karena tak menyukai garam yang menganggu sistem pencernaan mereka.

11 dari 20 halaman

11. Lampu UV

Cara mengusir rayap kayu © Diadona

Rayap kayu atau rayap tembok memang menyukai tempat yang gelap dan minim cahaya. Makan usahakan ruanganmu tidak kekurangan cahaya dan pastikan selalu kering. Untuk membuat pencahayaan rumah tampak terang, kamu bisa menggunakan bantuan lampu UV yang kamu letakkan di sekitar furniture kayu. 

Lampu UV ini bisa membuat ruanganmu nampak terang, hangat, dan kering. Ini bisa membantu menghalau serangan rayap yang suka menggerogoti perabotan rumahmu yang terbuat dari kayu.

12 dari 20 halaman

12. Kapur Barus

Cara mengusir rayap kayu © Diadona

Cara menghilangkan rayap kayu secara alami lainnya dapat kamu lakukan dengan kapur barus. Kapur barus bisa membuat serangan rayap ini hilang dan tidak kembali. Selain bahan yang satu ini mudah ditemukan, cara pengaplikasiannya juga dirasa sangat mudah yaitu tinggal menaruh beberapa bulatan kapur barus di area furniture. 

Kapur barus mengandung senyawa naftalena yang tidak disukai hampir seluruh jenis serangga pengganggu, termasuk rayap. Sehingga ampuh karena senyawa dalam kapur barus ini bisa sangat mematikan bagi rayap.

13 dari 20 halaman

13. Membuat Jebakan Kardus

Cara mengusir rayap kayu © Diadona

Cara mengusir rayap kayu secara alami selanjutnya yang efektif untuk dilakukan adalah dengan memasang jebakan.

Caranya mudah, kamu bisa menggunakan kardus sebagai bahan membuat jebakan. Basahi terlebih dahulu beberapa kardus berukuran besar, letakkan pada lemari dan tunggu beberapa jam. Rayap akan mulai masuk ke kardus dan menggerogoti jebakan yang sudah kamu buat. 

Setelah rayap mengerubungi kardus, buang kardus atau bakar di area terbuka agar tidak kembali lagi.

14 dari 20 halaman

14. Asam Borat

Cara mengusir rayap kayu © Diadona

Asam borat sendiri merupakan senyawa kimia yang dapat digunakan untuk cara menghilangkan rayap kayu secara alami. Senyawa ini mudah untuk diaplikasikan.

Caranya cukup semprotkan asam borat atau yang dikenal dengan sebutan borax pada seluruh sudut lemari dan di dalamnya secara perlahan. Semprotkan secara rutin hingga rayap benar-benar hilang dan tidak kembali.

15 dari 20 halaman

15. Air Cucian Beras

Cara mengusir rayap kayu © Diadona

Bahan lainnya yang alami adalah menggunakan larutan air cucian beras untuk cara mengusir rayap kayu secara alami. Larutan air beras dikenal memiliki kandungan abrasif yang dapat membersihkan segala jenis hama dan kotoran secara alami. 

Sama seperti larutan pengusir rayap lainnya, cukup masukkan air cucian beras pada botol spray. Lalu semprotkan larutan pada sisi lemari.

16 dari 20 halaman

16. Gunakan Lantai Berbahan Keramik yang Kokoh

Cara mengusir rayap kayu © Diadona

Perlu untuk diperhatikan bahwa rayap menyukai kayu yang ringan dan cenderung lembab.  Oleh karena itu, cobalah untuk gunakan lantai keramik yang kokoh dan tebal untuk menghindarkan serangan rayap.

Lantai yang terbuat dari keramik yang tebal dapat menghalau rayap untuk secara langsung menghinggapi perabotan kayumu. 

17 dari 20 halaman

17. Jangan Tempel Furniture Kayu Mepet Dinding

Tips cara mengusir rayap kayu selanjutnya untuk mencegah invasi rayap adalah dengan memberi jarak antara dinding dengan furnitur kayu. Ini dilakukan agar rayap tak mudah menyebar dari dinding ke area perabotan. 

Selain itu, jarak antara dinding dengan furniture ini juga bisa menghilangkan uap air yang terperangkap dalam perabotan kayu agar tidak membuat perabot jadi lembab dan menjadi sarang rayap.

18 dari 20 halaman

18. Menjemur Furniture Kayu dan Perabotan

Cara mengusir rayap kayu © Diadona

Langkah cara mengusir rayap kayu secara alami selanjutnya adalah memastikan perabotan kayu dalam kondisi kering dan tidak lembab dengan cara dijemur di bawah sinar matahari yang terik.

Untuk hasil yang lebih maksimal, cobalah jemur perabotan lainnya agar rayap tidak menyebar ke lemari baju dan ranjang. Cucilah sprei, kasur, hingga baju yang dirasa menjadi sasaran serangan rayap. 

19 dari 20 halaman

19. Ciptakan Sirkulasi Udara

Cara mengusir rayap kayu © Diadona

Cara mengusir rayap kayu yang efektif dan tanpa menggunakan bahan yang bikin repot adalah membuat sirkulasi udara di rumahmu jadi sejuk. Sirkulasi udara yang baik dapat mengurangi kelembaban dan mencegah tumbuhnya jamur yang memperparah serangan rayap.

20 dari 20 halaman

20. Mengecat Perabotan Kayu

Cara mengusir rayap kayu © Diadona

Cara mengusir rayap kayu yang terakhir adalah dengan mengecat perabotan dengan bahan cat yang mengandung anti rayap. Gunakanlah cat kayu yang menawarkan perlindungan membasmi rayap yang efektif.

Cara membasmi rayap yang satu ini dirasa lebih simple dan dapat membuat ketahanan perabot kayu lebih awet lama. Dengan cara ini, rayap bisa pergi dan enggan menggerogoti perabotanmu. 

 

 

 

 

Beri Komentar