11 Cara Efektif Mengusir Cicak, Rumah Jadi Lebih Nyaman deh

Reporter : Yoyok
Selasa, 5 Maret 2024 17:52
11 Cara Efektif Mengusir Cicak, Rumah Jadi Lebih Nyaman deh
Salah satunya yaitu dengan memelihara kucing lho.

Siapa bilang cara mengusir cicak itu susah dan merepotkan? Tidak sedikit orang-orang yang merasa risih dengan keberadaan cicak. Hewan yang hobinya menempel di dinding ini sering kali bikin kaget dengan kemunculannya yang dadakan. kalau sudah muncul dadakan seperti ini, cicak auto bikin kaget dong.

Tidak hanya itu, cicak sering kali mengeluarkan kotoran yang bisa jatuh di mana saja, termasuk funitur rumah hingga di atas makanan. Tentunya keberadaan cicak jadi sangat meresahkan dan bikin kesal.

Tentunya kamu jadi bertanya-tanya bagaimana cara mengusir cicak yang efektif dan ampuh. Tim Diadona sudah merangkum berbagai cara untuk mengusir hewan reptil satu ini. Yuk disimak guys.

1 dari 11 halaman

Cara Mengusir Cicak Pakai Bawang

Cara Mengusir Cicak © Diadona© unsplash.com/Sanjay Dosajh

Cara mengusir cicak yang pertama adalah dengan menggunakan bawang. Ada dua macam bawang yang bisa kamu manfaatkan untuk mengusir cicak, yaitu bawang putih dan bawang bombay.

Kamu cukup meletakkan beberapa butir bawang putih di beberapa area rumah atau membuat jus bawang putih yang di masukkan ke dalam botol semprot. Setelah itu, semprotkan ke area dinding rumah yang sering dihinggapi cicak. Aroma bawang putih yang kuat akan membuat cicak enggan berkeliaran lagi.

Untuk cara mengusir cicak dengan bawang bombay sama saja dengan bawang putih. Kamu bisa meletakkan beberapa potongan bawang bombay di beberapa area rumah atau menyemprot dinding dengan jus bawang bombay.

2 dari 11 halaman

Cara Mengusir Cicak dengn Bubuk Kopi

Cara Mengusir Cicak © Diadona© shutterstock.com

Bubuk kopi selain bisa dinikmati, juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir cicak. Cicak adalah hewan yang tidak menyukai aroma kopi yang kuat.

Caranya pun cukup mudah, kamu tinggal mencampurkan bubuk kopi ke dalam air dan semprotkan ke daerah yang sering dilalui cicak. Tidak hanya disemprot, kamu juga bisa dengan cara menaburkan bubuk kopinya.

3 dari 11 halaman

Cara Mengusir Cicak dengan Mengatur Suhu Ruangan

Cara Mengusir Cicak © Diadona© shutterstock.com

Cara berikutnya untuk mengusir cicak yaitu dengan mengatur suhu ruangan. Cicak merupakan hewan berdarah panas. Dengan begitu, tentu saja cicak tidak menyukai tempat yang bersuhu dingin.

Kamu bisa mengusir cicak dengan menggunakan pendingin ruangan atau AC. Cicak tidak akan tahan dengan suhu ruangan di bawah 22 derajat celcius.

4 dari 11 halaman

Cara Mengusir Cicak dengan Kapur Barus

Cara Mengusir Cicak © Diadona© shutterstock.com

Kapur baru selain dapat mengharumkan lemari, juga bisa digunakan untuk mengusir cicak. Cicak tidak akan tahan dengan bau menyengat yang dihasilkan oleh kapur barus. maka dari itu, cicak akan menghindari tempat yang ada kapur barusnya.

Letakkan kapur barus di lemari dapur, rak penyimpanan, wastafel, atau daerah-daerah yang sering dilalui cicak. Namun, cara mengusir cicak dengan menggunakan kapur barus ini boleh dilakukan jika kamu tidak memiliki hewan peliharaan atau anak kecil karena dapat membahayakan.

