8 Model Kolam Ikan Minimalis di Lahan Sempit dengan Berbagai Desain yang Menarik

Reporter : Riza Umami
Selasa, 12 September 2023 07:17
8 Model Kolam Ikan Minimalis di Lahan Sempit dengan Berbagai Desain yang Menarik
Model kolam ikan minimalis di lahan sempit bisa kamu jadikan inspirasi untuk dipasang di rumah.

Model kolam ikan minimalis di lahan sempit cocok banget untuk kamu yang memiliki rumah dengan lahan terbatas. Lahan yang sempit tidak akan menjadi hambatan untuk tetap mengoleksi ikan di rumah terutama bagi kamu yang mungkin adalah pecinta ikan.

Yang pasti, kamu perlu menyediakan lahan kosong dulu di rumah untuk dibuat menjadi kolam ikan tersebut. Kehadiran ikan-ikan di rumah tidak hanya bisa mempercantik halaman rumah, tetapi juga bisa dijadikan sebagai pemandangan saat berkumpul bersama keluarga di teras rumah. 

Selain itu, adanya kolam ikan juga membantumu dalam menenangkan pikiran sesaat di tengah lelahnya bekerja. Kamu dapat menghidupkan suasana rumah kamu dengan sentuhan yang tampak natural. Berikut ini ada 8 ide kolam ikan minimalis di lahan sempit yang bisa kamu jadikan inspirasi dalam menciptakan kenyamanan baru saat di rumah.

1 dari 8 halaman

Model Kolam Ikan Minimalis di Lahan Minimalis dengan Batu Alam

Model Kolam Ikan Minimalis di Lahan Sempit © Diadona

Pancaran pesona yang alami dan tenang adalah sebutan yang pantas untuk diberikan dalam kolam ikan yang terbuat dari bahan batu alam. Kolam dari batu ini juga dapat menonjolkan halaman rumah kamu dengan tegas. 

Susunan batu alam yang mengelilingi ikan tersebut dapat membentuk keserasian dalam membangun rumah ikan. Adapun batu alam ini juga memiliki manfaat yang baik dalam menjaga kesehatan ikan sebab terdapat bakteri baik yang menempel di batu ini.

2 dari 8 halaman

Model Kolam Ikan Minimalis di lahan Sempit Depan Rumah

Model Kolam Ikan Minimalis di Lahan Sempit © Diadona

Pernah nggak sih Diazens melihat ikan hidup yang bukannya berenang di bawah air tetapi malah ke atas? Eits jangan salah sangka dulu, ternyata penyebab ikan melayang ke atas ini karena adanya akuarium yang dipasangkan di tengah kolam ikan loh. akuarium ini dinamakan akuarium terbalik. Akuarium ini bisa bikin salah fokus tetangga atau kerabat kamu saat hendak masuk ke rumah. 

Penggunaan akuarium terbalik ini juga mudah digunakan loh! Kamu hanya perlu menggunakan selang biasa dan menyedotkan udara akuarium sehingga ikan-ikan yang semula berada di dalam kolam akan terangkat ke atas akuarium. Penggunaan akuarium kaca juga bisa menjadikan tampilan kolam terlihat mewah dan tentunya kamu bisa melihat keberadaan ikan-ikan secara lebih dekat.

3 dari 8 halaman

Model Kolam Ikan Minimalis di lahan Sempit dengan Bambu

Model Kolam Ikan Minimalis di Lahan Sempit © Diadona

Alternatif dalam menggunakan bambu sebagai kolam ikan yang minimalis bisa kamu terapkan di rumah loh. Bambu juga merupakan salah satu tanaman ramah lingkungan yang bisa menghasilkan oksigen sebesar 35%. Dengan memiliki kolam ikan yang berbahan bambu, ini juga bisa menyegarkan jiwa sekaligus pikiran kamu menjadi lebih sehat. 

Selain itu, kamu juga tidak perlu khawatir dalam mengeluarkan biaya yang terlalu banyak sebab bahan bambu ini memiliki harga yang relatif murah, mudah untuk ditemukan dan memiliki struktur yang kuat terhadap tekanan.

