13 Denah Rumah Type 36 Sederhana dan Tipsnya Agar Terlihat Luas

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Jumat, 29 Desember 2023 20:28
13 Denah Rumah Type 36 Sederhana dan Tipsnya Agar Terlihat Luas
Membuat denah rumah type 36 berarti memberikan panduan visual tata letak ruangan dalam rumah yang luasnya terbatas ini.

Menentukan denah rumah type 36 bisa dibilang gampang-gampang susah. Susah karena dengan area yang terbatas, kamu harus tetap memaksimalkan kenyamanan dan kebutuhan seluruh anggota keluarga. Tapi juga gampang karena dengan pilihan denah yang sedikit, kamu jadi nggak perlu pusing.

Rumah type 36 merujuk pada bangunan rumah dengan luas 36 meter persegi. Itu berarti, rumah dibangun dengan ukuran 6 x 6 meter, 9 x 4 meter, dan lainnya. Rumah type 36 memiliki luas tanah yang beragam, mulai dari di luas 60 hingga 72 meter persegi.

Karena keterbatasan area, rumah type 36 biasanya hanya terdiri dari ruang tamu yang juga berfungsi sebagai ruang keluarga, dua kamar tidur, satu kamar mandi dan juga dapur. Walaupun mungil, namun rumah type 36 bila didesain dengan tepat maka akan memiliki tampak depan rumah minimalis yang cantik.

Membuat denah untuk rumah type 36 harus mempertimbangkan hal-hal sebagai berikut :

  • Pastikan setiap ruangan punya fungsi yang jelas dan sesuai dengan kebutuhan penghuni.
  • Pertimbangkan letak ruangan agar fungsional dan efisien.
  • Sesuaikan ukuran ruangan dengan kebutuhan

Dikutip dari berbagai sumber, ini dia denah rumah type 36:

1 dari 13 halaman

Denah Rumah Type 36 dan Tampilan Depan

Denah Rumah Type 36 © Diadona

Menyusun denah rumah type 36 berarti menata ruangan sedemikian rupa agar tetap fungsional dan efisien di ruangan yang sempit. Nah, salah satu tipsnya adalah dengan menerapkan konsep ruang terbuka, seperti pada denah rumah berikut.

Nampak oada denah rumah type 36 tersebut, dapur, ruang makan dan juga ruang tamu digabung dalam satu area untuk memberi kesan ruangan lebih lega dan luas.

2 dari 13 halaman

Denah Rumah Type 36 Sederhana

Denah Rumah Type 36 dengan dapur di Depan © Diadona

Tahukah kamu kalau memasukkan cahaya alami sebanyak mungkin ke dalam rumah merupakan upaya untuk membuat ruangan terkesan lebih luas? Seperti pada denah rumah type 36 berikut ini di mana seluruh ruangan mendapatkan cahaya alami karena memiliki ventilasi ke luar ruangan.

3 dari 13 halaman

Denah Rumah Type 36 dengan Taman © Diadona

Walaupun rumah berukuran sempit namun tak menghalangi kehadiran taman di bagian dalam rumah yang akan menyediakan udara dan cahaya alami masuk dalam rumah.

Untuk mengurangi penggunaan ruangan untuk akses pintu ke taman dan lainnya, gunakan pintu geser atau pintu kaca ya!

 

4 dari 13 halaman

Denah Rumah Type 36 di Perumahan Subsidi © Diadona

Dapur yang berada di luar ruangan pada denah rumah type 36 berikut ini memungkinkan kamu untuk memisahkan aktivitas memasak dengan aktivitas skeluarga lainnya. Dapur terbuka memungkinkan penyusunan ruang yang efisien, dengan lebih banyak ruang untuk penyimpanan dan ruang memasak.

5 dari 13 halaman

Denah Rumah Type 36 Minimalis © Diadona

Denah rumah type 36 dengan dapur terbuka biasanya didesain untuk rumah tumbuh. Namun menempatkan dapur terbuak di belakang rumah sebenernya bukan ide yang buruk kok, sebab cocok juga dengan iklim di Indonesia.

