14 Cara Membasmi Kecoa di Rumah dan di Kamar Mandi, Praktis dan Gampang Banget

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 30 September 2020 22:51
14 Cara Membasmi Kecoa di Rumah dan di Kamar Mandi, Praktis dan Gampang Banget
Cara membasmi kecoa berikut ini juga bisa meningkatkan kebersihan di rumah kamu serta mencegah datangnya hewan lain seperti tikus dan semut llho

Serangan kecoa di rumah adalah salah satu hal yang bikin frustasi. Mereka nggak hilang dengan mudah, selalu bisa sembunyi d celah sempit di sudut rumah. Sebel nggak sih? Makanya, yuk cari tahu gimana cara membasmi kecoa di rumah.

Kecoa bisa mampir ke rumah dengan alasan yang sama seperti hewan pengerat lainnya, yakni makanan dan sumber air. Kecoa biasanya tertarik sama piring kotor di wastafel, sampah, ruang dengan kelembaban berlebih, remah-remah makanan di lantai, atau sisa makanan di wadah yang tak terurus. Dan karena ukurannya yang kecil, kecoa bisa masuk ke rumah melalui celah mana saja.

1 dari 3 halaman

Cara Membasmi Kecoa di Rumah

Cara Membasmi KecoaCara Membasmi Kecoa © 2020 shutterstock.com/nalinda117

Dikutip dari JC Ehrlich, aspek terpenting kenapa setiap pemilik rumah harus tahu banget cara membasmi kecoa di rumah ini karena kebiasaan kecoa yang berkaitan dengan kebersihan. Sama halnya dengan lalat, kecoa bersembunyi di tempat yang lembab dan kotor. Apa jadinya kalau kecoa kemudian 'jalan-jalan' ke bagian lain rumah. Bisa-bisa nih mereka mencemari lebih banyai makanan dari yang mereka konsumsi, kan?

kecoak juga menghasilkan bau yang nggak nggak enak dan bisa mempengaruhi peralatan makanan hingga makanan itu sendiri. Kotoran kecoa mengandung sejumlah alergen yang bisa menimbulkan reaksi alergi pada orang seperti asma, bersin, ruam, dan hidung tersumbat.

Berikut cara membasmi kocak yang bersembunyi di sudut rumah:

Bersihan Rumah Secara Menyeluruh

Terdengar seperti saran yang biasa kan? Tapi sebenarnya ini sangat penting sebagai cara membasmi kecoa karena binatang itu selalu mencari sumber makanan baru.

Lakukan hal-hal berikut untuk menjaga kebersihan dalam cara membasmi kecoa:

Menyingkirkan Makanan, Air dan Tempat Persembunyian Kecoak

Menghilangkan apa aja yang bisa menarik kecoa masu ke rumah adalah satu satu cara membasmi kecoa yang paling penting. Pasalnya, walaupun kamu membasmi kecoa dengan racun atau yang lainnya, cara tersebut bakalan gagal kalau langkah berikut ini nggak dilakukan dengan baik.

Pastikan untuk menutup wadah bekas makanan, menghilangkan bekas-bekas air yang bisa jadi sumber air minum kecoa, serta menutup celah-celah sempat yang memungkinkan kecoa bersembunyi.

Sanitasi Dapur

Cara membasmi kecoa ini adalah langkah untuk menutup akses makanan kecoa di rumah. Ibaratnya nih, menutup pintu bagi mereka. Jangan lupakan spot-spot berikut saat melajukan pembersihan:

Peralatan Dapur

kecoak di dapur bisah idup dari minyak dan tumpahan makanan di bawah dan di belakang peralatan dapur, misalnya kompor, lemari es, microwave, pemanggang roti, oven, dan sekitar wastafel dapur.

Membatasi Lokasi Konsumsi Makanan

Dengan hanya makan di satu tempat, ruang makan, misalnya, maka akan membatasi remah-remah dan tumpahan makanan sehingga saat kamu melakukan cara membasmi kecoa, fokus pembersihan hanya terpusat pada satu ruangan aja.

Sering Membersihkan Lantai

Sedot atau bersihkan semua area non-makanan di rumah setiap beberapa hari. Dalam cara membasmi kecoa, penting banget untuk memungut remah makanan yang 'nyasar' di bagian selain rumah. Remah tersebut bisa aja udah terbawa kecoak dan sempat tinggal untuk makan di celah tersebut, ye kan?

Karena tahu nggak sih, kantung telur kecoa dan bagian tubuh mereka mengandung feromon yang menarik kecoa lain ke area yang sama. Sehingga ketika kamu menyapu kotoran yang dihasilkan oleh kecoa, artinya kamu mencegah mereka dan teman-temannya datang lagi ke tempat tersebut.

