17 Denah Rumah Type 45 untuk Hunian Modern

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Sabtu, 28 Oktober 2023 21:28
17 Denah Rumah Type 45 untuk Hunian Modern
Dengan penataan yang tepat, rumah type 45 bisa terasa lega dan mampu menampung kebutuhan ruangan seluruh anggota keluarga

Denah rumah type 45 masih menjadi pilihan banyak orang. Sebab, luasanya cukup besar dengan ukuran 6m x 7.5 atau 8 m x 5,6 m dan cukup untuk menampung kebutuhan ruangan seluruh penghuni rumah.

Dalam rumah type 45 ini biasanya terdiri dari ruang tamu, dapur, kamar tidur, kamar mandi, dan teras. Karena keterbatasan ruang, umumnya rumah type 45 mengunakan desain minimalis dengan penggunaan ruang yang efisien serta garis.

Tapi btw, tahukah kamu apa yang dimaksud dengan rumah type 45?

Type rumah 45 mengacu pada ukuran bangunan hunian dengan luas 45 meter persegi. Karena itu, ukuran anjang dan lebar rumah di bisa di antara 6 m x 7,5 m, 5 m x 9m, 8 m x 5,6 m.

Nah kalau kamu seraching nih denah rumah type 45 di internet, beragam informasi akan menyediakan denah dengan ukuran tiap ruangan. Ternyata ada beberapa manfaat mengapa ukuran tersebut dibuat.

Sales dan Marketing

Tanpa mengunjungi unit rumah, pembeli bakalan kesulitan memvisualisasi rumah mereka minati. Nah kalau sudah lihat denah rumahnya beserta dengan ukuran, pembeli bisa memahami rumah secaar lebih baik.

Memudahkan Komunikasi dalam Pengerjaan Rumah

Akan ada banyak banget orang yang bekerja dalam membangun sebuah rumah, mulai dari tukang, teknisi hingga arsitek. Nah, keberadaan denah rumah dengan ukuran ini akan memudahkan arsitek dan desainer dalam berkomunikasi dengan kontraktor. Denah tanpa ukuran akan terlihat ambigu dan bisa banyak interpertasi.

Menghitung Area

Punya denah rumah beserta dengan ukurannya bikin kamu bisa menentukan ukuran funiture, penempatannya dan hingga kalkulasi energi seperti menghitung kebutuhan AC.

Menghindari Kesalahan Mahal

Jangan sampai deh saat beli sofa baru hanya gara-gara sofa tersebut nggak pas di area yang diinginkan, atau misalnya gara-gara keberadan meja makan jadi muncul area lorong kecil di ruang makan kamu. Nah, denah rumah dengan ukurannya ini bisa membantu kamu merencanakan penempatan furniture secara presisi.

Diktuip dari berbagai sumber, berikut ini deretan denah rumah type 45 yang bisa jadi inspirasi kamu. Namun perlu diperhatikan bahwa keseluruhan denah berikut nggak memiliki luas presisi 45 meter persegi yah!

1 dari 6 halaman

Denah Rumah Type 45

Denah Rumah Type 45 © Diadona

Pada denah rumah type 45 di atas, dapur berbentuk memanjang di samping rumah. Terlihat dari gambar bahwa pintu kamar mandi berada di area dapur. 

Nah, penataan ini bisa dibilang kurang maksimal sebab sisi pintu kamar mandi sejatinya bisa dimanfaatkan untuk ruang gerak atau penyimpanan di dapur sempit. Maka untuk mengatasi dapur sempit memanjang berikut, tempatkan pintu kamar mandi menghadap ke ruang makan. 

Denah Rumah Type 45 dengan Taman Belakang

Denah Rumah Type 45 dengan Taman Belakang © Diadona

Berdiri di lahan seluas 102 meter persegi, rumah berikut memiliki taman di bagian belakang yang cukup untuk pasokan udara dan cahaya ke dalam rumah. Uniknya, dapur yang biasanya berada di bagian belakang rumah, ditempatkan di bagian depan.

Dapur yag berada di bagian depan membuat bagian rumah ini punya cahaya dan udara bersih dari ventilasi depan rumah.

Denah Rumah Type 45 dengan Dapur di Outdoor

Denah Rumah Type 45 dengan Kamar Mandi di Belakang © Diadona

Dapur semi outdoor bisa diterapkan bila kamu memiliki lahan terbatas dan ingin memaksimalkan ruangan di dalam rumah.

Ada beberapa kelebihan yang didapat dengan dapur outdoor, di antaranya :

  • Sirkulasi udara yang baik
  • Pencahayaan maksimal

Gunakan konsep dapur menyatu dengan taman belakang rumah untuk memberikan pengalaman memasak yang lebih menyenangkan.

2 dari 6 halaman

Denah Rumah Type 45 

Denah Rumah Type 45 dengan Dapur Menyatu dengan Kamar MAndi © Diadona

Bisa dilihat nih di denah rumah minimalis berikut ini kalau ruang keluarga terletak berdekatan dengan taman belakang. Pilih pintu belakang dari kaca sehingga di siang hari, seluruh ruangan mendapatkan cahaya alami.