4 dari 8 halaman

Model Kolam Ikan Minimalis di Lahan Sempit Pada Pekarangan Rumah

Model Kolam Ikan Minimalis di Lahan Sempit © Diadona

Tidak harus menggunakan semen dan memanggil tukang kolam, kamu juga bisa membuat kolam ikan secara mandiri menggunakan bak fiber. Bak fiber adalah bak yang tercipta dari serat fiberglass dan memiliki kekuatan tahan terhadap sinar matahari. 

Dalam membuat kolam ikan, bak fiber memiliki kualitas yang jauh lebih baik dibandingkan dengan bak terpal. Kamu bisa mendekorasikan kolam dengan menggunakan batu-batu pekarangan maupun tanaman yang diletakkan di sekitar supaya terlihat makin indah.

5 dari 8 halaman

Model Kolam Ikan Minimalis di Lahan Sempit dengan Jembatan

Model Kolam Ikan Minimalis di Lahan Sempit © Diadona

Jika kamu memiliki jembatan mini yang bisa melintasi sampai ke halaman luar, barangkali ide dalam menciptakan kehadiran kolam ikan dibawahnya juga bisa kamu terapkan di rumah. Kreasi dalam menampilkan dua desain ini bisa menghadirkan suasana yang lebih hidup di halaman rumahmu. 

Selain itu, tampilan desain jembatan dan kolam ikan juga tidak akan terlihat membosankan. Ketika kamu ingin mencari sedikit udara di halaman rumah, kamu juga bisa sekaligus menikmati pemandangan kolam ikan di bawahnya dengan sejenak. 

6 dari 8 halaman

Model Kolam Ikan Minimalis di Lahan Sempit Dengan Bak Mandi

Model Kolam Ikan Minimalis di Lahan Sempit © Diadona

Model kolam ikan yang satu ini cukup berbeda ya Diazens. Penggunaan bak mandi yang biasanya digunakan di kamar mandi ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai kolam untuk ikan-ikan.

Tidak banyak orang yang tertarik menggunakan bentuk bak mandi sebagai kolam ikan karena takut akan terlihat aneh. Namun, hal inilah yang justru akan meninggalkan kesan yang unik pada halaman rumahmu.

7 dari 8 halaman

Model Kolam Ikan Minimalis di Lahan Sempit Ukuran 1 X 2 Meter

Model Kolam Ikan Minimalis di Lahan Sempit © Diadona

Memanfaatkan lahan rumah dengan ukuran 1x2 meter ternyata bisa banget loh untuk menciptakan kolam ikan yang sederhana. Meski ukurannya kecil, kamu gak perlu khawatir nanti terlihat sempit. Yang penting kamu menggunakan dekorasi yang tepat untuk memaksimalkan lahan yang terbatas sehingga gak terlalu terlihat sepi dengan adanya kolam ikan.

8 dari 8 halaman

Model Kolam Ikan Minimalis di Lahan Sempit Bentuk Tangga

Model Kolam Ikan Minimalis di Lahan Sempit © Diadona

Kata siapa sih kalau punya lahan rumah yang sedikit nggak bisa nampilin rumahmu dengan kece? Mungkin kamu belum pernah mencoba membangun kolam ikan minimalis yang berbentuk tangga seperti ini.

Bentuk tangga dalam kolam ikan tidak akan memakan banyak lahan di rumah kamu loh. Penggunaan kolam ikan yang memiliki tekstur seperti kayu serta adanya tambahan dekorasi tanaman di setiap anak tangga membantu memperkaya tampilan kolam ikan tersebut. Selain itu, air yang mengalir di setiap anak tangga kolam layaknya relief air terjun juga bisa menyegarkan mata kamu saat menikmati halaman rumah. 

Nah itulah berbagai model kolam ikan minimalis di lahan sempit yang bisa kamu jadikan inspirasi untuk di rumahmu. Dengan adanya kolam ikan, tampilan rumah kamu jadi terlihat lebih cantik dan terasa makin nyaman.

Penulis : Nabila Rofifah Ghassani

Beri Komentar