8 Desain Ruang Makan Ala Cafe yang Estetik dan Menarik, Bikin Suasana Jadi Lebih Cozy

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Selasa, 12 Desember 2023 10:26
8 Desain Ruang Makan Ala Cafe yang Estetik dan Menarik, Bikin Suasana Jadi Lebih Cozy
Berikut ini beberapa desain ruang makan ala cafe yang menawan.

Desain ruang makan ala cafe bisa jadi salah satu inspirasi untuk membuat suasana makan jadi terasa menyenangkan. Ruang makan jadi salah satu ruangan penting yang ada di rumah. Ruang makan memiliki peran yang berfungsi sebagai tempat berkumpul dengan anggota keluarga untuk makan bersama.

Ruang makan perlu dipoles dengan indah untuk supaya gak terlihat membosankan. Beberapa desain di bawah ini sangat mudah ditiru dan cocok untuk segala ukuran rumah, baik yang sempit hingga luas. Selain memiliki tampilan yang cantik, menerapkan desain ala cafe berikut juga akan meningkatkan rasa nyaman saat berada di rumah. 

Biar nggak penasaran lagi, intip desain ruang makan ala cafe di bawah ini yang bisa kamu jadikan sebagai referensi untuk diterapkan di rumah.

1 dari 8 halaman

Desain Ruang Makan Ala Cafe di Sudut Ruangan

Desain Ruang Makan Ala Cafe © Diadona

Penataan interior yang kurang maksimal dapat menyisakan space yang ada di sudut ruangan. Sudut ruangan yang dibiarkan kosong dapat membuat ruangan jadi kurang indah dan seakan-akan menjadi ruang yang terbuang. Padahal, sudut ruangan bisa dimanfaatkan sebagai ruangan fungsional dan menghadirkan spot baru di dalam rumah. 

Tak selamanya ruang makan harus dipusatkan di titik tengah ruangan, tetapi juga bisa diberikan di sudut ruangan. Tambahkan dekorasi berupa pigura foto hingga sofa sudut untuk memperindah tampilan ruang makan yang ada di sudut ruangan.

2 dari 8 halaman

Desain Ruang Makan Ala Cafe dengan Sofa

Desain Ruang Makan Ala Cafe © Diadona

Kehadiran sofa nggak melulu harus ditaruh di ruang tamu atau ruang keluarga. Nyatanya, sofa juga dapat dijadikan sebagai furnitur pengganti kursi makan untuk menciptakan suasana yang lebih nyaman di ruang makan. 

Sofa memberikan kesan ruang makan jadi terasa lebih simpel dibandingkan harus memasang kursi makan satu-satu. Kemudahan dalam melakukan interaksi antar anggota keluarga dapat dibentuk ketika memilih sofa yang berbentuk seperti huruf I ini.

3 dari 8 halaman

Desain Ruang Makan Ala Cafe Ala Meeting Room

Desain Ruang Makan Ala Cafe © Diadona

Desain ruang makan ala meeting room cocok untuk digunakan pada hunian rumah yang memiliki anggota keluarga banyak. Penataan ruang makan dibuat dengan bentuk boardroom yang terdiri atas meja berukuran panjang dengan kursi yang saling berhadap-hadapan. 

Desain meeting room dapat menciptakan suasana makan yang lebih formal sekaligus informal. Tak hanya dinikmati bersama keluarga, kamu juga bisa mengadakan jamuan makanan dengan para tamu saat berada di ruang makan ini.

4 dari 8 halaman

Desain Ruang Makan Ala Cafe Mini Bar

Desain Ruang Makan Ala Cafe © Diadona

Mini bar adalah sebuah area makan dengan memiliki ukuran yang lebih mungil. Kehadirannya sangat cocok untuk ditaruh di rumah yang berhalaman sempit tanpa membuat akses gerak jadi terasa sempit. 

Ciri khas yang dimiliki oleh mini bar yakni adanya set yang terdiri dari meja yang berukuran tinggi dan kursi bergaya bar stool. Desain mini bar meniru konsep ruangan ala bar di perkotaan untuk menciptakan suasana saat makan ataupun hanya sekadar ngemil dengan lebih santai.

5 dari 8 halaman

Desain Ruang Makan Ala Cafe Outdoor

Desain Ruang Makan Ala Cafe © Diadona

Ruang makan pakai konsep outdoor jadi salah satu pilihan terbaik untuk menikmati hidangan makan dengan suasana yang baru. Di ruangan terbuka, kamu bisa makan sambil menghirup udara segar sehingga nggak terasa sumpek dan lebih menyenangkan.

Untuk desain ruang makan outdoor, pilihlah material furnitur dengan kualitas kuat dan tahan terhadap berbagai kondisi cuaca. Jangan lupa untuk menambahkan payung cafe untuk menyulap tampilan set makan menjadi lebih indah.

6 dari 8 halaman

Desain Ruang Makan Ala Cafe Gaya Mid Century

Desain Ruang Makan Ala Cafe © Diadona

Perpaduan antara gaya retro klasik dengan gaya modern disebut gaya mid century. Mulai berkembang dari pertengahan abad ke-20, gaya ini menggambarkan transisi desain yang ada di masa lampau menuju ke tampilan desain yang lebih baik dengan sentuhan teknologi. 

Furnitur yang dipakai dalam gaya mid century menggunakan warna trendi seperti pink dan hijau yang dikombinasikan dengan sentuhan warna cokelat hangat dari material kayu. Kamu juga bisa menambahkan hiasan dengan bentuk yang unik untuk menghidupkan suasana yang menyenangkan saat berada di ruang makan.

7 dari 8 halaman

Desain Ruang Makan Ala Cafe yang Rustic

Desain Ruang Makan Ala Cafe © Diadona

Rustic adalah salah satu gaya interior ruangan yang menitikberatkan pada kesan hangat sekaligus alami. Gaya ini didominasi oleh furnitur-furnitur ruangan yang memiliki finishing kasar dengan warna yang kontras. Gaya rustic cocok untuk kamu yang menyukai tampilan ruangan klasik seakan-akan kembali ke zaman dulu. 

Seiring berjalannya waktu, gaya rustic dapat dikombinasikan dengan interior ruangan yang memiliki aksen modern. Kamu bisa menambahkan dekorasi lucu seperti lilin lentera, vas bunga kaca hingga lampu gantung untuk menghiasi ruang makan.

8 dari 8 halaman

Desain Ruang Makan Ala Cafe di Jepang

Desain Ruang Makan Ala Cafe © Diadona

Desain interior ruangan ala Jepang tidak terlepas dari karakteristik yang mengutamakan kesederhanaan, ketenangan dan keseimbangan. Meski tak ada unsur kemewahan, kombinasi dari ketiga nilai tersebut dapat menghasilkan tampilan ruangan yang terasa elegan. 

Desain ruang makan ala Jepang sangatlah berbeda dibandingkan desain ruang makan pada umumnya. Dengan menawarkan konsep lesehan, hal ini dapat memberikan suasana hangat saat berkumpul dan menikmati makanan bersama keluarga. 

Itulah desain ruang makan ala cafe yang indah. Desain ini bisa jadi salah satu investasi terbaik dalam menata interior ruangan untuk mendapatkan suasana seperti di cafe. 

Penulis : Nabila Rofifah Ghassani

Beri Komentar