Cara Membasmi Tikus di Rumah dengan Bahan Alami, Dijamin Ampuh dan Praktis!

Reporter : Novi Hardita Larasati
Rabu, 19 Agustus 2020 07:21
Cara Membasmi Tikus di Rumah dengan Bahan Alami, Dijamin Ampuh dan Praktis!
Sederhana banget, ternyata ini cara membasmi tikus yang membandel di rumah dengan bahan alami.

Kehadiran tikus di rumah tentu sangat mengganggu dan membuatmu jengkel, kan? Sebab, gara-gara ada tikus rumahmu akan terlihat kotor, sumpek, dan bau.

Belum lagi, tikus juga dikenal sebagai salah satu hewan yang bisa membawa kuman dan bakteri penyakit. Kalau dibiarkan begitu saja, tentu sangat mengganggu kesehatan orang rumah.

Tapi kamu nggak usah khawatir, sebab kali ini kami akan membahas bagaimana cara membasmi tikus dengan bahan alami yang telah dilansir dari berbagai sumber. Langsung saja baca artikel di bawah ini.

1 dari 4 halaman

Cara Membasmi Tikus di Dapur

Cara Membasmi Tikus © Diadona

Tikus memang salah satu hewan yang kerap dibasmi oleh masayarakat lantaran keberadaannya sering mengganggu lahan pertanian petani. Tak hanya itu, bahkan tikus pun juga kerap masuk ke dalam rumah yang membuat para pemiliknya merasa kesal.

Bahkan, berbagai upaya pun dilakukan pemilik untuk mengusir hewan pengerat ini. Oleh karena itu, berikut adalah cara membasmi tikus di dapur yang patut di coba.

1. Irisan Bawang

Percaya nggak, ternyata irisan bawang dianggap cara membasmi tikus dengan bahan alami yang paling ampuh. Pasalnya, bagi tikus bawang merupakan benda yang sangat menjijikan. Untuk mencoba cara ini, letakkan irisan bawang di dapur, tak lama tikus pun aku pergi dengan sendirinya.

2. Kulit Telur

Cara membasmi tikus dengan bahan alami yang kedua adalah kulit telur. Caranya pun sangat gampang, yakni haluskan kulit telur menjadi bubuk lalu taburkan bubuk kulit tersebut di tempat yang kerap dilewati tikus.

2 dari 4 halaman

Cara Membasmi Tikus © Diadona

3. Baking Soda

Selain telur, baking soda ternyata juga dipercaya sebagai cara membasmi paling ampuh selain irisan bawang. Hal ini disebabkan tikus yang memakan baking soda akan menggembung sebab tak bisa mengeluarkan gas yang dihasilkan soda.

Meski tikus tidak langsung mati di tempat, namun cara ini akan membuat tikus lari ke ruang terbuka sebelum mati karena menahan gas tersebut.

4. Kantung Teh

Kalau kamu punya bekas kantung di rumah cukup banyak, jangan langung dibuang ya. Sebab, kantung teh juga dipercaya sebagai cara membasmi tikus di dapur secara alami dengan ampuh.

Hal ini disebabkan peppermint dalam kantung teh akan bertugas mengusir tikus sehingga menyebabkan iritasi pada hidung tikus. Dengan begitu, indra penciuman tikus tidak akan berfungsi dengan baik, dan tikus pun segera meninggalkan rumah.

3 dari 4 halaman

Cara Membasmi Tikus di Rumah

Cara Membasmi Tikus © Diadona

Kehadiran tikus di rumah tentu menjadi suatu hal yang kurang menyenangkan. Pasalnya, hewan yang satu ini suka memakan, mengotori, bahkan merusak seisi rumah. Maka tak heran kalau berbagai cara membasmi tikus dilakukan oleh beberapa orang demi menghindari hadirnya hewan pengerat tersebut di dalam rumah.

Kalau begitu, bagaimana cara membasmi tikus di rumah yang paling ampuh ya? Langsung saja simak ulasan berikut ini.

1. Cengkeh

Cara membasmi tikus yang pertama, kamu bisa memanfaatkan cengkeh untuk mengusir keberadaan tikus yang ada di rumah. Cara ini dianggap paling ampuh, sebab tikus sangat tidak menyukai wangi khas dari cengkeh.

Sehingga kalau kamu menggunakan cengkeh sebagai cara membasmi tikus, siapkan kain kasa dan masukkan beberapa potong cengkeh ke dalam kain tersebut dan tunggu beberapa hari supaya cengkeh kering. Setelah itu letakkan cengkeh yang kering di tempat yang sering dilalui tikus.

2. Kopi

Selain cengkeh, cara membasmi tikus di rumah kamu juga bisa memanfaatkan dari bubuk kopi. Hal ini disebabkan aroma khas dari kopi bisa mengecoh penciuman tikus sehingga tidak kembali pada tempat tersebut.

4 dari 4 halaman

Cara Membasmi Tikus © Diadona

3. Cuka dan Bola Kapas

Cara membasmi tikus yang ketiga adalah dengan cuka dan bola kapas. Caranya, bersihkan lantai atau area yang sering dilalui tikus terlebih dahulu lalu lumuri bola kapas dengan cuka putih dan simpan bola kapas yang sudah dilumuri cuka di sarang tikus.

Lakukan cara ini berkali-kali sampai tikus kabur dari rumah. Ohya, jangan lupa mengginakan sarung tangan saat menuangkan cuka ke bolas kapas ya.

4. Merica

Selain dikenal sebagai bumbu dapur, ternyata cengkeh juga dipercaya sebagai salah satu cara membasmi tikus di rumah karena bau merica yang begitu menyengat.

Untuk mengusir tikus dengan merica, taburkan sedikit merica atau lada pada setiap sudut rumah yang sering didatangi tikus. Dalam beberapa hari, kamu bisa lihat sendiri hasilnya. Gampang kan?

Itulah cara membasmi tikus dengan bahan alami yang dijamin ampuh dan praktis. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar