10 Tanaman Hias yang Tidak Perlu Disiram, Cocok Buat Kamu yang Super Sibuk!

Reporter : Arif Mashudi
Selasa, 6 Februari 2024 13:30
10 Tanaman Hias yang Tidak Perlu Disiram, Cocok Buat Kamu yang Super Sibuk!
Nggak perlu disiram juga sudah tumbuh besar~

Tanaman hias adalah salah satu bagian dekorasi rumah yang fungsinya untuk mempercantik dan juga menghadirkan kesejukan. Namun, dibutuhkan perawatan yang ekstra untuk menjaga tanaman-tanaman tersebut agar tetap tumbuh dan berkembang.

Tapi tenang, ada loh tanaman hias yang tidak perlu disiram tiap hari namun tetap bisa hidup. Jadi, kalau kamu punya kegiatan yang padat dan super sibuk tanaman ini sangat cocok untuk kamu. Cukup siram aja sebisanya dan sesempatnya.

Berikut ini adalah beberapa tanaman hias yang tidak perlu disiram namun tetap cantik dan estetik. So, yuk simak rekomendasinya di bawah ini, Diazens.

1 dari 7 halaman

Kaktus

Ilustrasi Kaktus © Diadona

Kaktus, tanaman kering yang super stylish, adalah rekomendasi paling atas tanaman hias yang tak perlu disiram setiap hari. Dengan kemampuannya menyimpan air dalam jaringan daging daunnya, kaktus menjadi pilihan ideal untuk kamu yang nggak ada waktu menyiram tanaman tiap hari. 

Bahkan Diazens, kaktus dapat bertahan hidup hanya dengan mendapatkan air segar hanya beberapa kali dalam sebulan. Nggak duma daya tahannya yang luar biasa, keunikan bentuk dan ragam warna kaktus juga menambah daya tariknya sebagai dekorasi yang menawan di berbagai sudut rumah.

Lidah Mertua

Ilustrasi Lidah Mertua © Diadona

Lidah mertua atau Sansevieria, bukan hanya tanaman hias yang mempesona tetapi juga pilihan yang pas bagi kamu yang nggak punya banyak waktu untuk menyirami tanaman. Dengan daunnya yang tebal dan keras, lidah mertua mampu bertahan hidup dengan jumlah air yang sangat minim loh.

Bahkan, tanaman ini dapat tumbuh subur di tempat teduh yang minim sinar matahari. Kelebihan lainnya, lidah mertua dikatakan dapat membersihkan udara rumah dari polutan, menjadikannya tanaman hias yang tak hanya indah tetapi juga bermanfaat.

2 dari 7 halaman

Lili Paris

Ilustrasi Lili Paris © Diadona

Tanaman hias yang tidak perlu disiram selanjutnya adalah Lili Paris. Meskipun dikenal sebagai tanaman yang membutuhkan perawatan, Lili Paris memiliki ketahanan luar biasa dalam mengatasi kondisi kekeringan. Tanaman ini dapat hidup dengan baik asalkan diberi air secukupnya saat tanah di sekitarnya mulai mengering. 

Selain punya daya tahan yang kuat, tanaman hias satu ini juga berguna untuk membersihkan udara dalam rumah loh. Cukup letakkan di tempat sinar matahari langsung dan siram satu kali seminggu saja. Tapi pastikan untuk mengganti tanahnya jika sudah mulai mengeras.

Bunga Kamboja

Tanaman Hias yang Tidak Perlu Disiram © Diadona

Tau nggak sih Diazens, Bunga Kamboja ini punya julukan mawar padang pasir loh. Ya, hal ini menggarkan jika tanaman satu ini bisa tetap bisa tumbuh cantik meski berada di daerah yang kering. 

Jadi, kamu nggak perlu menyiramnya setiap hari. cukup siram beberapa kali seminggu atau ketika tanahnya mulai kering. Oh iya, selain sebagai tanaman hias yang kuat, konon bunga kamboja ini juga merupakan simbol dari keberuntungan loh.

3 dari 7 halaman

Begonia

Ilustrasi Jenis Tanaman Hias Begonia © Diadona

Sama seperti Kamboja yang dipercaya mampu mendatangkan keberuntungan untuk pemiliknya, Begonia juga demikian. Pun tanaman ini juga punya daya tahan yang luar biasa. Meski membutuhkan kelembaban, begonia cukup tahan kok terhadap kondisi tanah yang kering. 

Dengan penyiraman yang cukup sesekali dan penempatan di tempat yang cerah namun terhindar dari sinar matahari langsung, Begonia dapat tumbuh dengan subur. Jadi, tanaman ini tidak hanya mudah dirawat, tetapi juga memberikan keindahan yang tahan lama di lingkungan rumahmu.

