Fungsi Saklar Lampu, Definisi dan Jenisnya yang Perlu Diketahui untuk Kebutuhan di Rumah

Reporter : Arifina
Kamis, 7 Maret 2024 17:07
Fungsi Saklar Lampu, Definisi dan Jenisnya yang Perlu Diketahui untuk Kebutuhan di Rumah
Ternyata saklar lampu beda jenis juga beda fungsi lho!

Fungsi saklar lampu yang biasa kamu gunakan di rumah ternyata bisa berbeda-beda lho. Hal itu bergantung pada jenis dari saklar itu sendiri.

Setiap jenis saklar lampu disesuaikan dengan kebutuhan yang berbeda. Bagi kamu yang sedang merencanakan pembangunan rumah, memilih saklar lampu yang tepat sangat penting untuk menjadi perhatian.

1 dari 8 halaman

Fungsi Saklar Lampu © Diadona

Pemasangan saklar sangat penting karena berfungsi untuk menghubungkan dan memutuskan aliran listrik, sehingga memungkinkan kita untuk menghidupkan dan mematikan lampu di rumah, bahkan untuk kebutuhan elektronik lainnya.

Jadi, penting untuk memastikan jenis saklar yang sesuai dengan kebutuhan agar tidak salah pilih. Berikut adalah jenis-jenis saklar yang perlu diketahui, dilansir dari Sentral Kalibrasi Industri.

2 dari 8 halaman

Definisi dan Fungsi Saklar

Saklar adalah alat yang memiliki fungsi untuk menghubungkan dan memutuskan arus listrik dari sumber tegangan menuju ke beban. Penggunaan saklar biasanya untuk mematikan aliran listrik pada peralatan elektronik seperti lampu, kipas, AC, dan peralatan lainnya.

Dengan menggunakan saklar, kamu juga lebih mudah dalam menghemat penggunaan listrik. Apalagi, sistem penggunaannya sangat praktis, hanya tinggal dimatikan ketika tidak sedang dibutuhkan.

Terdapat banyak jenis saklar, hal itu terbagi untuk instalasi penerangan, instalasi tenaga, dan berbagai jenis lainnya.

3 dari 8 halaman

Jenis-jenis Saklar Lampu

Adapun jenis-jenis saklar lampu ini penting untuk diketahui sebelum kamu memilihnya. Seperti, adanya saklar lampu manual yang terbagi menjadi dua macam.

Saklar Inbow

Jenis saklar inbow ini adalah saklar yang pemasangannya ditanam di tembok, sehingga tidak dapat dipindah-pindahkan. Saklar ini cocok digunakan untuk rumah baru atau renovasi.

Keunggulan saklar inbow terletak pada penataan interior rumah, gedung, atau bangunan yang memberikan kesan lebih rapi dan modern

 

4 dari 8 halaman

Fungsi Saklar Lampu © Diadona

Saklar Outbow

Berbeda dengan saklar inbow, jenis saklar outbow tidak ditanam, melainkan ditempel pada dinding, kayu, atau bambu. Instalasinya lebih mudah namun terlihat kurang rapi.

Penggunaan saklar outbow ini lebih cocok untuk bangunan yang sudah jadi. Sehingga, tinggal tempel pasang dengan mudah.

Selain jenis yang manual, ada juga jenis saklar lampu berdasarkan fungsinya untuk instalansi penerangan. Apa saja?

 

5 dari 8 halaman

Saklar Tunggal

Jenis saklar ini adalah yang paling umum digunakan. Biasanya, saklar tunggal ditemui di rumah, apartemen, hotel, atau industri.

Fungsi saklar tunggal adalah menghidupkan dan mematikan satu lampu atau lebih. Terdiri dari satu tuas, namun kamu dapat mengontrol banyak lampu hanya dengan sekali tekan.

Saklar Seri

Terdiri dari dua saklar tunggal yang dihubungkan secara seri. Saklar ini dapat menghubungkan satu atau lebih lampu secara bersamaan atau bergantian.

Biasanya jenis ini cocok untuk ruangan yang memang memiliki banyak lampu. Seperti, dipasang di area dengan lebih dari satu lampu, seperti ruang keluarga dan ruang tamu.

 

6 dari 8 halaman

Saklar Tukar atau Saklar Hotel

Jenis saklar yang satu ini digunakan untuk menghidupkan dan mematikan lampu dari dua tempat yang berbeda. Ada juga yang digunakan untuk menyalakan dua lampu atau lebih secara bergantian.

Saklar tukar cocok untuk area tangga, lorong, gudang, area bawah tanah, dan lainnya.

Saklar Silang

Jika kamu butuh untuk menghidupkan satu lampu dari tiga tempat berbeda dalam satu tarikan, saklar silang solusinya. Namun, pemasangan untuk saklar jenis yang satu ini terbilang cukup susah.

Pemasangan saklar silang harus diperhatikan agar benar-benar berfungsi dengan baik dan tepat.

 

 

7 dari 8 halaman

Fungsi Saklar Lampu © Diadona

Saklar Tarik

Pernah lihat orang menyalakan lampu dengan menarik seperti tali? Nah, itulah saklar tarik untuk lampu.

Umumnya, saklar jenis ini banyak digunakan di kamar tidur atau kamar mandi. Saklar jenis ini dapat menghidupkan atau mematikan lampu dengan menarik tali sebagai perangkat penariknya.

8 dari 8 halaman

Tips Memilih Saklar

Jangan asal dalam memilih saklar untuk area ruangan di rumah. Terlebih, jika kamu masih dalam proses membangun rumah impian.

Dengan berbagai jenis saklar yang ada, kamu bisa memilih sesuai kebutuhan yang diinginkan.

  • Sesuaikan dengan kebutuhan: Pertimbangkan jumlah lampu, lokasi pemasangan, dan fitur yang diinginkan.
  • Pilih merek terpercaya: Pastikan saklar berkualitas dan aman untuk digunakan.
  • Sesuaikan dengan budget: Saklar tersedia dalam berbagai harga, pilih yang sesuai dengan anggaran.

Itulah fungsi saklar lampu, definisi dan jenis-jenisnya yang perlu kamu ketahui sebelum membelinya. Saklar yang sesuai dengan kebutuhan bukan hanya berfungsi untuk mematikan dan menghidupkan lampu semata, tapi juga bisa menambah kesan estetika di ruangan rumah lho! Semoga bermanfaat.

Beri Komentar