13 Ide Taman Samping Rumah untuk Jadi Tempat Santai yang Sejuk

Reporter : Aditia
Kamis, 11 Januari 2024 16:13
13 Ide Taman Samping Rumah untuk Jadi Tempat Santai yang Sejuk
Selain dapat mempercantik tampilan rumah, taman samping rumah juga dapat memberikan kesegaran dan ketenangan bagi penghuninya

Taman samping rumah merupakan area yang sering diabaikan, padahal dengan penataan yang tepat, area ini bisa menjadi salah satu spot favorit di rumah. Taman samping rumah dapat berfungsi sebagai tempat bersantai, tempat bermain anak, atau bahkan tempat untuk menanam tanaman hias.

Taman samping rumah juga dapat membantu meningkatkan kualitas udara di sekitar rumah. Tanaman-tanaman yang ada di taman dapat menyerap karbon dioksida dan menghasilkan oksigen. Hal ini dapat membantu mengurangi polusi udara dan membuat udara di sekitar rumah menjadi lebih segar dan sehat.

Selain itu, taman samping rumah dapat menjadi tempat yang nyaman untuk bersantai dan melepas penat. Kamu bisa bersantai di taman sambil menikmati suasana yang tenang dan asri. Cukup tambahkan kursi dan meja santai minimalis di dekat taman, kamu bisa escape sebentar sambil menghirup udara segar di taman kecil samping rumahmu.

Nah, buat kamu yang tengah mencari inspirasi membangun taman samping rumah, berikut ide dan gaya yang bisa jadi inspirasimu. 

1 dari 13 halaman

Taman Samping Rumah Vertikal

Taman Samping Rumah © Diadona

Bagi pemilik rumah dengan lahan yang terbatas, membuat taman samping rumah bisa menjadi tantangan tersendiri.

Salah satu solusinya adalah dengan membuat taman vertikal garden. Taman vertikal garden adalah taman yang dibangun pada bidang tegak lurus, seperti dinding atau pagar. Taman ini dapat menjadi pilihan yang tepat untuk rumah dengan lahan terbatas karena dapat menghemat ruang.

Taman vertikal garden juga dapat digunakan untuk menanam tanaman herbal. Tanaman herbal dapat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Beberapa tanaman herbal yang populer untuk taman vertikal garden antara lain mint, rosemary, dan basil.

Di samping taman, kamu bisa menambahkan meja dan kursi untuk sekadar bersantai atau untuk menikmati sarapan dan makan malam sambil menghirup udara segar. 

2 dari 13 halaman

Taman Samping dengan Pergola

Taman Samping Rumah © Diadona

Salah satu ide untuk menata taman samping rumah adalah dengan menggunakan pergola. Pergola minimalis adalah struktur yang terbuat dari kayu atau besi yang dijalin dengan tanaman merambat. Pergola dapat memberikan nuansa yang alami dan romantis pada tamanmu.

Untuk mengisi taman samping, kamu bisa menambahkan tanaman gantung. Tanaman gantung dapat memberikan sentuhan yang unik dan menarik pada tamanmu.

Selain tanaman gantung, kamu juga bisa menambahkan tanaman pisang hias. Tanaman pisang hias memiliki daun yang lebar dan berwarna cerah

3 dari 13 halaman

Taman Samping Kecil

Taman Samping Rumah © Diadona

Jika kamu memiliki lahan yang terbatas, Kamu bisa membuat taman samping rumah vertical garden kecil 1x1 dengan tempat duduk.

Vertical garden adalah taman yang dibangun secara vertikal. Taman ini cocok untuk lahan yang terbatas, seperti taman samping rumah. Untuk membuat vertical garden, kamu bisa menggunakan berbagai bahan, seperti kayu, bambu, atau besi.

Kamu bisa membuat tempat duduk kecil untuk bersantai sejenak menghirup udara segar. 

Jangan lupa untuk memilih tanaman rambat yang mudah dirawat dan tidak memakan banyak air sebagai nutrisinya. 

 

4 dari 13 halaman

Taman Samping Rumah dengan Rumput Sintesis

Taman Samping Rumah © Diadona

Salah satu desain taman samping rumah yang bisa dicoba adalah menggunakan rumput sintetis dengan pohon kecil dan bambu hias.

Pohon kecil dan bambu hias dapat memberikan sentuhan alami dan elegan pada taman samping rumah. Beberapa jenis pohon kecil yang cocok untuk taman samping rumah antara lain pohon cemara, palem, kamboja, hingga bambu jepang.

 

 

5 dari 13 halaman

Taman Samping Rumah dengan Kolam Ikan Koi

Taman Samping Rumah © Diadona

Konsep taman samping rumah yang populer lainnya adalah taman dengan kolam ikan koi. Kolam ikan koi dapat memberikan nuansa yang asri dan menenangkan. Selain itu, ikan koi juga dapat memberikan keindahan tersendiri.

Kolam ikan koi sebaiknya diletakkan di lokasi yang terkena sinar matahari langsung. Hal ini penting untuk menunjang pertumbuhan ikan koi. Selain itu, kolam ikan koi juga sebaiknya tidak terlalu dekat dengan bangunan, agar tidak mengganggu aktivitas penghuni rumah.

Tambahkan foot step dari batu alam. Foot step dari batu alam dapat mempercantik taman samping rumahmu. Selain itu, foot step juga dapat memudahkanmu untuk berjalan di sekitar kolam ikan koi.

