17 Denah Rumah Minimalis 3 Kamar Tidur 3D di Lahan Sempit

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 12 Juni 2023 15:04
17 Denah Rumah Minimalis 3 Kamar Tidur 3D di Lahan Sempit
Ada denah rumah minimalis 3 kamar tidur di lahan sempit, lahan memanjang hingga lahan berbentuk L yang tetap bikin rumah nampak lega tapi tetap fungsional.

Rumah minimalis tiga kamar adalah pilihan populer di kalangan masyarakat kini. Jumlah kamar tersebut dirasa cukup untuk mengakomodir kebutuhan anggota keluarga.

Di artikel berikut ini, Diadona bakalan ngasih kamu inspirasi denah rumah minimalis tiga kamar yang keseluruhannya dirancang secara cermat untuk mengoptimalkan ruang serta memberikan kenyamanan bagi penghuninya.

Misalnya, memaksimalkan bukaan, menambahkan ruang cuci dan jemur, kamar pembantu di bagian belakang, hingga rumah dengan bentuk huruf U.

Dengan tata letak yang efisien, pemilihan furnitur yang tepat, dan penggunaan elemen desain yang cerdas, bukan nggak mungkin berdiri rumah minimalis tiga kamar di ruang yang sempit. Rumah dengan 3 kamar tidur juga bisa dibangun dari rumah minimalis 2 kamar tidur yang menerapkan konsep rumah tumbuh.

Menggambar denah rumah sebelum memulai membangun rumah berarti membuat gambaran visual terhadap rumah. Denah rumah juga ngasih informasi tentang struktur rumah, tata letak dan juga 'tulang' rumah. Denah ini nggak cuman ngasih tau gambaran berapa jumlah kamar tidur, kamar mandi, di mana letak dapur dan lainnya, tapi juga memungkinkan mereka buat ngeliat ukuran dan lokasi kamar dengan cara terkini.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini denah rumah minimalis 3 kamar untuk inspirasimu kamu!

1 dari 16 halaman

Denah Rumah Minimalis 3 Kamar Tidur © Diadona

Denah rumah minimalis 3 kamar ini mengoptimalkan seluruh lahan pengaturan ruangan yang tepat. Area ruang tv sebagai tempat berkumpulnya keluarga, berada tepat di bagian tengah rumah. Sementara itu, dapur dan ruang makan yang berada di sisi rumah memungkinkan untuk dapat pencahayaan dan sinar udara yang baik.

Agar terkesan luas, buat ruang tv sebagai ruang terbuka dengan menghilangkan sekat pembatas dan pintu dengan ruang makan. 

2 dari 16 halaman

Denah Rumah Minimalis 3 Kamar Tidur Lahan 9 x 15 meter

Denah Rumah Minimalis 3 Kamar Tidur 15 x 9 m © Diadona

Di lahan berukuran 9x15 meter, rumah dengan tiga kamar tidur ini akan memiliki sirkulasi udara dan pencahayaan alami yang bagus banget. Sebab, bukaan depan dan belakang terletak sejajar. Area cuci minimalis ada di belakang rumah ya!

Lahan kosong di bagian belakang juga memungkinkan buat bikin rumah tumbuh.

3 dari 16 halaman

Denah Rumah Minimalis 3 Kamar Tidur dengan Dapur terbuka © Diadona

Nah, kalau yang ini adalah denah rumah dengan tiga kamar tidur dan dua kamar mandi. Bagian dapur diletakan di bagain luar rumah dan didesain dengan cantik dan estetik. Ruang nonton terkesan lega dan ruangan yang terbuka dan tersambung dengan ruang makan. 

4 dari 16 halaman

Denah Rumah Minimalis 3 Kamar Tidur bentuk L © Diadona

Yang menarik di sini adalah letak ruang menonton yang 'agak tersembunyi' sehingga memungkinkan aktivitas yang lebih privat. Letaknya juga pas banget berada di antara tiga kamar tidur dalam rumah.

Sementara itu, dapur, ruang makan dan juga ruang tamu yang juga berfsungi sebagai ruang keluarga, berada di satu area minim sekat.  Ruangan jadi terasa luas dengan sinar matahari serta serta udara maksimal.

5 dari 16 halaman

Denah Rumah Minimalis 3 Kamar Tidur © Diadona

Sisa ruang di bagian dekat dapur bisa digunakan sebagai kamar ART nih! Walaupun letaknya berada di bagian dalam rumah, namun tetap memungkinkan sinar matahari dans irkulasi udara masuk karena tata letak yang tepat.

