6 Dekorasi Rumah Ramah Anak yang Aman dan Homey

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Jumat, 12 Januari 2024 12:55
6 Dekorasi Rumah Ramah Anak yang Aman dan Homey
Beberapa referensi dekorasi rumah ramah anak ini bisa banget buat kamu pilih, nih!

Dekorasi rumah ramah anak menjadi hal yang harus kamu perhatikan, apalagi jika kamu memiliki anak yang sedang di fase aktif-aktifnya, nih! Tentunya keamanan dan kenyamanan anak dalam bermain menjadi prioritas utama kamu sebagai orang tua. Desain interior rumah yang ramah anak biasanya memperhatikan aspek homey untuk menciptakan lingkungan yang mendukung tumbuh kembang anak-anak. 

Selain itu, rumah ramah anak dirancang dengan memperhatikan keamanan anak, sehingga meminimalisir risiko jatuh, terjedot dan lainnya yang bisa membahayakan anak-anak. Mulai dari penggunaan furnitur yang aman hingga menambahkan penghalang di sekitar tangga, balkon, atau kolam renang patut kamu perhatikan. Ruang yang aman di dalam rumah memungkinkan anak-anak bergerak bebas dan bereksplorasi tanpa terlalu banyak batasan. 

Dengan demikian, kamu dapat menciptakan lingkungan yang mendukung dan memfasilitasi proses tumbuh kembang anak-anak di dalam rumah. Jika kamu sedang mempersiapkan rumah ramah anak di rumah,  beberapa hal di bawah ini wajib kamu simak ya! 

Penggunaan Material yang Aman

Pemilihan material yang aman di dalam rumah sangat penting, terutama untuk lingkungan yang ramah anak. Salah satunya, pemilihan lantai yang tidak licin dan juga mudah dibersihkan jika terkena noda tumpahan atau kotoran. Nah, kamu dapat memilih lantai dengan material vinyl atau ubin yang memiliki daya tahan dan sifat kedap air. 

Furnitur Child Friendly 

Pentingnya memilih furnitur yang aman untuk anak wajib banget buat kamu perhatikan, nih! Seperti sudut meja yang tajam akan sangat berisiko mengakibatkan luka parah apabila terbentur. Kamu dapat memilih furnitur dengan sudut tumpul atau memberikan karet tambahan. Nggak hanya itu, mengaplikasikan furnitur dengan ketinggian yang sesuai menjadikannya mudah diakses oleh anak. 

Pilih Warna yang Menarik

Warna memiliki peran penting dalam menciptakan lingkungan yang menarik dan nyaman bagi anak-anak. Warna-warna cerah dan ceria sering kali membangkitkan minat serta semangat bermain dan belajar anak-anak seperti warna kuning, biru, hijau, dan lainnya. Dengan pilihan warna yang tepat bisa menciptakan ruang yang ramah anak dan mengundang kreativitas serta semangat eksplorasi bagi anak, loh! 

Selanjutnya, redaksi Diadona punya beberapa dekorasi rumah ramah anak yang bisa kamu tiru, nih!

1 dari 6 halaman

Rumah Ramah Anak dengan Dekorasi Tematik

Dekorasi Rumah Ramah Anak © Diadona

Dekorasi rumah ramah anak yang pertama yakni dengan menambahkan dekorasi tematik ini, loh! Penggunaan dekorasi tematik di dalam ruangan dapat jadi cara yang tepat untuk membuat anak-anak merasa betah dan excited berada di rumah. 

Kamu dapat membuat tema tertentu di dinding kamar anak atau di ruang lainnya seperti tema alam, bintang-bintang, atau dunia fantasi favorit mereka. Selain itu, kamu dapat menambah perabot dengan tema yang selaras misalnya, sprei atau bantal dengan desain yang mengikuti tema yang dipilih ini.

