5 Cara Menata Meja Makan Minimalis biar Muat Menampung Semua Makanan Menu Berbuka Puasa

Reporter : Yayuk Harini
Kamis, 15 April 2021 14:15
5 Cara Menata Meja Makan Minimalis biar Muat Menampung Semua Makanan Menu Berbuka Puasa
Tak bingung menata aneka menu buka puasa lagi deh!

Berbuka puasa menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh setiap orang yang menjalankan ibadah wajib di Bulan Ramadan ini. Tentu saja, Moms akan senantiasa menyiapkan aneka menu berbuka yang banyak disukai para anggota keluarga. Terlebih, kita disarankan berbuka dengan yang manis-manis.

Tak hanya itu, para Moms juga akan menyiapkan banyak menu makanan. Sebut saja minuman dingin, makanan ringan, takjil, hingga menu makanan berat. Oleh sebab itu, Moms akan mengeluhkan kondisi yang serba membingungkan terkait bagaimana menata aneka menu tersebut di meja makan. Terlebiih, meja yang dimiliki berukuran minimalis. Tenang, berikut ini adalah solusinya.

1 dari 5 halaman

Lapisi meja makan dengan taplak plastik

Meja makan yang Moms miliki memang bisa terlihat lebih cantik apabila dilapisi dengan taplak meja dengan berbagai motif menarik. Nah, Untuk momen sahur, buka puasa, hingga hari raya Idul Fitri Moms sebaiknya melapisi meja makan bertaplak dengan plastik transparan yang menutupi area meja. Hal ini tentu akan sangat memudahkan Moms membersihkan meja kalau sewaktu-waktu ada makanan atau minuman yang tumpah dan mengenai meja secara langsung. Moms tinggal mengepalnya tanpa perlu ribet mencuci taplak.

2 dari 5 halaman

Pilih peralatan makan terbaik

Moms harus banget nih emmperlakukan istimewa para anggota keluarga dan kerabat yang mampir dan diberikan jamuan makan. Caranya bisa dengan banyak hal, bahkan dengan memilih peralatan makan terbaik pada waktu berbuka puasa. Sendok, garpu, dan piring yang Moms gunakan bisa diambil dari koleksi yang jarang dipakai. Selain sebagai perlakuan istimewa, peralatan makan yang cantik dipercaya bisa membuat rasa masakan lebih lezat lho. Tapi ingtat, jangan sampai peralatan makan yang dipilih malah membuat sumpek meja makan minimalis serta menyusahkan Moms dan anggota keluarga lain saat menikmati hidangan yang disajikan ya.

3 dari 5 halaman

Hias meja makan minimalis

Ilustrasi makanan di atas meja makan © Diadona

Konsep meja makan minimalis memang cenderung simpel. Akan tetapi, tidak ada salahnya menghias meja makan minimalis yang Moms miliki. Beri alas di tiap piring dan gelas agar tampak menawan. Selain mempercantik tampilan meja makan minimalis alas makan bisa mencegah dan mengurangi kemungkinan meja menjadi kotor karena ketumpahan makanan. Tambahkan juga rangkaian bunga dalam vas ataupun lilin hias untuk semakin membuat suasana meja makan terasa hangat.

4 dari 5 halaman

Tata makanan dengan teratur

Jika peralatan makan sudah oke dan meja pun sudah dihias secara baik, kini saatnya Moms mulai mengatur makanan yang akan ditaruh di atas meja makan minimalis. Untuk keluarga kecil, ukuran meja makan minimalis Moms biasanya tidak terlalu besar. Sebab itu, pastikan jangan meletakkan seluruh masakan di atasnya sehingga tampilannya tampak penuh. Gunakan wadah yang tidak terlalu besar dan atur sejajar agar ruang untuk makan tiap orang tidak terganggu.

5 dari 5 halaman

Sandingkan dengan furnitur minimalis lain

Saat berbuka puasa, biasanya yang berada di atas meja makan adalah menu utama atau biasa dikenal dengan istilah ‘makan besar’.  Sedangkan takjil seperti kue-kue maupun jenis minuman penyegar lain biasanya dipisahkan dan dlietakkan di tempat yang berbeda. Pilihlah furniture minimalis lain yang memiliki permukaaan datar hingga bisa digunakan sebagai pelengkap meja makan Moms.

Semoga membantu ya!

 

Beri Komentar