20 Kolam Ikan Minimalis dengan Desain yang Unik dan Bikin Adem Suasana Rumah

Reporter : Aditia
Sabtu, 17 Juni 2023 08:51
20 Kolam Ikan Minimalis dengan Desain yang Unik dan Bikin Adem Suasana Rumah
Kolam ikan minimalis dapat membuat rumahmu jadi makin sejuk dan asri, pilihlah desain yang menyesuaikan lahanmu, lakukan perawatan dan kebersihan untuk menjaga unsur air yang baik bagi ikan

Kolam ikan minimalis jadi salah satu dekorasi fungsi yang digemari pemilik rumah karena bisa membuat suasana rumah jadi makin adem dengan suara gemericik air dan estetika desainnya. Dengan penataan yang tepat, kolam ikan akan membuat kesejukan dalam hunian.

Kolam ikan minimalis adalah salah satu dekorasi yang cocok untuk ditempatkan di sisi interior maupun eksterior rumah. Meski terlihat indah dan mewah, kamu sebetulnya tak membutuhkan banyak ruang untuk sekedar memelihara ikan dengan desain yang cantik. Kamu bisa menyulap ruang dan lahan yang sempit jadi kolam yang estetik.

Misalnya, kamu bisa menyulap bagian kanan halaman depan rumahmu menjadi kolam ikan minimalis dan sisi kiri menjadi taman rumah untuk bersantai. Jika kamu tak punya halaman depan, kamu juga bisa memanfaatkan lahan belakang rumah, samping rumah, atau bisa juga di dalam rumah, lho.

Nah, berikut ini 20 desain kolam ikan minimalis yang cantik dan bikin adem untuk kamu terapkan di hunianmu.

1 dari 21 halaman

1. Kolam Ikan di Bawah Pohon Rindang

Kolam Ikan Minimalis

Salah satu tips membuat kolam ikan minimalis tanpa dihinggapi lumut adalah dengan membuatnya jarang terkena sinar matahari. Sinar matahari dikenal dapat membuat pertumbuhan jamur hingga lumut jadi lebih cepat apalagi jika kolammu terbuat dari beton.

Nah, inspirasi kolam ikan buatmu yang sedikit malas berurusan dengan lumut, bisa terapkan kolammu di bawah pohon rindang atau tutup dengan atap. Biar tidak terlalu gelap, kamu bisa menambahkan lampu LED di bagian bawah kolam.

 

 

2 dari 21 halaman

2. Kolam Ikan di Pekarangan Belakang Rumah

Kolam Ikan Minimalis

Kolam ikan minimalis selanjutnya bisa kamu terapkan di belakang rumahmu yang memiliki sisa lahan. Tak cuma perlu ditanami sayuran atau tanaman hias untuk menyegarkan hawa rumahmu. Kolam ikan nampaknya jadi penyejuk tambahan di area belakang rumahmu.

Gunakanlah batuan alam yang minim menyerap lumut dan tanami dengan bunga-bunga yang cocok untuk diletakkan di pinggir kolammu. Ikan yang cocok untuk kamu pelihara dengan jenis kolam seperti ini misalnya Koi hingga ikan Mas.

 

3 dari 21 halaman

3. Kolam dari Material Kaca

Kolam Ikan Minimalis

Kolam ikan minimalis lainnya yang cocok untuk menambah kesan modern di hunianmu adalah kolam dengan material kaca. Kolam kaca ini memungkinkan kamu lebih leluasa memandangai ikan peliharaanmu menari di bawah permukaan kolam.

Untuk membuatnya lebih menarik, kamu bisa menambahkan lampu LED pada bagian bawah kolam agar tetap bisa memantau pergerakkan ikanmu bahkan saat malam hari.

 

4 dari 21 halaman

4. Kolam Kaca Pendek

Kolam Ikan Minimalis

Punya mini teras dan lahan terbatas di rumah minimalis, kamu bisa terapkan kolam ikan minimalis dengan kaca pendek seperti ini. Desain ini juga cocok untuk kamu yang tak suka kolam yang terlalu ramai. 

Tambahkan air mancur dan aerator jika diperlukan agar menghasilkan gemericik air serta menjaga pertukaran oksigen dan karbondioksida di kolam ikanmu.

 

5 dari 21 halaman

5. Kolam di Dalam Ruangan

Kolam Ikan Minimalis

Siapa yang bilang kamu gak bisa punya kolam ikan minimalis di dalam ruangan. Nih, intip desainnya yang menggabungkan ruangan interior dengan kolam atap terbuka.

