8 Desain Rumah Rustik Minimalis yang Mungil tapi Estetik, Hunian dengan Suasana Adem!

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Selasa, 23 April 2024 14:25
8 Desain Rumah Rustik Minimalis yang Mungil tapi Estetik, Hunian dengan Suasana Adem!
Temukan desain rumah rustik minimalis bagus yang bisa kamu jadikan inspirasi di sini!

Semakin berkembang zaman, muncul ide desain baru yang bisa kamu ikuti, salah satunya adalah desain rumah rustik minimalis. Apa itu desain rumah rustik? Desain rumah rustik adalah desain rumah dengan konsep yang natural, alami, cenderung kasar, sedikit berumur, dan kasual. Ada banyak jenis desain rustik, seperti ala pondokan atau cottage core, tuscan, atau rustik modern.

Salah satu ciri khas dari desain rumah rustik adalah menggunakan perabotan dengan material yang alami atau berasal dari bumi, seperti kayu atau batu. Biasanya perabotan-perabotan ini memiliki desain yang kasar karena menggunakan konsep saat di mana manusia membuat sendiri kebutuhan hidupnya. Karena itu, kebanyakan desain rumah rustik cenderung gelap dan berat. Biar tidak bingung lagi, langsung aja cek ide-ide desain rumah rustik minimalis di bawah ini!

 

1 dari 8 halaman

Desain Rumah Rustik Minimalis 1 Lantai

Desain Rumah Rustik Minimalis © Diadona© Pinterest

Desain rumah rustik minimalis yang pertama adalah desain rumah sederhana dengan bangunan 1 lantai. Tidak banyak desain eksterior yang mencolok, desain rumah ini menegaskan konsep rustik yang bisa dilihat dari pemilihan atap dan detail-detail batu pada tangga dan setapak rumput.

Biasanya desain rumah rustik minimalis menggunakan warna-warna netral untuk dindingnya, seperti putih tulang atau beige supaya terlihat alami dan serasi dengan detail kayu yang digunakan. Tambahkan hiasan dan detail-detail kecil yang berkonsep alami supaya rumah semakin terlihat cantik.

 

2 dari 8 halaman

Desain Rumah Rustik Minimalis Alami Ala Pondok

Desain Rumah Rustik Minimalis © Diadona© Pinterest/interimoo.com

Desain rumah rustik minimalis yang selanjutnya adalah rumah dengan material kayu sebagai material utama untuk keseluruhan rumah. Menggabungkan konsep rumah pondok atau cottage dengan rumah bergaya tuscan, desain rumah ini cocok digunakan untuk kamu yang rumahnya berada di daerah dengan banyak pohon.

Penampilan kayu yang terang dengan atap yang gelap terlihat serasi dengan alam dengan daun hijau. Detail batu alam untuk tiang depan rumah adalah ciri khas dari rumah bergaya tuscan yang menegaskan kembali konsep rustik pada desain rumah rustik minimalis.

 

3 dari 8 halaman

Desain Rumah Rustik Minimalis Interior Elegan

Desain Rumah Rustik Minimalis © Diadona© Pinterest

Menggunakan teknik mezzanine untuk menciptakan split level, desain rumah rustik minimalis ini memiliki pemandangan yang elegan dan unik karena konsep rustik. Batu bata merah dan atap kayu menjadi focal point dari desain interior rustik ini.

Menghindari desain rumah rustik minimalis yang terlalu gelap, detail-detail di dalam rumah menggunakan warna kayu yang cukup terang dan diimbangi dengan berbagai rangka besi berwarna hitam. Desain ini cocok untuk kamu yang memiliki rumah dengan atap sangat tinggi dan mencari alternatif lain selain membangun 2 lantai!