6 dari 13 halaman

Taman Samping Rumah dengan Pohon Rindang dan Ayunan

Taman Samping Rumah © Diadona

Taman samping rumah merupakan salah satu area yang dapat dimanfaatkan sebagai tempat bersantai dan melepas penat. Dengan menambahkan pohon rindang dan ayunan, taman samping rumah akan menjadi tempat yang lebih nyaman dan asri.

Jika kamu memiliki anak-anak, taman samping rumah dapat menjadi tempat bermain yang menyenangkan. Anak-anak dapat bermain ayunan, berlari-lari, atau bermain di sekitar taman.

Selain pohon rindang dan ayunan, kamu dapat menambahkan elemen dekorasi lain di taman samping rumah, seperti tanaman hias, kolam ikan, atau gazebo.

 

7 dari 13 halaman

Taman Samping Rumah Sejuk

Taman Samping Rumah © Diadona

Pohon minimalis dapat memberikan keteduhan dan kesejukan pada taman samping rumah kamu. Kamu dapat memilih pohon minimalis yang berukuran sedang, seperti cemara udang, palem raja, atau bambu. Pohon-pohon ini tidak akan memakan banyak tempat di tamanmu.

Kamu dapat menambahkan footstep yang terbuat dari kayu, batu, atau beton. Footstep yang terbuat dari kayu akan memberikan kesan alami pada tamanmu. Footstep yang terbuat dari batu atau beton akan memberikan kesan yang lebih modern.

 

8 dari 13 halaman

Taman Tropis dengan Kelapa Hias

Taman Samping Rumah © Diadona

Kelapa hias cocok ditanaman di taman samping rumah karena memiliki bentuk yang unik dan menarik, dengan daun-daunnya yang melebar dan menjulang tinggi. Selain itu, kelapa hias juga memiliki daya tahan yang tinggi, sehingga tidak memerlukan perawatan yang rumit.

Kamu bisa membangun tamanmu dengan vibes tropis dengan menambahkan elemen-elemen lainnya. 

Taman tropis dapat diwujudkan dengan menggunakan tanaman-tanaman yang berasal dari iklim tropis. Kelapa hias dapat ditanam bersama dengan tanaman-tanaman tropis lainnya, seperti palem, pisang-pisangan, dan bambu.

 

9 dari 13 halaman

Taman Samping Rumah White Lily

Taman Samping Rumah © Diadona

Salah satu tanaman yang cocok untuk ditanam di taman samping rumah adalah bunga white lily. Bunga white lily memiliki warna putih yang cantik dan aroma yang harum. Bunga ini juga relatif mudah dirawat dan tidak membutuhkan banyak ruang.

Bunga white lily dapat ditanam di pot roster. Pot roster merupakan pot yang terbuat dari semen. Pot ini memiliki banyak keunggulan, antara lain tahan lama, tidak mudah pecah, dan memiliki desain yang beragam.

 

10 dari 13 halaman

Taman Samping Minimalis

Taman Samping Rumah © Diadona

Taman samping rumah yang berukuran kecil juga dapat ditata dengan apik dan menarik, salah satunya dengan menggunakan pohon cemara dan foot step rumput sintetis.

Pohon cemara merupakan salah satu jenis tanaman yang cocok untuk taman samping rumah berukuran kecil. Pohon cemara memiliki bentuk yang ramping dan tidak terlalu tinggi, sehingga tidak akan memakan banyak tempat.

Selain itu, pohon cemara juga dapat memberikan kesan yang elegan dan asri pada taman samping rumah.

11 dari 13 halaman

Taman Samping untuk Ruang Terbuka

Taman Samping Rumah © Diadona

Ide taman samping rumah lainnya adalah dengan membuatnya sebagai space terbuka untuk berkumpul atau sekadar barbeque-an bareng teman-teman atau keluarga.

Kamu bisa mendesain taman terbukamu dengan lantai parket kayu. Kamu bisa menambahkan elemen dekoratif seperti tanaman, lampu taman, atau pergola untuk membuat taman sampingmu semakin indah dan nyaman.

Bahan yang digunakan untuk membangun tempat barbeque harus tahan lama dan tahan terhadap cuaca. Kamu bisa menggunakan batu bata, semen, atau beton.

12 dari 13 halaman

Taman Samping dengan Bunga Rambat

Taman Samping Rumah © Diadona

Bunga rambat dapat memberikan kesan yang sejuk dan menawan pada taman samping rumah. Selain itu, bunga rambat juga dapat berfungsi sebagai pembatas alami, sehingga dapat menambah privasi.

Pilihlah tanaman rambat yang sesuai dengan kondisi iklim di tempat kamu tinggal. Perhatikan tingkat perawatan tanaman rambat yang kamu pilih. Pilihlah tanaman rambat yang memiliki bunga yang indah dan harum.

13 dari 13 halaman

Taman Samping Jendela dengan Ruang Santai

Taman Samping Rumah © Diadona

Salah satu ide desain taman samping rumah yang menarik adalah dengan menambahkan ruang santai. Ruang santai ini dapat berupa kursi malas, beanbag, atau sofa kecil. Dengan adanya ruang santai, kamu dapat bersantai sambil menikmati pemandangan taman.

Kamu bisa membangun taman ini tepat di samping jendela atau pintu gorden, kamu bisa menentukan jenis tamanmu baik itu vertical garden atau taman horizontal.

Tambahkan lampu LED untuk menambah kesan hangat dan keindahan tamanmu. Jenis taman ini cocok banget buat jadi tempat ngeteh di malam hari atau membaca buku. 

 

Beri Komentar