12 Model Gorden Minimalis yang Bikin Ruangan-ruangan Rumah Kamu Makin Elegan

Reporter : Arif Mashudi
Rabu, 23 Agustus 2023 11:19
12 Model Gorden Minimalis yang Bikin Ruangan-ruangan Rumah Kamu Makin Elegan
Tampilan gorden minimalis akan membuat rumah kamu semakin homey!

Rumah berkonsep minimalis seperti sudah menjadi idaman semua orang. Bukan tanpa alasan, kesan rapi, estetik, dan bersih dari konsep ini memang membuat suasana rumah makin terasa homey.

Minimalis bukan berarti minim pilihan. Seperti halnya saat kamu butuh menentukan model gorden, ada banyak model gorden minimalis yang bisa kamu jadikan pilihan. tentu saja semuanya nggak keluar dari konsep minimalis yang ingin kamu ciptakan di ruangan-ruangan rumah.

Berikut ini adalah beberapa model gorden minimalis yang bisa kamu jadikan referensi. Jadi, yuk simak daftarnya di bawah ini. Check this out, Diazens!

1 dari 6 halaman

Gorden Ripple Fold

Model Gorden Minimalis © Diadona

Pertama, ada gorden Ripple Fold. Jadi, gorden jenis Ripple Fold merupakan salah satu model yang banyak diminati dalam desain interior minimalis. Ciri khas gorden ini memiliki lipatan-lipatan yang teratur dan rapi, menciptakan tampilan yang simpel namun elegan. 

Untuk keunikan dari Ripple Fold sendiri terletak pada cara gorden ini jatuh dengan lembut dan memberikan efek gelombang yang menarik. Dengan bahan yang ringan dan warna yang netral, gorden Ripple Fold cocok untuk berbagai tipe ruangan minimalis, baik itu ruang tamu maupun kamar tidur.

Gorden Pinch Pleat

Model Gorden Minimalis © Diadona

Kedua, ada gorden Pinch Pleat. Model gorden Pinch Pleat ini memiliki detail lipatan yang dijahit pada bagian atas gorden. Lipatan-lipatan ini memberikan tampilan tekstur pada gorden dan menambahkan sentuhan artistik. 

Gorden Pinch Pleat sering dipilih untuk ruangan-ruangan dengan gaya dekorasi klasik atau elegan. Meskipun memiliki ornamen yang lebih banyak dibandingkan beberapa model minimalis lainnya, gorden ini tetap memberikan kesan bersih dan rapi.

 

2 dari 6 halaman

Gorden Tailored Pleat

Model Gorden Minimalis © Diadona

Kemudian, ada Tailored Pleat ya, Diazens. untuk gorden Tailored Pleat ini memiliki tampilan yang lebih formal. Tetapi tetap cocok untuk ruangan dengan konsep minimalis. Lipatan-lipatan pada gorden ini disusun secara simetris dan rapi, menciptakan tekstur yang teratur. 

Gorden ini sering dipilih untuk ruang makan atau ruang kerja, karena punya tampilan yang simpel dan rapi. Pilihan bahan dan warna yang tepat akan menjadikan gorden Tailored Pleat sebagai pelengkap yang sempurna untuk konsep ruangan minimalis kamu.

Gorden Inverted Pleat

Model Gorden Minimalis © Diadona

Selanjutnya, ada salah satu model gorden yang menarik perhatian yaitu Inverted Pleat. Gorden ini dilipat dengan satu lipatan kanan kiri kemudian dijahit rapi pada bagian atasnya.

Jadi, tumpukan yang ada di tiap lipatannya akan mempunyai kesan formal dan cantik pada jendela di ruangan kamu. Gorden ini sering digunakan di ruangan-ruangan dengan gaya skandinavia atau kontemporer.

 

3 dari 6 halaman

Gorden Grommet

Model Gorden Minimalis © Diadona

Kelima, ada gorden Grommet yang memiliki cincin atau hiasan metal yang terpasang di bagian atas gorden. Cincin ini berfungsi sebagai pengait gorden ke rel atau batang gorden.

Gorden Grommet ini bisa kamu buat dengan bahan yang tebal maupun tipis. Sesuaikan dengan selera kamu saja. Jadi, model ini memudahkan kamu untuk menyesuaikannya dengan palet warna dan gaya ruangan kamu.