Kolam ikan di dalam rumah juga akan membuat peliharaan airmu jauh lebih aman ketimbang di luar. Meski begitu, kamu perlu mempertimbangkan langkah perawatan dan pembersihan yang mudah jika kolam berada di dalam ruangan.

6 dari 21 halaman

6. Kolam Ikan Samping Rumah

Kolam Ikan Minimalis

Membuat kolam ikan tak melulu harus di halaman depan rumah, kamu bisa memanfaatkan lahan samping rumahmu untuk disulap jadi kolam yang cantik.

Untuk membuat kolam ikan minimalismu terkesan natural, tambahkan tanaman rawa seperti keladi-keladian, eceng gondok, semanggi, dan sebagainya.

 

7 dari 21 halaman

7. Kolam Ikan Interior dengan Air Terjun Mini

Kolam Ikan Minimalis

Salah satu dekorasi kolam ikan minimalis yang jarang dilewatkan pemilik rumah adalah air terjun hingga air mancur. Kelebihan air terjun mini ini akan menciptakan suara relaksasi gemercik air dan tentunya membuat ikan peliharaaanmu jadi makin aktif berenang.

Kamu bisa menambahkan air terjun ini di sisi dinding kolam ikanmu untuk membuat taman kolammu menajdi lebih indah dan hidup.

 

8 dari 21 halaman

8. Manfaatkan Parit di Rumah

Kolam Ikan Minimalis

Salah satu desain kolam minimalis yang mengadopsi dari gaya Jepang adalah pemanfaatan genangan air menjadi kolam ikan yang cantik. Meski membutuhkan PR lebih untuk membangun serta menyiapkan beberapa hal agar paritmu bersih, namun cukup worth it saat kolam berubah jadi seasri ini.

Pililhlah jenis ikan yang juga memakan rumput dan lumut seperti ikan Koi, ikan Nila, ikan Mas, ikan Corydoras, Brushmouth, hingga ikan Molly. Beberapa ikan ini akan membantu penjernihan genangan air paritmu seiring waktu.

 

9 dari 21 halaman

9. Kolam Ikan Minimalis Sederhana

Kolam Ikan Minimalis

Bagi kamu yang hanya ingin membuat kolam ikan minimalis tanpa taman dan dekorasi, mungkin desain kolam polos yang satu ini cocok untuk hunianmu. Selain akan membuatmu lebih fokus terhadap perawatan ikan, kamu jadi lebih mudah memastikan kebersihan kolammu.

Namun, jangan lupa pastikan ikan peliharaanmu menerima jumlah oksigen dan unsur air yang pas agar tidak menyakiti ikanmu.

 

10 dari 21 halaman

10. Kolam Ikan Minimalis Pasir Putih

Kolam Ikan Minimalis

Salah satu material penjernih air adalah pasir. Pasir mampu menyaring partikel halus dalam air sehingga kolam bisa menjadi lebih bersih.

Nah, kamu bisa gunakan jenis pasir putih agar kolammu makin cantik dan keindahan ikan peliharaanmu dapat terlihat lebih jelas.

 

11 dari 21 halaman

11. Kolam Ikan dengan Dekorasi Kusen Kayu

Kolam Ikan Minimalis

Menambah aksen wooden atau kayu di pinggir kolam ikanmu akan membuat penampilannya jadi lebih sejuk dan adem dipandang. Kamu juga bisa menambahkan jemabatan kecil di kolam ikan minimalismu.

Untuk memastikan kayu yang kamu gunakan tanah lama, awet terhadap air, dan anti rayap, kamu bisa gunakan jenis kayu Jati, Bengkirai, Ulin, hingga Damar Laut.

 

12 dari 21 halaman

12. Kolam Ikan Letter L

Kolam Ikan Minimalis


Dalam ilmu feng shui, kolam ikan, khususnya Koi dipercaya dapat membawa keberuntungan kekayaan. Dengan penataan dan arah kolam yang tepat, dapat membuat hunianmu makin sejuk dan nyaman hingga meningkatkan kualitas kemakmuran.

Salah satu desain yang bisa kamu coba adalah kolam ikan letter L persegi yang bisa kamu sesuaikan dengan arah dan lahan yang kamu miliki.

 

13 dari 21 halaman

13. Kolam Ikan Gaya Jepang

Kolam Ikan Minimalis

Desain kolam ikan minimalis dari Jepang menawarkan banyak inspirasi yang bisa kamu terapkan di hunianmu. Misalnya desain danau buatan berikut ini. Kolam ini memiliki bentuk yang tidak simetris, menyerupai bentuk alami yang organik dan terinspirasi dari alam.

