10 Cara Sederhana Menata Bunga di Teras Rumah agar Nampak Rapi dan Asri

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Kamis, 21 September 2023 17:52
10 Cara Sederhana Menata Bunga di Teras Rumah agar Nampak Rapi dan Asri
Cara sederhana menata bunga di teras rumah tidak hanya memberikan keindahan pada ekterior rumah, namun dapat meningkatkan kualitas udara di sekitar teras rumahmu dari oksigen yang dihasilkan tanaman

Cara menata bunga di teras rumah perlu dirancang dengan baik agar memberikan kesan teras rumah yang mempesona dan menyenangkan bagi pemilik atau orang yang berkunjung.  Teras merupakan bagian utama yang menjadi daya tarik visual dari sebuah rumah, dan sebagian penghuni seringkali mengabaikan keberadaannya sebagai desain eksterior rumah. Padahal teras yang indah dan tertata dengan baik dapat menjadi tempat yang menyenangkan untuk bersantai dan memberikan kesan positif bagi orang yang melihatnya. Salah satu cara yang efektif untuk mempercantik tampilan teras rumah adalah dengan menata bunga. 

Bunga-bunga yang ditata dengan rapi dapat memberikan warna, aroma dan nuansa yang menyegarkan. Penataan bunga di teras rumah dapat dijadikan sebagai inovasi agar eksterior rumah tidak terlihat membosankan dan semakin asri. Dengan kehadiran taman bunga akan membuat tamu yang berkunjung merasa disambut dengan kecantikan bunga yang bermekaran. Jika kamu memiliki rumah dengan lahan terbatas tidak perlu khawatir, karena dapat disiasati dengan memanfaatkan area sudut teras untuk menanam bunga.

Menata bunga di teras rumah tidak hanya memberikan keindahan pada ekterior rumah, namun dapat meningkatkan kualitas udara di sekitar teras rumahmu dari oksigen yang dihasilkan tanaman dan bunga. Memandang tanaman dan bunga yang indah dapat memberikan efek menenangkan dan meningkatkan mood bagi siapapun yang melihatnya. Teras yang dihiasi dengan bunga-bunga bermekaran dapat memberikan suasana hati yang lebih positif dan ceria.  Cara menata bunga di teras rumah menjadi sebuah peluang kreatif yang luar biasa, karena penghuninya dapat menciptakan desain teras sesuai dengan selera atau gaya interior rumah.

Bagaimana Diazen, apakah kamu tertarik untuk mempercantik teras rumah? Berikut ini telah kami rangkumkan 10 cara sederhana menata bunga di teras rumah yang dapat kamu tiru lho! Yuk simak cara-caranya di bawah ini!

 

1 dari 10 halaman

Pilih Tanaman Yang Cocok untuk Teras Rumah

Cara Sederhana Menata Bunga di Teras Rumah © Diadona

Cara pertama untuk menata bunga di teras rumah tentunya diawali dengan menentukan tanaman apa yang cocok untuk dijadikan pelengkap elemen dekoratif rumahmu. Ketika ingin memilih varian bunga, pertimbangkan iklim dan kondisi tumbuh tanaman yang sesuai dengan daerah tempat tinggalmu. Pastikan tanaman yang dipilih cocok dengan cahaya matahari, kelembaban dan suhu di teras rumah. Beberapa tanaman yang seringkali diterapkan di teras rumah adalah bunga anggrek, bunga lavender, palem dan tanaman hias lainnya yang sesuai dengan suhu iklim daerahmu. Pastikan juga untuk merawat tanaman dengan rutin agar tetap terjaga kesuburannya.

 

 

2 dari 10 halaman

Memanfaatkan Bunga dan Tanaman Gantung

Cara Sederhana Menata Bunga di Teras Rumah © Diadona

Dengan memanfaatkan tanaman gantung dan bunga dapat menjadi cara sederhana yang sangat tepat untuk menata bunga di teras dengan lahan sempit. Bunga dan tanaman gantung dapat digantungkan pada plafon teras rumah sehingga tidak memenuhi lahan rumahmu. Alternatif ini dapat menjadi solusi kreatif untuk memaksimalkan penggunaan ruang dan menambah keindahan serta fungsionalitas pada lahan rumah yang terbatas. Tanaman dan bunga gantung dapat menambah unsur estetika dan keindahan pada teras rumah. Cara sederhana menata bunga dengan model gantung di teras rumah ini memberikan nuansa hijau yang menyegarkan dan menciptakan tampilan visual yang menarik.

 

3 dari 10 halaman

Menggunakan Rak Bunga Agar Terlihat Rapi

Cara Sederhana Menata Bunga di Teras Rumah © Diadona

Kamu juga bisa memanfaatkan rak bunga lho sebagai cara sederhana untuk menata bunga di teras depan rumah sehingga memberikan tampilan yang asri dan anggun. Agar tidak terlihat membosankan, kamu dapat menata susunan pot bunga menjadi acak untuk memberikan kesan colorful dan tampilan yang estetik pada halaman depan rumah. Pastikan rak yang dipilih cukup kuat untuk menahan berat tanaman dan potnya. Biasanya material dari kayu dan logam biasa digunakan. Menyusun rak bunga dengan rapi menjadi langkah penting dalam menata tanaman di teras rumah.

 

4 dari 10 halaman

Memanfaatkan Taman Kecil di Teras Rumah

Cara Sederhana Menata Bunga di Teras Rumah © Diadona

Cara sederhana menata bunga di teras rumah selanjutnya adalah dengan memanfaatkan taman kecil untuk menciptakan suasana teduh dan rindang pada hunianmu. Lahan sempit di teras rumah dapat disulap menjadi taman berukuran kecil dengan tambahan elemen dekoratif berupa pot-pot bunga yang diisi dengan berbagai variasi bunga atau tanaman. Pilih tanaman yang sesuai dengan kondisi taman kecilmu. Pastikan jika pot bunga tersebut memiliki drainase yang baik agar kesuburan tanaman tetap terjaga. Jangan lupa juga untuk mertimbangkan tingkat cahaya, suhu dan kelembaban di sekitar taman ya!