 

4 dari 8 halaman

Desain Rumah Rustik Minimalis Khas Tradisional

Desain Rumah Rustik Minimalis © Diadona© Pinterest/Sharhab Ashur

Desain rumah rustik minimalis yang selanjutnya menggabungkan konsep rumah rustik dengan detaill-detail ala tradisional. Focal point dari desain ini adalah penggunaan bata merah untuk keseluruhan dinding dan disela oleh dinding berwarna abu yang identik dengan salah satu budaya Indonesia, yaitu Bali.

Tangga dari kayu yang terlihat tradisional dibungkus dengan gaya modern, yaitu tangga melayang dengan handrail jaring-jaring bergaya industrial. Kamu bisa tambahkan detail yang lebih menegaskan desain rumah rustik minimalis, seperti rak lemari kayu jati atau berbagai perabotan kayu.

5 dari 8 halaman

Desain Rumah Rustik Minimalis Modern

Desain Rumah Rustik Minimalis © Diadona© Pinterest/Sashamarchuk

Desain rumah rustik minimalis yang satu ini menggabungkan konsep rustik dengan gaya modern. Kaca pojok dan berbagai jenis jendela mengarah ke patio rumah sengaja dipilih dengan desain yang modern supaya terlihat kontras dengan dinding rumah yang mengadopsi konsep rustik.

Desain rumah rustik minimalis ini cocok untuk kamu yang ingin membangun rumah dengan desain rustik di tengah perumahan supaya tidak terlihat terlalu mencolok. Supaya terlihat lebih chic dan modern, kamu bisa gunakan detail-detail desain berwarna gelap!

 

6 dari 8 halaman

Desain Rumah Rustik Minimalis Kamar Tidur

Desain Rumah Rustik Minimalis © Diadona© Pinterest/l'autre femme

Tidak hanya untuk eksterior rumah, desain rumah rustik minimalis juga bisa kamu adaptasi untuk interior rumah, loh! Salah satunya adalah kamar tidur bergaya rustik yang satu ini. Material kayu berwarna gelap yang terlihat elegan digunakan untuk setiap detail di kamar, seperti kusen, lemari, ranjang, dan lainnya.

Tanpa harus terlihat terlalu maskulin, kamu bisa gunakan konsep rustik pada material kayu yang elegan dan padukan dengan berbagai perabotan yang kamu sukai! Sedikit trik, kamu bisa gunakan detail kayu untuk menambahkan suasana yang lebih kental dan nyaman!

 

7 dari 8 halaman

Desain Rumah Rustik Minimalis Ruang Makan Sederhana

Desain Rumah Rustik Minimalis © Diadona© Pinterest/Alessandra

Desain rumah rustik minimalis juga terlihat cantik untuk ruang makan. Tidak perlu perubahan atau detail yang mencolok untuk desain di makan supaya suasananya tidak terasa terlalu ramai ataupun overwhelming.

Gunakan sedikit batu alam di bagian dinding dan material kayu pada desain rumah rustik minimalis ini untuk mendominasi keseluruhan ruangan. Suasana yang hangat bisa kamu dapatkan tergantung dengan kecerahan warna kayu yang digunakan serta hiasan-hiasan yang kamu gunakan.

 

8 dari 8 halaman

Desain Rumah Rustik Minimalis Ruang Tengah Modern

Desain rumah rustik minimalis yang terakhir adalah untuk ruang tengah yang menggunakan dinding batu bata sebagai focal point dari ruang tengah ini. Dinding bagian tengah yang menggunakan batu bata ini menyerupai cerobong asap yang banyak digunakan rumah dengan konsep rustik.

Seperti desain yang lain, kamu bisa padukan berbagai perabotan dengan material yang berelemen alami, seperti kayu atau batu alam. Semakin banyak jendela untuk melihat ke luar, semakin bagus juga penampilan dalam rumahmu!

Banyak ide-ide desain rumah rustik minimalis yang bisa kamu jadikan inspirasi di sini. Mulai dari untuk bagian depan rumah sampai ke bagian dalam rumah juga ada! Apakah ada yang berhasil menarik perhatianmu, Diazens?

Nama Editor: Salma Aribatul

Beri Komentar