Apa Itu Kamitetep? Definisi, Bahaya dan 9 Cara Efektif Mengatasinya di Rumah

Reporter : Arifina
Jumat, 8 Maret 2024 17:00
Apa Itu Kamitetep? Definisi, Bahaya dan 9 Cara Efektif Mengatasinya di Rumah
Hati-hati ya, kalu terkena serangga kamitetep bisa sebabkan ruam-ruam di tubuh lho!

Pernahkah kalian mendengar kamitetep? Ya, itu adalah sejenis serangga yang dapat menyebabkan permasalahan kulit pada tubuh.

Orang yang terkontaminasi kamitetep biasanya akan mendapati tubuhnya gatal dan muncul ruam kemerahan.

Tapi, sebenarnya apa itu kamitetep? Dan bagaimana mengatasinya?

1 dari 9 halaman

Definisi Kamitetep

Cara Ampuh Membasmi Kamitetep di Rumah © Diadona

Dilansir dari hellosehat.com, kamitetep disebut juga Phereoeca uterella. Ia semacam spesies ngengat yang berasal dari amili Tinedae dan ordo Lepidoptera, sama halnya seperti kupu-kupu.

Jenis serangga ini ditemukan dalam bentuk larva atau ulat dalam kepompong. Hal inilah yang menjadikan sebagian kalangan menyebutnya sebagai ulat kantong atau bagworm.

Kamitetep berbentuk seperti biji labu yang pipih dan lunak. Hal ini terbentuk dari serat sutra, pasir, tanah, hingga rambut manusia.

2 dari 9 halaman

Selain itu, kamitetep sering juga disebut ulat dinding karena bentuknya yang menyerupai kepompong. Biasanya, serangga satu ini memang muncul pada dinding rumah dengan bentuk benjolan-benjolan lunak.

Umumnya, serangga ini akan tinggal di rumah yang lembap, berdebu, dan gelap. Tak hanya pada dinding, kamitetep biasanya menempel pada lemari hingga di bawah kasur.

Jika tanpa sengaja bersentuhan dengan bulu halus yang beracun, kulit dapat merah dan terasa sangat gatal. Karenanya, jika menjumpai hewan serangga satu ini sebaiknya dihindari sebisa mungkin.

3 dari 9 halaman

Apakah Kamitetep Berbahaya?

Keberadaan kamitetep ini bisanya akan meninggalkan bulu pada tempat yang mereka sengat. Bulu halus ini beracun dan akan mengiritasi bagi yang menyentuh atau terkontaminasi.

Bulu kamitetep menimbukan permasalah kulit bagi yang terkontaminasi oleh serangga ini. Jika tubuh tersengat kamitetep, maka akan timbul gatal-gatal, ruam merah, bentol, hingga bengkak.

Kondisi ini biasanya akan bertahan selama beberapa hari. Di beberapa kasus, efek yang ditimbulkan dari kamitetep ini bahkan bisa bertahan hingga 1 minggu, Kemudian, tubuh yang terkontaminasi serangga tersebut akan menghitam jika tidak diobati.

Karena itu, jika muncul ruam dan gejala seperti terkontaminasi kamitetep sebaiknya segera mencari pertolongan medis ya!

4 dari 9 halaman

Cara Mengatasi Kamitetep di Rumah

Kamitetep © Diadona

Lantas, bagaimana cara ampuh membasmi kamitetep ini? Ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk membasmi serangga tersebut agar tidak berkeliaran di rumah. Berikut caranya, dilansir dari enesis.com!

Menjaga Kebersihan Rumah

Langkah pertama dalam mengatasi kamitetep adalah menjaga kebersihan rumah. Serangga ini cenderung menyukai tempat yang kotor untuk bersarang dan berkembang biak.

Pastikan setiap sudut rumah bebas dari debu dan kotoran. Jangan lupa membersihkan dinding rumah, tempat kamitetep sering bersarang.

5 dari 9 halaman

Meletakkan Kamper di Lemari

Selain menyukai dinding, kamitetep sering bersembunyi di tempat yang jarang diperiksa, seperti dalam lemari. Kamu bisa menghalau ini dengan meletakkan kamper atau kapur barus di lemari sebagai cara mengatasi kamitetep di rumah.

Tempatkan beberapa kamper di sudut-sudut lemari dan gantilah setelah 30-45 hari.

Membersihkan Sarang Laba-Laba

Sarang laba-laba adalah salah satu sumber makanan favorit kamitetep. Sehingga, pastikan ruangan di setiap rumah terbebas dari jaring laba-laba.

Jika mendapati jaring laba-laba di area rumah sebaiknya segera dibersihkan. Hal ini agar kamitetep kehilangan sumber makanan dan pergi.!

6 dari 9 halaman

Menutup Ventilasi dengan Kawat Nyamuk

Membatasi akses kamitetep ke dalam rumah dapat dilakukan dengan mudah. Salah satunya dengan memasang kawat nyamuk.

Hal ini penting dilakukan terutama jika rumah memiliki banyak lubang ventilasi.

Membersihkan Kaca dengan Scraper

Selain di dinding dan lemari, kamitetep juga sering menempel pada kaca yang jarang dibersihkan. Karena, jaga keca di rumah agar sellau bersih dan kinclong.

Namun, membersihkan kamitetep di kaca tidak bisa hanya menggunakan kain lap atau tisu. Kamu bisa menggunakan scraper untuk membersihkan kamitetep pada kaca agar dapat membantu mengatasi masalah ini.

7 dari 9 halaman

Cara Ampuh Membasmi Kamitetep di Rumah © Diadona

Gunakan Pestisida

Jika diperlukan, penggunaan pestisida dapat menjadi solusi untuk mengatasi kamitetep di rumah. Bahan kimia satu ini dinilai ampuh mengusir serangga tersebut dengan mudah.

Semprotkan pestisida di belakang lemari, sudut tembok, atau area lain yang mungkin dihuni oleh serangga ini.

Menanam Tumbuhan Anti-Kamitetep

Jika kamu ingin mengatasi kamitetep secara alami, tanamlah tumbuhan yang tidak disukai oleh serangga ini. Beberapa contoh tumbuhan tersebut antara lain rosemary, thyme, krisantemum, sitronela, marigold, eucalyptus, dan serai.

Sebarkan pot-pot berisi tanaman tersebut di berbagai area rumah untuk menjauhkan kamitetep.

8 dari 9 halaman

Masukkan ke Dalam Air Sabun

Cara lain untuk membasmi kamitetep adalah dengan menggunakan air sabun. Campurkan air panas dengan sabun, lalu ambil serangga dari tempat hinggapnya dan rendam di dalamnya.

Namun, pastikan kamu sudah menggunakan pelindung saat mengambil kemitetep ya. Air sabun ini juga bisa dimanfaatkan untuk semprotan yang juga dapat sebagai salah satu cara membasmi kamitetep lho!

9 dari 9 halaman

Pakai Insektisida Organik

Cara lainnya untuk menghilangkan kamitetep secara alami, kamu bisa menggunakan produk insektisida organik. Hal ini biasanya terbuat dari tumbuhan seperti, neem, bawang putih, kunyit, cabai, serai, dan lainnya.

Insektisida organik ini tentunya lebih ramah lingkungan dan aman untuk digunakan.

Itulah cara mengatasi kamitetep di rumah. Selalu bersihkan area kamar, dinding rumah, dan bagian lainnya agar tidak dihinggapi kamitetep ya. Semoga bermanfaat.

Beri Komentar