Dapur terbuka mencegah bau dan asap dari proses memasak masuk ke dalam rumah serta memudahkan pembersihan dapur.

6 dari 13 halaman

Denah Rumah Type 36 Standart © Diadona

Salah satu posisi kamar mandi dan dapur yang baik dalam fengshui adalah tidak menempatkannya secara berdekatan. Sebab, elemen air dalam kamar mandi dapat memadamkan elemen api yang ada pada dapur.

Namun bila kamu terpaksa menempatkan dua ruang tersebut karea keterbatasan ruang, yah apa boleh buat, bukan? Dalam denah rumah type 36 berikut ini mungkin bisa disiasati dengan menempatkan pintu kamar mandi tidak menghadap ke arah dapur.

 

7 dari 13 halaman

Denah Rumah Type 36 © Diadona

Manfaatkan dapur yang menyatu dengan ruang makan untuk membuat ruangan terasa lega dan luas dalam denah rumah type 36. Tipsnya adalah sebagai berikut :

  • Pemilihan desain dan warna yang seragam antara kedua ruangan
  • Pilih furniture multifungsi, misalnya meja ruang makan yang juga bisa berfungsi sebagai meja dapur untuk memasak.
  • Ciptakan fokus sentral antara kedua ruangan, misalnya meja dapur atau meja ruang makan yang bisa menjadi pusat perhatian atau fokus ruangan.

 

8 dari 13 halaman

Denah Rumah Type 36 Minimalis © Diadona

Denah rumah type 36 berikut ini menempatkan dapur, ruang makan dan ruang tamu dalam satu area terbuka. Desain ini memberikan ilusi ruangan lebih luas karena tanpa sekat.

Untuk memaksimalkan tujuannya, gunakan furnitur dengan warna warna cerah yang membuat ruangan terlihat lebih luas. Jangan lupa pilih desain dapur yang cantik dan menarik karena akan terlihat saat tamu datang berkunjung.

 

9 dari 13 halaman

Denah Rumah Type 36 © Diadona

Dalam denah rumah type 36 berikut, dapur berada di bagian depan rumah namun sedikit menjorok di bagian dalam. Penempayan berikut ini memberikan akses udara dan cahaya yang baik untuk dapur tapi juga menghadirkan desain fasad yang menarik.

10 dari 13 halaman

Denah Rumah Type 36 © Diadona

Ada yang menarik pada denah type rumah 36 berikut ini yakni penempatan pintu ruang tamu yang menghadap ke bagian samping. 

Desain pintu di samping dapat memberikan fleksibilitas dalam perencanaan ruang dan tata letak rumah. Ini dapat membantu dalam menciptakan desain yang lebih unik dan sesuai dengan kebutuhan pemilik rumah.

11 dari 13 halaman

Denah Rumah Type 36 © Diadona

Bila kamu menginginkan kamar tidur utama dengan view taman, denah rumah type 36 berikut ini cocok banget untukmu. Taman di bagian belakang rumah juga akan memberikan akses udara dan cahaya alami untuk seluruh ruangan dalam rumah.

12 dari 13 halaman

Denah Rumah Type 36 Dua Kamar Tidur © Diadona

Dengan penataan yang tepat, bagian tengah dalam denah rumah type 36 berikut ini bisa kamu manfaatkan untuk menempatkan ruang makan. Pilih desain yang sesuai dengan desain dan ukuran rumah, misalnya meja makan berdesain minimalis, kaki kursi yang kecil, dan warna-warna cerah.

13 dari 13 halaman

Denah Rumah Type 36 © Diadona

Bila biasanya dapur berada di bagian belakang rumah, berbeda dengan denah rumah type 36 berikut ini. Dapur berada di bagian depan rumah dan memiliki akses langsung ke taman depan.

Dapur di bagian depan punya potensi cahaya alami yang bagus, akses mudah dan nyaman ke taman depan rumah, hingga menambah daya tarik fasad rumah bila didesain dengan tepat.

Denah rumah type 36 yang tepat menjadikan rumah sempit kamu fungsional, efisien dan juga nyaman untuk seluruh anggota keluarga.

 

Beri Komentar