Membersihkan Dapur Setiap Malam Sebelum Tidur

Setelah makan malam, udah biasa banget kalo kita nggak segera membereskan sisa makanan dan menundanya sampai besok pagi. Eh, padahal itu bisa memancing kecoa lho!

Cara membasmi kecoa adalah membersihkan makanan sebelum tidur, mulai dari menyuci piring, bersihkan wastafel dan yang lainnya. Ini supaya kecoa nggak memiliki sumber makanan untuk dimakan di saat malam itu.

Menyimpan Makanan di Wadah Tertutup

kecoak berukuran cukup kecil untuk bisa masuk ke dalam kemasan makanan. Makanya, cara membasmi kecoa yang nggak kalah penting yakni dengan menyimpan makanan di wadah yang tertutup. Sayang banget kalo makanan favorit yang masih ingin dimakan esok harinya, harus dibuang karean terkontaminasi kecoa.

Menutup Sumber Air untuk Kecoa

Cara membasmi kecoa dan solusi pengendalian kecoa alami bisa kamu lakukan dengan membuang sumber air sebanyak mungkin yang mungkin bisa digunakan untuk minum kecoa. langkah yang dilakukan, antara lain:

  • Perbaiki pipa yang bocor
  • Sebelum tidur, keringkan semua bak
  • Keringkan sikat gigi yang basah atau tempatkan di wadah tertutup

Menyingkirkan Tempat Persembunyian Kecoa

Kecoa suka banget sama ruangan yang gelap, kecil dan mereka biasanya bersembunyi di siang hari. Dan cara membasmi kecoa dengan menyingkirkan lokasi-lokasi di mana mereka hidup akan memaksa kecoa buat keluar di tempat terbuka buat mencari tempat tinggal baru. Saat sudah berada di ruangan yang terbuka, baru deh kecoa bisa jadi sasaran insektisida.

2 dari 3 halaman

ilustrasi kecoakilustrasi kecoak © 2020 https://www.diadona.id / @ terminix

Insektisida

Kalau cara membasmi kecoa dengan proses sanitasi sudah kamu lakukan, yuk sekarang beralih dengan peggunaan produk pengendali kecoa yang marak di pasaran. Gunakan sesuai dengan petunjuk yang ada dalam label kemasan ya!

Sebenarnya ada banyak insektisida alami yang disebut bisa sebagai cara membasmi kecoa, dikutip dari Rentokil. Namun, apakah benar-benar efektif?

Baking Soda

Selain berfungsi dalam pembuatan kue, baking soda juga dipercaya bisa memerangkan kecoa. Caranya dengan menyampur sejumput baking soda dan gula, tempatkan pada mangkuk trus letakkan pada area di mana kecoa berkeliaran.

Gula bakalan menarik kecoa sementara baking soda bisa membunuh kecoa dengan bereaksi buruk menciptakan gas di perut mereka. Apa yang terjadi kemudian? Perut mereka bakalan 'meledak'.

Sayangnya, cara membasmi kecoa dengan bahan ini hanya bisa dilakukan untuk kecoa yang terlihat dan nggak cukup ampuh untuk mengatasi serangan kecoa yang tinggi.

Ampas Kopi

Sayangnya, ternyata ngggak ada bukti ilmiah yang cukup meyakinkan ampas kopi sebagai bahan alami dalam cara membasmi kecoa. Kopi nggak bisa membunuh kecoa, cuman bsia mengusirnya pergi. Kan pecuma kalau mereka pada akhirnya bisa balik lagi?

Bawang Putih

Sekali lagi, nggak ada bukti ilmiah yang menguatkan kemampuan bawang putih sebagai cara membasmi kecoa. Kecoak memang akan pergi, tapi nggak akan terbunuh dengan bawang putih.

3 dari 3 halaman

Cara Membasmi Kecoa di Kamar Mandi

Cara Membasmi KecoaCara Membasmi Kecoa © 2020 shutterstock.com/luis2499

Nggak cuman di dapur, kecoa sangat mungkin berada di kamar mandi. Meski nggak ada sisa makanan, kemungkinan hewan tersebut mengincar air sebagai sumber minum, plus kondisi di kamar mandi yang lembab yangdisukai oleh kecoa.

Membasmi kecoa di kamar mandi punya prinsip yang sama dengan cara membasmi kecoa seperti yang udah Diadona share di atas. Misalnya nih dengan mengeringkan sikat gigi, menghilangkan genangan air dan menutup celah yang memungkinkan kecoa bisa masuk.

Cara membasmi kecoa bisa dibilang sama halnya seperti ketika kamu melakukan pembersihan rutin di rumah, yakni membersihkan sisa makanan dan kotoran di seisi rumah.

Beri Komentar