2 dari 6 halaman

Rumah Ramah Anak yang Terbuka

Dekorasi Rumah Ramah Anak © Diadona

Selanjutnya, dekorasi rumah ramah anak dengan tampilan terbuka dengan tata letak yang rapi ini membuat anak-anak lebih leluasa untuk bermain, nih! Dengan ruangan yang terbuka, anak-anak memiliki lebih banyak ruang untuk bergerak dan bereksplorasi tanpa terbatas oleh ruang yang sempit. 

Kamu dapat menambahkan karpet empuk atau alas dengan motif lucu seperti gambar di atas ini, loh! Karpet dapat menjadi area yang ramah anak untuk aktivitas seperti mewarnai atau membaca buku, memberikan ruang yang nyaman dan empuk untuk anak beraktivitas.

3 dari 6 halaman

Rumah Ramah Anak Gaya Scandinavian

Dekorasi Rumah Ramah Anak © Diadona

Bingung mau mendesain rumah ramah anak yang nyaman tetapi tetap chic? Nah, dekorasi rumah ramah anak dengan gaya Scandinavian ini bisa menjadi referensi buat kamu. Gaya Scandinavian biasa memiliki tampilan sederhana dengan penggunaan warna-warna pastel atau earth. 

Ruangan dengan gaya Scandinavian ini sering memakai material alami, seperti kayu dan kain linen yang menghadirkan suasana hangat dan nyaman untuk anak-anak. Ini juga bisa menjadi ide bagi kamu yang ingin tampilan minimalis sekaligus memberikan ruang yang nyaman bagi anak kamu.

4 dari 6 halaman

Rumah Ramah Anak yang Edukatif

Dekorasi Rumah Ramah Anak © Diadona

Dekorasi rumah ramah anak yang satu ini menjadi salah satu yang wajib ada, nih! Yap, dekorasi edukatif ini menciptakan lingkungan bermain sekaligus belajar yang menyenangkan di dalam rumah. 

Kamu bisa tambahkan elemen-elemen belajar di ruangan, seperti gambar peta dunia, poster binatang atau abjad di dinding untuk merangsang minat anak terhadap pengetahuan baru. Dengan dekorasi yang edukatif ini, rumah bisa menjadi lingkungan yang memotivasi anak-anak untuk terus belajar dan mengeksplorasi dunia di sekitar mereka.

5 dari 6 halaman

Rumah Ramah Anak dengan Dinding Interaktif

Dekorasi Rumah Ramah Anak © Diadona

Dekorasi rumah ramah anak dengan dinding interaktif ini bisa menjadi pilihan loh untuk meningkatkan kreativitas anak di rumah. Kamu dapat memasang papan tulis besar dan interaktif di dinding yang memungkinkan anak-anak untuk menggambar atau menulis. 

Alih-alih dengan model papan yang itu-itu saja, kamu bisa memilih model desain papan tulis ini yang mirip dengan bentuk rumah, nih! Dengan tampilannya yang menarik ini, dapat membuat anak-anak makin excited buat menggunakannya. Jadi kamu nggak perlu khawatir jika anak kamu mencoret dinding atau lainya, karena kamu sudah menyediakan ruang interaktif khusus bagi mereka.

6 dari 6 halaman

Rumah Ramah Anak dengan Permainan

Dekorasi Rumah Ramah Anak © Diadona

Memiliki anak dengan usia aktif-aktifnya memang ada saja yang dilakukan, nih! Kamu bisa menambahkan dekorasi rumah ramah anak dengan permainan-permainan seru ini di dalam rumah. Kamu dapat menyediakan permainan seperti perosotan atau climbing toys ini, loh! 

Permainan ini nggak hanya membuat anak merasa senang saat bermain, tetapi juga bisa jadi alat untuk meningkatkan keterampilan motorik dan keseimbangan mereka. Kamu juga dapat menambahkan karpet atau matras agar dapat memberikan area yang lebih nyaman dan aman saat anak-anak bermain. 

Yap, itu dia beberapa dekorasi rumah ramah anak dan informasi yang bisa membantu kamu merancang rumah ramah anak di rumah. Dengan begini, anak makin nyaman dan betah nih buat di rumah. 

Penulis : Aulia Amanda Safitri

Beri Komentar