8 Inspirasi Butik Kecil di Rumah yang Menarik, Tetap Estetik Meski Lahan Terbatas

Reporter : Riza Umami
Jumat, 26 Januari 2024 16:00
8 Inspirasi Butik Kecil di Rumah yang Menarik, Tetap Estetik Meski Lahan Terbatas
Ini nih beberapa desain butik kecil di rumah.

Butik kecil di rumah adalah ruang yang dirancang khusus sebagai toko baju kecil di rumah. Meski biasanya butik dibangun di lokasi yang strategis, kamu tetap bisa membuka butik di rumah sendiri.

Butik rumahan akan terasa lebih privat dengan memamerkan koleksi pakaian yang cantik-cantik. Kini, butik rumahan seperti ini bisa menjadi pilihan alternatif untuk pelaku bisnis apalagi kalau punya toko online juga.

Berikut adalah beberapa cara yang perlu kamu lakukan untuk membuat butik kecil di rumah:

  • Ruang yang Didesain dengan Baik: Tentukan area yang akan dijadikan butik dan desain ruangan dengan baik. Pilih pencahayaan yang baik, tata letak yang efisien, dan penyusunan produk yang menarik.
  • Rak dan Penyimpanan: Gunakan rak atau penyimpanan yang tepat untuk menampilkan produk. Rak terbuka atau lemari kaca dapat membuat produk lebih terlihat dan mudah diakses oleh pelanggan.
  • Desain Interior yang Menarik: Pilih dekorasi interior yang sesuai dengan gaya butik kamu. Warna dinding, furnitur, dan dekorasi harus menciptakan atmosfer yang mengundang dan sesuai dengan jenis produk yang dijual.
  • Branding yang Jelas: Buat branding yang jelas untuk butik kamu. Gunakan logo, warna, dan tema yang konsisten dengan merek kamu agar terlihat profesional.
  • Promosi dan Pemasaran: Manfaatkan media sosial dan saluran pemasaran lainnya untuk mempromosikan butik kamu. Berbagi foto produk, mengumumkan diskon, atau mengadakan acara khusus dapat meningkatkan visibilitas butik.
  • Jadwal Kerja yang Jelas: Tetapkan jadwal kerja yang jelas untuk butik di rumah. Ini akan membantu kamu tetap terorganisir dan memberikan kepastian kepada pelanggan kapan mereka dapat mengunjungi butik.
  • Keamanan Produk dan Privasi: Pastikan produk kamu aman dan privasi rumah tetap terjaga. Pertimbangkan penggunaan sistem keamanan dan pastikan bahwa area butik tidak mengganggu privasi rumah kamu.

Usai mengetahui beberapa tips untuk membangun butik, berikut ini sejumlah desain butik kecil di rumah yang bisa kamu gunakan.

1 dari 8 halaman

Butik Kecil di Rumah Nuansa Feminin

Butik Kecil di Rumah © Diadona

Kamu bisa mendekorasi butik dengan nuansa feminin seperti ini. Gunakan warna-warna yang manis dan feminin seperti pink, peach dan beberapa warna lainnya.

Meski luas butik terbatas karena berada di rumah, kamu bisa membuatnya tetap terlihat menarik dengan desain yang cantik dan perpaduan warna yang oke seperti pada gambar di atas.

2 dari 8 halaman

Butik Kecil di Rumah Desain Simpel

Butik Kecil di Rumah © Diadona

Kalau kamu terkendala budget dan kesulitan untuk menyewa jasa desain interior, kamu tetap bisa mendekorasi butik rumahan dengan cantik seperti ini kok Diazens.

Dekorasi pada butik ini tidak terlalu banyak dan terkesan simpel. Meski begitu, tetap enak dipandang karena mengusung tema minimalis. Pastikan hiasan-hiasan yang kamu gunakan di butik tampak senada dengan koleksi busana kamu ya.

3 dari 8 halaman

Butik Kecil di Rumah Nuansa Rustic

Butik Kecil di Rumah © Diadona

Jika koleki baju kamu menggunakan warna-warna earth tone seperti ini, dekorasi butik seperti ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Penting untuk menyesuaikan dekorasi butik dengan koleksi busana yang dijual.

Butik rumahan ini memiliki nuansa rustic terutama dengan penggunaan rak dengan motif kayu dan bunga kering untuk hiasannya. Warna-warna bajunya pun terlihat senada satu sama lain serta serasi dengan dinding butik yang berwarna netral.

4 dari 8 halaman

Butik Kecil di Rumah dengan Fitting Room

Butik Kecil di Rumah © Diadona

Meski butik rumahan, kamu tetap bisa memasang fitting room dengan ukuran kecil seperti ini. Fitting room sangat berguna supaya pelanggan bisa mencoba dulu pakaian yang hendak dibelinya.

Karena butik tidak terlalu luas, kamu bisa meletakkan fitting room satu ruang di bagian pojok seperti ini supaya tidak terlalu memakan tempat dan masih tersedia cukup banyak space untuk memajang koleksi busana.

5 dari 8 halaman

Butik Kecil di Rumah dengan Kaca Sebadan

Butik Kecil di Rumah © Diadona

Penggunaan kaca pada butik seperti ini bisa membuat tampilan butik terasa lebih luas. Selain itu, kaca juga akan sangat berguna untuk pelanggan yang sedang memilih-milih baju.

Kaca di butik seperti ini juga bisa digunakan untuk mirror selfie baik oleh pelanggan. Selain itu, kamu bisa memanfaatkannya untuk tempat foto saat memotret beberapa busana untuk toko online.

6 dari 8 halaman

Butik Kecil di Rumah dengan Stand Hanger Unik

Butik Kecil di Rumah © Diadona

Untuk mempercantik tampilan butik rumahan, kamu bisa menggunakan stand hanger dengan model yang unik dan menarik seperti ini. Kamu bisa memajang koleksi busana dengan lebih estetik menggunakan stand hanger tersebut.

Selain itu, gunakan pencahayaan yang terang di butik serta menggunakan cat dinding warna netral seperti putih supaya terlihat lebih luas dan besih. Dengan begini, pelanggan pun jadi makin betah memilih-milih pakaian.

7 dari 8 halaman

Butik Kecil di Rumah dengan Koleksi Baju Banyak

Butik Kecil di Rumah © Diadona

Karena tempatnya tidak terlalu luas, kamu harus bisa memanfaatkan ruang dengan sebaik-baiknya. Salah satu dekorasi yang bisa kamu gunakan yaitu dengan memperbanyak rak gantungan baju seperti ini.

Dekorasi butiknya pun bisa dibuat simpel saja karena ruangannya sudah cukup ramai dengan berbagai koleksi busana yang kamu miliki. Pastikan baju-baju tertata dengan baik supaya terlihat rapi dan menarik.

8 dari 8 halaman

Butik Kecil di Rumah dengan Rak Kayu

Butik Kecil di Rumah © Diadona

Penggunaan rak kayu membuat tampilan butik rumahan terlihat lebih estetik seperti pada gambar di atas. Rak dari kayu pun harganya relatif lebih murah dibandingkan rak baju dari bahan baja atau stainless steel.

Butik dengan rak kayu seperti ini juga tampak lebih homey dan rustic. Suasananya sangat cocok dengan butik rumahan yang lebih privat apalagi dengan koleksi busana vintage seperti ini.

Itulah beberapa desain butik kecil di rumah yang bisa kamu gunakan dengan dekorasi yang menarik dan estetik. Jadi gimana, berminat untuk membuka butik sendiri di rumah?

Beri Komentar