9 Jendela Rumah Minimalis yang Menarik, Buat Hunianmu Jadi Lebih Elok

Reporter : Riza Umami
Jumat, 8 September 2023 14:15
9 Jendela Rumah Minimalis yang Menarik, Buat Hunianmu Jadi Lebih Elok
Jendela rumah minimalis bisa mempercantik tampilan rumahmu menjadi lebih mantul. Pilih bentuk jendela dari yang sederhana sampai modern yang cocok dengan kriteriamu!

Jendela rumah minimalis menjadi opsi yang pas buat kamu yang ingin mempercantik tampilan rumahmu menjadi lebih modern. Selain menjadi tempat sirkulasi untuk memberikan kesegaran pada ruanganmu, jendela juga sangat berpengaruh pada tampilan rumahmu. 

Kebanyakan orang akan lebih memperhatikan interior ruangan ketimbang model jendela. Padahal, memilih model jendela yang tepat dapat memberikan nilai plus pada tampilan rumahmu, loh! Bayangkan saja, desain rumah kamu sudah oke tetapi model jendela tidak sesuai tentu akan terlihat kurang menarik, bukan? 

Oleh karena itu, kamu perlu tentukan model jendela yang sesuai dengan desain rumahmu. Jika desain rumah kamu ala Jawa, kamu bisa menggunakan desain jendela yang natural. Nah, kalau desain rumah ala Eropa, kamu dapat memilih bentuk jendela yang cocok dengan gaya eropa. 

Namun, jika rumah kamu dengan desain minimalis dan bingung lebih cocok menggunakan model jendela yang seperti apa? Diadona punya 9 inspirasi desain jendela minimalis yang bisa jadi referensi kamu, nih!

 

1 dari 9 halaman

Model Jendela Awning

Jendela Rumah Minimalis © Diadona

Jendela rumah minimalis dengan gaya awning natural ini terlihat minimalis meskipun dari segi bentuknya terlihat sangat sederhana. Model awning ini menggunakan kuncian engsel atas dan untuk membukanya kamu hanya perlu mendorong saja. Model jendela ini memang terlihat sangat praktis terutama bagi ruangan yang sempit seperti kamar indekos. 

Jendela model ini juga tidak terpengaruh oleh kondisi cuaca loh, keren kan! Ketika hujan, air tidak akan mudah masuk ke dalam karena tertahan oleh bentuk jendela yang miring ke bawah. Gimana? Apakah kamu sudah mempertimbangkan jendela mungil ini berada di rumahmu?

2 dari 9 halaman

Model Jendela Geser

Jendela Rumah Minimalis © Diadona

Jendela yang satu ini cukup menjadi incaran bagi para interior rumah. Bentuknya yang simpel jadi pilihan yang disarankan bagi kamu yang mencari desain jendela rumah minimalis. Desainnya yang elegan dan modern, membuat tampilan rumahmu menjadi lebih stylish. Kamu hanya cukup dengan menggeser jendela ke kanan atau ke kiri untuk membukanya. 

Desain jendela ini juga cocok kamu gunakan di ruangan atau halaman yang sempit karena tidak memerlukan ruang yang banyak untuk membuka dan menutup jendela. Selain itu, dengan desain yang simpel ini kamu juga tidak perlu effort berlebihan untuk membersihkannya.

3 dari 9 halaman

Model Jendela Kaca Mati

Jendela Rumah Minimalis © Diadona

Jendela rumah minimalis dengan model kaca mati atau window picture ini membuat ruanganmu akan terlihat estetik. Konsep dari window picture ini ‘membingkai’ tampilan luar menjadi ‘lukisan’ oleh kusen jendela. Biasanya jendela digunakan sebagai sirkulasi udara, tapi untuk model ini pure menggunakan jendela hanya sebagai hiasan atau pajangan rumah saja. 

Window picture ini menjadikan rumah terlihat modern dan minimalis ala-ala cafe-shop. Tapi kamu akan sedikit ekstra membersihkannya apalagi jika kamu menggunakannya di lantai dua.