Sirih Gading

Tanaman Hias Sirih Gading © Diadona

Tanaman hias yang tidak perlu disiram selanjutnya adalah Sirih Gading. Tak hanya memukau dengan motif khas pada daunnya, tetapi juga bisa menjadi pilihan sempurna bagi kamu yang memiliki jadwal sibuk dan nggak sempat mengurusi tanaman dengan baik.

Sirih Gading tidak memerlukan perhatian berlebihan dalam hal penyiraman. Cukup dengan memberikan air secukupnya, Sirih Gading tetap tumbuh dengan subur dan menambah pesona keindahan di dalam rumah kamu. Oh iya, tanaman ini dapat ditempatkan di berbagai area, mulai dari taman luar hingga pot gantung di dalam ruangan.

4 dari 7 halaman

Sri Rejeki

Ilustrasi Sri Rejeki © Diadona

Namanya aja udah menyenangkan, kan? Sri Rejeki adalah tanaman yang nggak perlu perhatian lebih. Tinggal letakkan di tempat yang cukup terang, dan Sri Rejeki bakal membawa rejeki ke rumahmu.

Sri Rejeki bisa tumbuh subur dengan sedikit air saja loh, menjadikannya pilihan ideal untuk dijadikan penghias taman atau area luar rumah. Namun, supaya tetap hidup usahakan kondisi tetap lembab.

Lidah Buaya

Ilustrasi Lidah Buaya © Diadona

Kemudian, ada tanaman hias yang tidak perlu disiram yaitu Lidah Buaya. Tanaman ini memiliki kemampuan luar biasa untuk bertahan hidup dengan jumlah air yang minimal. Dengan daun tebal berdaging, lidah buaya dapat menyimpan air dan bertahan dalam kondisi kekeringan. 

Nggak hanya itu, juga bisa digunakan untuk perawatan kecantikan. Cocok banget deh ini buat kamu yang ingin rumah tetap cantik, sejuk namun perawatan yang minim.

5 dari 7 halaman

Bunga Dolar

Ilustrasi Tanaman Dolar © Diadona

Bunga Dolar tidak hanya memberikan tampilan yang unik tetapi juga menjadi tanaman hias pilihan untuk yang enggan repot dengan urusan penyiraman harian. Salah satu keunggulan dari tanaman ini terletak pada kemampuan mengatasi kekurangan air, sehingga cukup disiram secukupnya saja.

Kelebihan atau keunggulan ini membuat Bunga Dolar ideal untuk menghiasi taman depan rumah atau ditempatkan di dalam pot. Dengan perawatan yang minim tanaman ini akan memberikan sentuhan kesejukan yang tahan lama.

Nolina

Ilustrasi Nolina © Diadona

Kemudian, ada Nolina. Dengan daunnya yang panjang serta batangnya yang besar, Nolina mampu menampung air sehingga tidak perlu menyiramnya terlalu sering. Jadi, kamu cukup letakkan tanam ini di tempat dengan sinar matahari dan siram 2 minggu sekali.

Kelebihan Nolina tidak hanya pada daya tahan terhadap kekeringan, tetapi juga pada kemampuannya untuk menambah sentuhan keindahan tropis di setiap ruangan. Cocok banget buat kamu yang suka tanaman-tanaman estetik buat di rumah.

6 dari 7 halaman

Palem

Pohon Palem Areca © Diadona

Kalau Palem sih nggak perlu diragukan lagi ya. tak hanya memberikan nuansa tropis tetapi juga sangat mudah dirawat. Tanaman ini punya ketahanan yang luar biasa terhadap kekeringan, sehingga memberikan kemudahan bagi pemiliknya yang sering lupa menyiram. 

Jadi, Palem ini mendapat asupan air langsung dari tanah sehingga tidak perlu terlalu sering disiram. Cocoknya kalau Palem ini memang untuk dijadikan di tanaman yang ada di luar ruangan. 

Sukulen

Ilustrasi Tanaman Sukulen © Diadona

Terakhir ya Diazens, ada Sukulen yang menjadi tanaman hias yang tidak perlu disiram. Tanaman ini mempunyai kemampuan unik untuk menyimpan air di daunnya, membuatnya tahan meskipun nggak disiram air setiap hari.

Jadi, kelebihan tanaman ini  cocok ditempatkan di pot cantik sebagai dekorasi meja atau ditempatkan di taman batu. Dengan berbagai bentuk dan warnanya yang menarik, Sukulen menjadi tanaman hias yang menyenangkan tanpa harus menguras waktu dan tenaga.

Jadi itu ya Diazens beberapa tanaman hian yang tidak perlu disiram setiap hari. Dengan adanya ini, kamu tetap bisa menikmati banyak tanaman dengan perawatan yang sangat mudah. So, Happy Gardening ya!

Beri Komentar