 

 

5 dari 10 halaman

Membuat Vertical Garden Untuk Menata Bunga

Cara Sederhana Menata Bunga di Teras Rumah © Diadona

Membuat vertical garden menjadi cara kreatif untuk menata bunga di teras rumah dengan lahan terbatas. Cara ini menjadi solusi yang tepat jika kamu ingin menghadirkan unsur hijau dalam teras rumah. Vertical garden akan membuat teras rumahmu terasa lebih luas, karena bunga dan tanaman telah ditanam menggunakan pot yang menggantung berbentuk vertikal. Kamu dapat memilih tanaman bervariasi dan bunga dalam pot yang disusun dengan pola atau tampilan indah menggantung secara vertikal pada berbagai tingkat. 

 

6 dari 10 halaman

Menggunakan Pot Yang Sesuai dan Menarik

Cara Sederhana Menata Bunga di Teras Rumah © Diadona

Meskipun kehadiran tanaman dan bunga di teras rumah dapat menghidupkan suasana asri, namun perlu diperhatikan dalam memilih ukuran pot agar tidak membuat teras terlihat sempit. Pilihlah ukuran pot yang sesuai agar dapat diisi dengan variasi bunga kesukaanmu, kemudian ditata dengan rapi untuk menghiasi teras tanpa membuatnya terlihat sesak. Bunga tulip berwarna merah dapat menjadi pilihan yang tepat jika ingin memberikan tampilan menarik pada teras rumah. Cara sederhana ini dapat membuat tatanan bunga di teras rumahmu menjadi lebih pas dipandang mata.

 

7 dari 10 halaman

Memakai Sudut Teras yang Kosong

Cara Sederhana Menata Bunga di Teras Rumah © Diadona

Memanfaatkan sudut teras yang kosong adalah cara sederhana yang cocok untuk menata bunga di teras rumah, sehingga dapat memaksimalkan penggunaan ruang dan menciptakan area yang estetis. Dengan sedikit mengembangkan kreativitas, kamu dapat menyulap sudut-sudut kosong yang seringkali diabaikan menjadi taman kecil. Kamu dapat memanfaatkan berbagai jenis bunga, tanaman hias, atau rempah-rempah dalam pot. Untuk menghidupkan suasana estetik, kamu bisa menambahkan dekorasi tambahan layaknya patung, batu hias atau lentera taman. Terlihat cukup menarik ya Diazen?

 

8 dari 10 halaman

Mempercantik Tampilan Jendela Teras Rumah dengan Jejeran Bunga

Cara Sederhana Menata Bunga di Teras Rumah © Diadona

Kamu ingin menciptakan nuansa yang indah dan romantis pada teras rumahmu? Dengan jejeran bunga yang tertata rapi dapat mempercantik tampilan jendela teras rumah lho! Cara sederhana menata bunga di teras rumah ini disebut efektif karena membuat ruang lantai jadi lebih bersih dan minim akan perawatan. Kamu dapat memilih bunga-bunga dengan warna terang untuk menciptakan tampilan teras yang lebih cerah dan estetis. Meskipun cara menata bunga di depan jendela teras rumah terlihat rumit, namun usaha tidak akan mengkhianati hasil kok guys! Jika menyusunnya dengan telaten kamu dapat menciptakan teras rumah sesuai impianmu lho.

 

 

9 dari 10 halaman

Menggunakan Inovasi Standing Planter

Cara Sederhana Menata Bunga di Teras Rumah © Diadona

 

Menggunakan standing planter atau pot berdiri adalah cara sederhana yang dapat diterapkan untuk menata bunga di teras rumah. Standing planter menjadi solusi yang tepat jika kamu memiliki keterbatasan lahan namun tetap ingin menghadirkan unsur hijau pada teras rumah. Standing planter memberikan fleksibilitas dan estetika dalam menanam bunga dan tanaman. Bunga hias atau tanaman hias indoor dapat menjadi pilihan yang cocok untuk dijadikan isi dari standing planter. Jangan lupa untuk memastikan jika standing planter yang kamu pilih cukup besar dan sesuai ya, agar bisa menampung tanamanmu!

 

10 dari 10 halaman

Pertimbangkan Tempat Duduk Untuk Bersantai di Teras Rumah

Cara Sederhana Menata Bunga di Teras Rumah © Diadona

Jika lahan depan teras rumahmu masih memiliki space yang cukup, kamu dapat menambahkan fasilitas tempat duduk untuk bersantai atau sekedar berbincang dengan keluargamu. Tidak hanya tanaman yang perlu diperhatikan, kenyamanan penghuni juga menjadi komponen penting yang tidak boleh terlupakan. Dengan menambahkan fasilitas layaknya tempat duduk yang nyaman, meja, lentera taman dapat menambah daya tarik visual pada teras rumahmu. Cocok banget nih buat kamu yang pengen bersantai sambil melihat paras bunga bermekaran setelah beraktivitas seharian di luar rumah!

 

Nah, itulah 10 cara sederhana menata bunga di teras rumah yang dapat membuat tampilan rumahmu menjadi lebih asri dan estetis. Jangan lupa untuk merawatnya dengan teratur ya! Agar kesuburan bunga tetap terjaga dan tumbuh dengan baik.



Editor: An Nisa Maulidiyah

 

 

Beri Komentar