Bentuk kolam yang cantik ini juga memudahkan ikan peliharaanmu leluasa berenang ke segala sisi kolam.

 

14 dari 21 halaman

14. Kolam Ikan dengan Tanaman Rawa

Kolam Ikan Minimalis

Biar kolam ikan minimalis kamu makin cantik, kamu bisa tempatkan berbagai pilihan tanaman hias pinggi kolam agar semakin enak dipandang.

Apalagi jika kamu menyukai desain danu rawa yang membuat air kolammu makin dingin. Tanaman hias untuk kolam renang ini contohnya seperti eceng gondok, pakis-pakisan, monstera, Heliconia, hingga Lee Kwan yew.

 

15 dari 21 halaman

15. Kolam Ikan Letter U

Kolam Ikan Minimalis

Memiliki kolam ikan minimalis yang mengitari rumah memang akan membuat rumahmu jadi makin sejuk dan segar. Apalagi jika ditambah dengan tanaman hias pembersih udara seperti palem bambu dan pandan-pandanan.

Agar membuat air kolammu makin adem dan bersih, gunakan aerasi air agar konsentrasi oksigen dapat memenuhi kebutuhan unsur air ikan peliharaanmu.

 

16 dari 21 halaman

16. Kolam Ikan di Samping Ruang Gym

Kolam Ikan Minimalis

Berolahraga memang lebih asyik jika memandang suasana taman atau kolam ikan minimalis yang asri seperti di atas. Selain dapat menciptakan suara relaksasi air, kolam ikan minimalis ini mampu menciptakan visual eksterior rumah yang asri.

 

17 dari 21 halaman

17. Kolam Ikan dengan Foot Step

Kolam Ikan Minimalis

Salah satu elemen penting dalam kolam ikan minimalis adalah tambahan dekorasi yang bisa memudahkan kamu untuk menjangkau seluruh bagian kolam ikanmu. Nah, dengan menambahkan foot step ini, kamu bisa mengecek seluruh sudut kolam dan tanam tanaman hiasmu untuk dilakukan perawatan dan memperhatikan kebutunan ikan peliharaanmu.

 

18 dari 21 halaman

18. Kolam Ikan di Bawah Tangga

Kolam Ikan Minimalis

Ruangan di bawah tangga rumah juga bisa dijadikan sebagai kolam ikan minimalis dan hiasan tanaman dinding vertikal.

Tambahkan beberapa jenis tanaman air yang aman untuk dindingmu dan pastikan untuk selalu memperhatikan perawatan anti lumut agar tidak merusak interiormu.

19 dari 21 halaman

19. Kolam Ikan Minimalis Memanjang

Kolam Ikan Minimalis

Kolam ikan minimalis yang bisa kamu terapkan pada bagian samping rumahmu yang dijamin tidak akan memakan tempat adalah desain memanjang. Pilihlah jenis ikan koi kecil yang tak terlalu besar dan cocok untuk tinggal di kolammu.

Jangan lupa untuk selalu membersihkan sisa makanan ikan agar tidak menimbulkan kualitas air yang buruk. Untuk membantu mempermudah kamu merawat kebersihan kolam, gunakanlah sistem filtrasi yang mampu menyaring kotoran dan limbah ikan.

 

20 dari 21 halaman

20. Kolam Ikan dari Bambu

Kolam Ikan Minimalis

Kolam ikan minimalis yang terakhir bisa kamu buat dengan material alami seperti bambu juga, nih.

Selain efisien, kolam ikan mungil ini cocok untuk kamu yang tak menginginkan kolam yang terlalu memakan tempat. Pilihlah jenis ikan hias kecil yang tahan hidup di kolam yang kecil.

Kendati, jangan lupa untuk selalu rutin menguras kolam ikanmu dan cek unsur air yang pas agar ikanmu dapat nyaman dan menyelamatkan kolam kesayanganmu dari bakteri yang berkembang.

 

 

21 dari 21 halaman

Nah, itulah 20 inspirasi desain kolam ikan minimalis yang unik dan bisa kamu sesuaikan di lahan hunianmu. Jangan lupa untuk memperhatikan jenis material yang tepat, taman yang asri, serta unsur air yang pas. Kolam yang bersih akan membuat penghuni kolammu juga jadi lebih sehat. Hal ini akan membuat ikan, kura-kura, atau hewan air peliraanmu akan lebih banyak mendapatkan oksigen.

 

Beri Komentar