4 dari 9 halaman

Model Jendela Nako

Jendela Rumah Minimalis © Diadona

Siapa sih yang familiar dengan model desain jendela ini? Pasti nggak asing lah ya. Jendela rumah minimalis dengan model nako seperti ini biasanya ada di rumah-rumah lawas tahun 80-an sampai 90-an. Desain pada jendela ini menampilkan elemen yang klasik dan simpel tetapi tetap memaksimalkan pada fungsinya sebagai sirkulasi udara dalam ruangan. 

Meskipun tak jarang yang beranggapan desain ini terlihat kuno tapi jangan salah. Desain ini tetap laku loh, di pasaran! Model nako saat ini juga banyak yang terlihat dengan tampilan lebih modern. 

5 dari 9 halaman

Model Jendela Kaca Sudut

Jendela Rumah Minimalis © Diadona

Jendela model ini memang diperuntukkan untuk mempercantik interior dan eksterior rumah. Jendela rumah minimalis model kaca sudut ini material yang digunakan yakni dominan kaca yang berfungsi sebagai sumber cahaya. Ruangan yang terdapat jendela kaca sudut ini akan terlihat estetik. Pastikan bersihkan kaca jendela ini secara teratur ya!

Dilansir dari jendelaku.id (7/9), bagian-bagian rumah yang cocok dengan model ini, yakni jendela sudut dapur, jendela kaca sudut ruang tamu, dan jendela ruang santai. Gimana, tertarik dengan desain ini?

6 dari 9 halaman

Model Jendela Ala Rumah Kolonial Belanda

Jendela Rumah Minimalis © Diadona

Jendela rumah minimalis ala rumah kolonial Belanda ini pasti nggak asing juga kan di mata kalian? Nah, jendela ini memiliki dua lapis jendela. Jendela yang di bagian dalam berupa jendela kaca sedangkan pada bagian luar yakni jendela jalusi. Perlu kamu tahu, jendela bagian luar ini difungsikan sebagai tirai penghalang sinar matahari dan angin. 

Namun, di era saat ini penggunaan jendela model tersebut dilirik karena bentuknya yang bagus dan vintage. Jadi, ketika kamu menggunakan jendela model ini di rumahmu maka akan terlihat menarik, tidak monoton dan tetap minimalis.

7 dari 9 halaman

Model Jendela Single-Hung

Jendela Rumah Minimalis © Diadona

Jendela rumah minimalis dengan model single-hug ini kelihatan simpel banget nggak sih, Diazens? Dengan desain simpel dan klasik ini, akan membuat rumah kamu terlihat modern. Jendela model ini juga cocok digunakan di ruangan yang sempit atau berhadapan dengan jalan yang kecil karena tidak memakan tempat. Untuk membuka jendela ini kamu hanya perlu menggeser bagian bawah ke atas, cukup simpel bukan.

8 dari 9 halaman

Model Jendela Engsel Tengah

Jendela Rumah Minimalis © Diadona

Nah, model yang satu ini terlihat minimaliskan? Jendela rumah minimalis dengan model engsel tengah ini tampak menarik. Cara membuka jendela ini cukup mudah yakni dengan memutar daun jendela ke arah luar atau dalam.

Model jendela ini juga sangat mudah untuk dibersihkan, kamu tinggal mengelap jendela hanya dengan diputar keluar atau ke dalam. Namun, jendela model ini akan memakan sedikit tempat baik di dalam mau maupun di luar,  jadi pastikan rumah kamu punya space yaa untuk itu!

9 dari 9 halaman

Model Jendela Bulat

Jendela Rumah Minimalis © Diadona

Jendela rumah minimalis dengan model yang satu ini emang keren. Desain dengan bentuk bulat ini sangat terkesan unik dan beda dari yang lain. Desain ini juga menambah nilai plus arsitektur rumah.

Jendela dengan bentuk unik ini akan membuat tampilan rumah kamu menjadi lebih menarik dan mewah. Bagus banget nggak sih, Diazens? Apakah kamu tertarik menggunakan desain jendela ini untuk ruangan rumahmu? 

Okeh, Diazens! Redaksi Diadona udah kasih kamu 9 ide desain jendela rumah minimalis yang keren keren, nih. Gimana ada desain yang nyantol di kamu belum buat jadi inspirasi?

Penulis : Aulia Amanda Safitri

Beri Komentar