7 Jenis Tanaman Hias Hidroponik Ini Siap Mendekorasi Rumahmu Biar Makin Cantik

Reporter : Wicha Mashita
Selasa, 22 Juni 2021 13:21
7 Jenis Tanaman Hias Hidroponik Ini Siap Mendekorasi Rumahmu Biar Makin Cantik
Beberapa jenis tanaman hias hidroponik ini cara perawatannya mudah kok.

Apakah kamu penggemar tanaman hijau untuk membuat rumah tampak sejuk dan asri? Kalau iya, rekomendasi beberapa jenis tanaman hias hidroponik ini menjadi jawaban yang tepat buat kamu.

Memang, mengoleksi tanaman hias bisa menjadi hiburan tersendiri bagi banyak orang. Soalnya, rumah jadi terlihat segar dan kesan asri bisa terasa. Tanaman juga bisa membantumu lebih rileks untuk beritirahat di rumah setelah beraktivitas seharian.

Ada beberapa jenis tanaman hias hidroponik yang bisa kamu pilih nih! Yap, sistem hidroponik nggak cuma buat menanam sayuran atau buah kok. Jadi, cara menanam dan merawatnya lebih sederhana dan nggak kalah dalam hal visual yang aesthetic untuk hunianmu.

Itu kenapa Diadona punya beberapa rekomendasi jenis tanaman hias hidroponik spesial buat kamu melansir dari beberapa sumber.

1 dari 7 halaman

Bunga Matahari

Bunga Matahari HidroponikBunga Matahari Hidroponik © grozine

Buat pecinta bunga, wajib banget nih kamu masukkan bunga matahari jadi list jenis tanaman hias hidroponik di rumah. Apalagi warna kuning cerahnya akan membuat pekarangan rumahmu makin cantik. Tentu saja kamu bisa menanamnya secara hidroponik, Diazens menggunakan media arang sekam.

Caranya gampang kok, kamu cukup meletakkan biji bunga matahari di dalam ruangan. Oh iya, pilih sudut yang mendapat sinar matahari cukup ya, misalnya dekat jendela.

Tapi tentu saja akan lebih baik kalau diletakkan di luar ruangan. Biar hemat tempat, kamu bisa meletakkan bunga matahari di rak bersusun. Nah, untuk perawatannya cukup menyiram sekali dalam sehari.

2 dari 7 halaman

Aglonema

AglonemaAglonema © Pinterest

Kalau jenis tanaman hias hidroponik yang satu ini sih pasti sudah nggak asing lagi ya. Aglonema memang menjadi incaran banyak orang belakangan ini. Warna daun merahnya yang ditawarkan menggoda minat pecinta tanaman. Ditambah, tanaman ini memiliki nama lain Sri Rejeki yang diyakini akan memberi keuntungan bagi pemiliknya.

Uniknya, corak daun Aglonema juga beragam loh! Terus, tanamn ini juga bisa menjadi pembersih udara/ antipolutan alami yang bisa menyerap racun atau zat berbahaya. Nah, cara merawatnya mudah kok, Diazens. Kamu cukup meletakkanya di tempat yang kena sinar matahari langsung.

3 dari 7 halaman

Keladi Red Star

Keladi Red StarKeladi Red Star © Pinterest

Masih daun berwarna merah, kali ini ada rekomendasi jenis tanaman hias hidroponik Keladi Red Star. Bentuk daunnya seperti hati yang lebar ditambah corak merah membuatnya tampak elegan. Kamu bisa menanamnya di pekarangan atau di dalam pot.

Cara perawatannya juga gampang kok, mirip seperti Aglonema. Kamu cukup meletakkanya di tempat yang bisa kena sinar matahari langsung biar bisa tumbuh subur. Soalnya kalau kekurangan sinar matahari warnanya bisa berubah jadi pucat.

4 dari 7 halaman

Suplir

Tanaman SuplirTanaman Suplir © dekoruma

Kalau Suplir sih memang sudah terkenal sejak lama menjadi jenis tanaman hias hidroponik. Suplir sudah dikenal sebagai tanaman hias dari jenis paku-pakuan sejak tahun 1990-an loh! Soalnya bentuk Suplir sederhana namun terlihat cantik dengan daun yang bergerumbul.

Apalagi, Suplir mudah tumbuh di daerah yang lembab. Kamu bisa memasukkanya dalam pot kecil untuk dibudidaya secara hidroponik. Jadi terlihat hijau dan asri deh.

5 dari 7 halaman

Lidah Buaya

Lidah Buaya HidroponikLidah Buaya Hidroponik © YouTube/ Garden Plants

Selain terkenal akan khasiatnya yang beragam untuk perawatan kulit dan rambut, lidah buaya juga bisa dibudidayakan secara hidroponik nih! Kamu bisa menanamnya menggunakan arang sekam.

Kalau ingin tampak lebih cantik, kamu juga bisa menanamnya dengan hidrogel dengan diletakkan di pot dari asbes atau kaca. Jadi warna hidrogelnya bisa kelihatan buat memancarkan kesan aesthetic gitu deh.

Ditambah, lidah buaya atau aloe vera ini cara perawatannya memang mudah. Kamu cukup menjaga kelembabannya dengan menyiram sehari dua kali atau saat media tanamnya mulai mengering.

6 dari 7 halaman

Sirih Gading

Sirih Gading HidroponikSirih Gading Hidroponik © dream.co.id

Masih yang hijau-hijau nih Diazens. Selanjutnya ada Sirih Gading sebagai jenis tanaman hias hidroponik. Ciri khas dari tanaman ini adalah memiliki daun yang bercorak belang hijau dan kuning.

Selain itu, tanaman ini cukup bandel soalnya bisa tumbuh di berbagai media. Bahkan pakai air sekalipun. Jadi nggak ribet deh kalau jadiin Sirih Gading tanaman hias di rumah.

7 dari 7 halaman

Anggrek

Bunga AnggrekBunga Anggrek © thesill

Ada juga rekomendasi jenis tanaman hias hidroponik berupa bunga warna-warni. Yap, anggrek memang menjadi tanaman hias yang populer di Indonesia. Kamu juga mudah mendapatkannya kok untuk dijadikan dekorasi di rumah.

Biasanya media yang digunakan adalah arang, kayu pakis atau sabut kelapa dengan sistem hidroponik. Kerennya lagi, kamu bisa menanam anggrek di pot menjadi berundak atau digantung di ruangan biar terhindar dari hama.

Namun, untuk cara merawatnya memiliki beberapa versi sesuai dengan jenis anggreknya ya. Kalau dari penyinarannya sih bisa dikelompokkan menjadi tiga jenis, yaitu:

-Harus kena sinar matahari langsung
-Bisa tumbuh baik di tempat yang nggak kena matahari langsung
-Nggak bisa tumbuh di tempat yang kena paparan matahari langsung.

Itulah beberapa rekomendasi jenis tanaman hias hidroponik yang bisa kamu pilih untuk dekorasi rumah. Tentukan pilihanmu sekarang, Diazens!

Beri Komentar