Gorden Virtase

Model Gorden Minimalis © Diadona

Masih lanjut ya Diazens, ada gorden atau tirai Virtase. Ini adalah jenis gorden berwarna putih dengan kain yang tidak begitu tebal karena hanya berfungsi sebagai tirai pelapis untuk menghalau matahari masuk.

Gorden ini akan sangat cocok jika kamu padukan dengan jenis lainnya yang punya tekstur tebal. Untuk konsep ruangan minimalis, gorden Virtase akan memberikan nuansa yang terang dan lapang pada ruangan fan juga punya kesan yang bersih dan nyaman.

 

4 dari 6 halaman

Gorden Blind

Model Gorden Minimalis © Diadona

Kemudian, ada model gorden Blind. Gorden ini banyak dikenal dengan nama kerai. Biasanya, jenis atau model ini banyak digunakan pada ruangan-ruangan kantor karena punya tampilan yang simple dan rapi. 

Ciri dari gorden Blind adalah terbuat dari bahan yang cukup keras seperti kanvas. Blinds sendiri terdiri dari beberapa macam yaitu roller blinds, di mana gorden jendela menggulung pada batangnya. 

Ada juga Roman Blinds, ketika ditarik gorden jendela akan membentuk lipatan-lipatan yang cantik secara horizontal. Kemudian ada vertical dan horizontal blinds, di mana jendela akan membuka dengan mendatarkan bilahnya baik secara vertikal maupun horizontal sesuai namanya.

Gorden Draperies

Model Gorden Minimalis © Diadona

Jika kamu suka dengan konsep ruangan yang dekoratif, maka model gorden Draperies ini cocok untuk kamu. Pasalnya, Draperies adalah salah satu gorden jendela yang paling dekoratif. 

Ciri utama dari model gorden ini adalah punya motif dan juga warna-warna yang cantik. Selain itu, tekstur gelombang pada model ini juga bisa menambah kesan elegan di ruangan kamu, Diazens.

 

5 dari 6 halaman

Gorden Valances

Model Gorden Minimalis © Diadona

Lalu ada model gorden Valances. Jadi, Gorden Valances adalah model pendek yang biasanya ditempatkan di bagian atas jendela. Meskipun ukurannya kecil, gorden ini mampu memberikan kesan lebih estetik di ruangan kamu.

Gorden Valances ini cocok kamu padukan dengan berbagi model lainnya. Dijamin deh, dengan perpaduan yang cocok, ruangan kamu pastinya akan terlihat makin elegan dan istimewa.

Gorden Eyelet

Model Gorden Minimalis © Diadona

Ada juga model gorden Eyelet. Pada dasarnya, gorden ini sangat mirip dengan model gorden Grommet karena sama-sama menggunakan ring-ring besi sebagai tempat menggantung pada rel batang tirai yang menempel di jendela.

Gorden dengan model ini banyak digunakan karena memiliki kesan minimalis dan modern. Cocok untuk kamu pasang di ruang tamu ataupun kamar tidur nih, Diazens.

 

6 dari 6 halaman

Gorden Tab Top

Model Gorden Minimalis © Diadona

Kemudian ada model gorden Tab Top. Ini adalah model yang mirip dengan eyelet. Bedanya, tab top mengganti ring-ring besi di bagian atas dengan kain yang berfungsi untuk mengaitkan gorden ke batang yang melekat pada jendela.

Untuk gorden ini cocok banget buat kamu yang suka tampilan vintage dan estetik. Sentuhan serba kain akan membuat kesan klasik pada model ini semakin kental ya Diazens.

Gorden Lipat

Model Gorden Minimalis © Diadona

Terakhir, ada gorden lipat. Model ini bisa kamu gunakan pada jendela kecil maupun besar. Terdapat pegangan atau tali yang bisa kamu tarik pada bagian bawah gorden untuk membuka dan menutup gorden. Kelebihan dari gorden lipat adalah pemasangannya yang sangat mudah.

Untuk bahan gorden lipat ini bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu. Yaitu, kamu bisa memilih  transparan, semi transparan dan anti tembus cahaya.

Jadi itu ya Diazens beberapa model gorden minimalis yang bisa kamu jadikan referensi. Pilih saja mana yang cocok dengan konsep ruagan yang akan kamu bangun. Jadi, selamat memilih!

 

Beri Komentar