Tips Aman Membersihkan Alat Elektronik di Rumah, Nggak Bisa Sembarangan Moms!

Reporter : Yayuk Harini
Selasa, 22 Juni 2021 17:00
Tips Aman Membersihkan Alat Elektronik di Rumah, Nggak Bisa Sembarangan Moms!
Penting banget memastikan barang elektronik di rumah tetap bersih dari kuman dan bakteri.

Hampir semua orang kini memiliki banyak barang elektronik dan gadget di rumah. Sebut saja seperti laptop, ponsel, dan TV layar datar. Kendati demikian, sangat sedikit orang yang bisa meluangkan waktu untuk membersihkan perangkat elektronik mereka dengan benar.

Padahal, saat ini membersihkan barang yang sering kita gunakan adalah hal terpenting untuk mencegah terpapar dari virus dan bakteri, lho. Nah, barang yang sangat rawan adalah ponsel dan laptop telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari.

Untuk mencegah gawai menjadi sarang bakteri, Moms bisa membersihkannya sendiri di rumah. Berikut tips membersihkan gawai yang aman seperti dilansir dari Real Estate, Kamis (22/6/2021).

Hampir semua elektronik rumah tangga dapat dibersihkan dengan beberapa barang yang sama yakni kain serat mikro, spiritus, dan semprotan angin bertekanan tinggi (opsional).

1 dari 3 halaman

1. Membersihkan laptop dan komputer

Tips Aman Membersihkan Alat Elektronik di Rumah © Diadona

Pertama, matikan komputer dan cabut kabelnya. Balikkan laptop atau keyboard dan goyangkan untuk menghilangkan kotoran yang menempel. Letakkan kembali dan berikan tiup-tiup menggunakan napas atau semprotan angin bertekanan tinggi yang juga dijual kalengan.

Oleskan sedikit alkohol gosok ke kain serat mikro dan seka di sekitar keyboard. Oleskan juga alkohol gosok ke layar dan seka dengan kain. Untuk membersihkan layar seka layar ke arah bawah agar terhindar dari goresan.

2 dari 3 halaman

2. Membersihkan televisi

Sedot debu yang terkumpul di bagian belakang TV. Ambil sedikit alkohol gosok dan oleskan ke kain mikrofiber, lalu seka layar dengan lembut untuk menghilangkan noda. Lap kembali dengan kain yang lembut untuk menghindari goresan

Untuk remote TV, goyang-goyangkan untuk menghilangkan debu Gosok remote dengan kain serat mikro. Ulangi jika sangat kotor.

3 dari 3 halaman

3. Membersihkan ponsel atau tablet

Lepaskan semua casing pelindung tempat perangkat disimpan. Sebagian besar perangkat dapat dengan mudah dibersihkan dengan menyekanya menggunakan kain mikrofiber. Jika ponselmu benar-benar kotor, oleskan sedikit alkohol gosok ke kain dan lap kembali. Biarkan mengering lalu istirahatkan perangkat sebentar baru gunakan kembali.

Tips Aman Membersihkan Alat Elektronik di Rumah © Diadona

Ya, seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa membersihkan rumah tak hanya pada struktur dan elemen serta perabot huniannya saja. Namun, beberapa perangkat elektronk yang kita gunakan sehari-hari. Ramuh sudah bersih dan rapi, masak gadget yang kamu pegang penuh dengan kuman dan bakteri? Nggak dong? Semoga membantu ya Moms.

Beri Komentar