5 dari 11 halaman

Cara Mengusir Cicak Pakai Cangkang Telur

Cara Mengusir Cicak © Diadona© unsplash.com/CA Creative

Cangkang telur juga efektif untuk mengusir cicak lho. Bau telur yang amis ternyata bisa membuat cicak menjauh. kamu tidak perlu menggunakan telur mentah, cukup cangkangnya saja.

Caranya cukup mudah, gunakan isi telur untuk dimasak, tetapi jangan membuang kulitnya. Lalu, letakkan cangkang telur di beberapa area rumah yang sering didatangi cicak.

6 dari 11 halaman

Cara Mengusir Cicak dengan Lada dan Cabai

Cara Mengusir Cicak © Diadona© unsplash.com/Christina Rumpf

Cara mengusir berikutnya yaitu dengan memanfaatkan lada dan cabai. Cicak tidak suka dengan bau lada dan cabai yang begitu menyengat.

Kamu bisa mencampurkan sedikit bubuk lada atau cabai dengan air. Lalu semprotkan air campuran tersebut di tempat-tempat di mana sering dilalui cicak. Jika cara di atas tidak memungkinkan, maka kamu bisa dengan hanya menganntungkan cabai kering.

7 dari 11 halaman

Cara Mengusir Cicak dengan Air Dingin

Cara Mengusir Cicak © Diadona© shutterstock.com

Cara selanjutnya yaitu dengan menggunakan air dingin. Seperti disebutkan sebelumnya, cicak merupakan hewan berdarah panas. Mereka lebih nyaman dengan suasana hangat dan menghindari suhu digin.

Kamu bisa mengusir cicak dengan air dingin. Caranya yaitu dengan menyiramkan air dingin atau air es pada mereka. Cicak bakal tidak bisa bergerak jika terkena air dingin.

8 dari 11 halaman

Cara Mengusir Cicak dengan Jaring Jendela

Cara Mengusir Cicak © Diadona© shutterstock.com

Kamu bisa menutup akses atau pintu masuk cicak ke dalam rumah. Biasanya cicak akan melalui jendela atau ventilasi untuk masuk ke dalam rumah. Kamu bisa menggunakan jaring untuk menutupi jendela dan lubang ventilasi.

Penggunaan jaring ini juga menjadi solusi jangka panjang untuk mengusir cicak dari rumah. Kamu bisa memilih jaring berwarna putih agar rumah jadi terasa lebih terang.

9 dari 11 halaman

Cara Mengusir Cicak dengan Memelihara Kucing

Cara Mengusir Cicak © Diadona© shutterstock.com

Buat kamu yang memelihara kucing, hobimu sudah menjadi sebuah investasi rumahmu terhindar dari kehadiran cicak. Kucing bisa banget mengusir cicak dari rumah. Kucing sangat senang dengan hewan kecil yang bergerak lincah seperti cicak atau kecoa.

Memelihara kucing di rumah akan sangat efektif untuk mengurangi jumlah cicak di rumah.

10 dari 11 halaman

Cara Mengusir Cicak dengan Obat Nyamuk

Cara Mengusir Cicak © Diadona© shutterstock.com

Tidak hanya dapat membasmi serangga, obat nyamuk juga efektif sebagai cara mengusir cicak. Jika kamu membasmi serangga dengan obat nyamuk, kamu juga sedang mengurangi populasi dari ciak di rumah. Jika tidak ada nyamuk, maka cicak tidak bisa makan.

Obat nyamuk juga efektif membunuh segala macam hewan, termasuk cicak. Kamu bisa menyemprotkan obat nyamuk secara langsung ke cicak agar langsung mati.

11 dari 11 halaman

Cara Mengusir Cicak dengan Menjaga Kebersihan

Cara Mengusir Cicak © Diadona© shutterstock.com

Cara terakhir untuk mengusir cicak yaitu dengan menjaga kebersihan. Membersihkan rumah secara rutin menjadi cara ampuh agar terhindar dari keberadaan cicak.

Cicak tidak akan betah dengan lingkungan yang bersih. Selain itu, cara ini juga efektif untuk mengusir hewan hama lainnya, contohnya seperti lalat.

Itulah beberapa cara mengusir cicak yang bisa kmu coba di rumah. Selamat mengusir cicak ya Diazens.

Beri Komentar