6 dari 16 halaman

Denah Rumah Minimalis 3 Kamar Tidur Lahan 8 x 12 meter

Denah Rumah Minimalis 3 Kamar Tidur 8x12 © Diadona

Walaupun di lahan yang sempit dengan ukuran 8 x 12 meter saja, namun seluruh kamar di denah rumah ini masih bisa menikmati pancaran sinar matahari lho! Ini karena penempatan taman mini di bagain belakang rumah.

Kuncinya adalah tata letak yang tepat dan pemilihan furnitur yang serba guna.

7 dari 16 halaman

Denah Rumah Minimalis 3 kamar tidur ukuran 9 x 15 © Diadona

Dengan tiga kamar tidur, dua kamar mandi, denah rumah minimalis ini juga menyediakan mushola serta laundry room yang nyaman. Tak lupa juga area taman mini di bagian depan, samping serta belakang rumah untuk pencahayaan dan sirkulasi udara di seluruh ruang.

 

8 dari 16 halaman

Denah Rumah Minimalis 3 Kamar Tidur © Diadona

Lahan dalam denah rumah minimalis di atas memang nampak aneh bukan? Namun justru membuat ruangan tamu akan jadi makin unik. 

9 dari 16 halaman

Denah Rumah Minimalis 3 Kamar Tidur © Diadona

Denah rumah minimalis 3 kamar tidur di atas memungkinkan setiap kamar berukuran luas, sehingga aktivitas privat seperti beribadah, bekerja, belajar bisa dilakukan di dalam ruangan masing-masing.

10 dari 16 halaman

Denah Rumah Minimalis 3 Kamar Tidur © Diadona

Dalam denah rumah minimalis 3 kamar ini, dapur, ruang tamu, ruang tv dan meja makan terletak di satu area terbuka. Ini menambah kesan luas ruangan. Selain itu, pencahayaan dapat tersebar hingga ke seluruh bagian rumah.

11 dari 16 halaman

Denah Rumah Minimalis 3 Kamar Tidur © Diadona

Membangun rumah berbentuk tapal kuda atau letter U berarti memaksimalkan masuknya cahaya dan udara di dalam rumah. 

12 dari 16 halaman

Denah Rumah Minimalis 3 Kamar Tidur Bentuk L

Denah Rumah Minimalis 3 Kamar Tidur © Diadona

Di lahan berbentuk L ini, denah rumah minimalis 3 kamar tidur berikut ini dirancang dengan memberikan privasi yang tinggi di masing-masing ruangan. Bisa dilihat dari ruang tidur utama yang berada di ujung lorong.

Walau demikian dengan tata letak yang pas, terciptalah rumah dengan fungsionalitas maksimal di lahan smpit dengan bentuk tak biasa ini.

 

13 dari 16 halaman

Denah Rumah Minimalis 3 Kamar Tidur Lahan Memanjang

Denah Rumah Minimalis 3 Kamar Tidur © Diadona

Di lahan memanjang berikut, setiap ruangan dipastikan memiliki pasokan udara dan cahaya yang bagus banget. Bahkan dapur terletak bagian depan rumah nih! Irit AC irit lampu deh!

 

14 dari 16 halaman

Denah Rumah Minimalis 3 Kamar Tidur © Diadona

Denah rumah minimalis 3 kamar berikut ini nampak mewah sekali bukan? Tak ada ruang tamu, tamu bisa dijamu di teras atau langsung menikmati ruang tv yang elegan. Terdapat dua jenis dapur sesuai dengan peruntukannya. Ada dua jenis meja makan juga tergantung pada jumlah yang dijamu.

Masing-masing kamar tidur memiliki kamar mandi sendiri sehingga lebih nyaman dan privasi lebih terjaga. Namun di bagian luar, tetap da kamar mandi yang bersebelahan dengan area laundry. MAster bedroom atau kamar tidur utama memiliki walk-in closet lho!

 

15 dari 16 halaman

Denah Rumah Minimalis 3 Kamar Tidur © Diadona

Taman sempit di bagian samping rumah memungkinkan udara dan cahaya masuk ke dapur dan dua kamar tidur lainnya. 

16 dari 16 halaman

Denah Rumah Minimalis 3 Kamar Tidur © Diadona

Ruang tamu berfungsi sekaligus sebagai ruang keluarga serta. Semenatra itu, dapur terbuka dengan meja makan di dekatnya. Penataan dalam denah rumah minimalis tiga kamar demikian membuat ruangan jadi makin terkesan luas. 

Beri Komentar