Untuk memperluas area ruang makan, tempatkan pintu kamar mandi menghadap ke ruang keluar ya! 

Denah Rumah Tye 45 di Lahan Luas

Denah Rumah Tye 45 di Lahan Luas © Diadona

Area ruang keluarga, ruang makan dan dpaur berada di satu ruangan tanpa sekat. Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan ruang dan membuar ruangan jadi terasa lebar dan lapang.

Denah Rumah Type 45 dengan Kamar Belakang

Denah Rumah Type 45 dengan Kamar Belakang © Diadona

Denah rumah berikut ini memang tak memiliki luas 45 meter persegi, namun termasuk mungil dan minimalis. Walaupun demikian denan penataan yang tepat, ada kamar tidur berukuran kecil serta kamar mandi di bagian belakang rumah.

3 dari 6 halaman

Denah Rumah Type 45 dengan 2 Kamar

Denah Rumah Type 45 dengan Dapur Terbuka © Diadona

Karena dapur berada di bagian depan, maka ruang tamu memiliki ukuran yang agak kecil. Walau begitu karena ruang tamu, ruang keluarga dan ruang makan tanpa sekat, maka ruangan terkesan lebih luas.

Denah Rumah Type 45 dengan Lebar 6 Meter

Denah Rumah Type 45 Lebar 6 meter © Diadona

Nggak jarang nih rumah baru dijual dengan dapur terbuka di bagian belakang yang membutuhkan pembangunan lebih lanjut. Nah, manfaatkan dengan membuat dapur terbuka di belakang rumah. Banyak banget desain menarik dari dapur terbuka.

4 dari 6 halaman

Denah Rumah Minimalis Type 45

Denah Rumah Minimalis Type 45 © Diadona

Ruang tamu, ruang makan dan dapur yang tanpa sekat membuat ilusi ruangan terlihat lebih luas. Tambah dengan penggunaan warna-warna cerah, furniture yang 'ringan'. Kalau perlu tambahkan dengan cermin besar.

Denah Rumah Type 45 dengan 3 Kamar

Denah Rumah Type 45 dengan 3 Kamar © Diadona

Rumah type 45 masih bisa kok dibangun dengan tiga kamar yang luas. Namun konsekuensinya adalah dapur yang sempit. Dengan penataan yang tepat, dapur sempit tentu masih bisa digunkaan untuk beraktivitas dengan nyaman. 

Denah Rumah Type 45/90

Denah Rumah Type 45/90 © Diadona

Denah rumah type 45 berikut ini memang sederhana, namun dengan penataan yang tepat akan tetap nyaman. Misalnya nih menggunakan perabotan mutifungsi atau memaksimalkan cahaya masuk melalui pintu belakang.

Denah Rumah Type 45 dengan Kolam Renang

Denah Rumah Type 45 dengan Kolam Renang © Diadona

Nah denah rumah tyype 45 ini unik banget dan cocok diaplikasikan untuk villa nih sebab dapur berada di bagian depan sementara itu ruang tamu ditempatkan di bagian belakang dekat dengan kolam renang.

5 dari 6 halaman

Denah Rumah Type 45 © Diadona

Rumah type 45 di atas berada di lahan seluas 72 meter persegi di mana ruang di bagian belakang dimanfaatkan sebagai tempat menjemur pakaian

Denah Rumah Type 45 © Diadona

Konsep ruangan terbuka kerap dmanfaatkan untuk rumah kecil karean bisa ngasih tampilan yang luas. Selain itu, maksimalkan cahaya alami masuk ke dalam rumah, ya!

6 dari 6 halaman

Denah Rumah Type 45 3D © Diadona

Denah rumah type 45 dalam bentuk 3D adalah cara terbaik buatmemvisualisasikan ruang, elemen furnitur, dan arsitektur rumah. Dengan denah 3D, ini akan membantu kamu untuk melihat dinding, pintu, detail lantai, warna cat, dan jendela setiap ruangan untuk lantai yang dipilih, serta furnitur dan dekorasinya

Denah Rumah Type 45 3D (1) © Diadona

Untuk rumah kecil, maka gunakan ruangan dengan manfaat ganda. Misalnya nih menggunakan meja ruang makan sekaligus sebagai meja kerja. Gunakan kursi meja makan tanpa sandaran untuk membuatnya ringan secara visual dan ngasih penampakan ruangan lebih luas.

Denah Rumah Type 45 3D © Diadona

Atau nih kamu bisa menggunakan meja bar minimalis di dapur sebagai meja makan sekaligus meja kerja. 

Meja bar biasanya lebih tinggi dari meja makan biasa dan seringkali memiliki bentuk yang sempit dan memanjang untuk memaksimalkan area bar rumah. Meja bar biasanya digunakan sebagai pengganti meja makan di ruangan yang sempit.

Selain itu, ruangannya terasa sedikit lebih terbuka karena meja bar dibuat lebih tinggi dari biasanya dan memakan lebih sedikit ruang lantai yang berharga.

Ada banyak pilihan denah rumah type 45. Yang paling penting adalah dengan luas yang terbatas, penataan yang tepat akan membuat ruangan jadi lebih nyaman.

Beri Komentar