8 Desain Dapur Minimalis Rumah Subsidi yang Nggak Terasa Sempit dan Tetap Estetik

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Kamis, 11 Januari 2024 10:09
8 Desain Dapur Minimalis Rumah Subsidi yang Nggak Terasa Sempit dan Tetap Estetik
Lahan yang sempit bukan berarti tak bisa mewujudkan ruangan idaman, termasuk dengan menciptakan dapur minimalis rumah subsidi yang dipoles dengan indah.

Kehadiran dapur minimalis rumah subsidi menjadi pelengkap untuk hunian yang sederhana. Meski difasilitasi oleh pemerintah, tetapi tidak ada salahnya jika mengubah desain dapur jadi lebih indah dan menarik supaya membuatmu betah saat berada di sana. 

Meski memiliki budget dan halaman yang terbatas, ada beberapa cara mudah yang bisa kamu ikuti untuk menyiasati dapur jadi terasa lebih luas dan tetap menyenangkan. Beberapa cara tersebut tentunya sama sekali tidak akan melanggar dari aturan yang telah ditetapkan khusus untuk rumah subsidi ya! 

Yuk, ubah tampilan dapur minimalis rumah subsidi sesuai keinginan kamu dengan menyimak referensi desain dibawah ini ya.

1 dari 8 halaman

Dapur Minimalis Rumah Subsidi Serba Putih

Dapur Minimalis Rumah Subsidi © Diadona

Dapur yang dicat dengan warna putih menjadi warna dasar yang paling sering dipilih oleh penghuni rumah. Pasalnya, warna ini bersifat sangat fleksibel, yakni mudah diterapkan di seluruh konsep dan luas ruangan, termasuk ruangan yang berukuran mini sekaligus. 

Warna putih memiliki sifat yang bisa mengoptimalkan masuknya cahaya ke dalam ruangan. Alhasil, ruangan pun akan terasa lebih cerah, lapang dan luas.

2 dari 8 halaman

Dapur Minimalis Rumah Subsidi Konsep Natural

Dapur Minimalis Rumah Subsidi © Diadona

Dapur menjadi salah satu ruangan yang paling penting di rumah. Untuk menciptakan rasa yang nyaman dan bisa bikin termotivasi saat berada di dapur, coba deh ganti tampilan dapur kamu dengan menggunakan konsep natural seperti ini. 

Konsep natural yang dimaksud yaitu dengan menambahkan sentuhan interior berbahan alami seperti kayu. Selain dikenal sebagai bahan yang sangat kuat, kayu juga membuat tampilan ruangan jadi terasa lebih estetik. Jangan lupa untuk tambahkan wallpaper dinding yang bermotif jika ingin membuat suasana dapur lebih terasa hidup dan nggak monoton.

3 dari 8 halaman

Dapur Minimalis Rumah Subsidi Tipe 36

Dapur Minimalis Rumah Subsidi © Diadona

Dapur tipe 36 termasuk sebagai salah dapur yang memiliki ukuran cukup kecil. Meskipun begitu, memiliki dapur mini tak akan menjadi masalah jika kamu pintar dalam menatanya. Salah satunya yaitu dengan memasang kitchen set dengan konsep one-wall kitchen atau dapur dinding tunggal. 

Kehadiran kitchen set dengan konsep one wall kitchen sangat cocok bagi kamu yang memiliki dapur dengan halaman sempit. Konsep ini memiliki desain layout berbentuk I yang bisa memudahkan penghuni rumah untuk melakukan aktivitas di dapur secara nyaman.

4 dari 8 halaman

Dapur Minimalis Rumah Subsidi Dengan Mini Bar

Dapur Minimalis Rumah Subsidi © Diadona

Ingin memiliki tampilan dapur yang terasa lagi ada di cafe atau bar? Kamu bisa banget loh menghadirkan mini bar di dalam dapur. Mini bar merupakan bagian dari set dapur yang dilengkapi dengan meja panjang, kursi tinggi hingga ruangan kecil untuk menyimpan stok makanan dan minuman sementara. 

Kehadiran mini bar bisa melengkapi suasana dapur jadi terasa seru dan menyenangkan. Mini bar sering kali digunakan untuk pengganti ruang makan yang sempit atau hanya ingin sekadar nongkrong sambil ngemil santai.

5 dari 8 halaman

Dapur Minimalis Rumah Subsidi Gaya Shabby Chic

Dapur Minimalis Rumah Subsidi © Diadona

Gaya dapur shabby chic cocok bagi kamu yang menyukai tampilan vintage dengan sentuhan feminin. Gaya ini terinspirasi dari desain interior rumah tradisional khas Inggris tahun 1900-an yang membawa suasana jadi terasa homey dan tentram. 

Salah satu ciri khas yang dimiliki oleh gaya shabby chic yaitu adanya motif bunga-bunga indah pada gorden kolong dapur. Selain memperindah tampilan dapur, gorden kolong dapur juga bermanfaat untuk menutupi perabotan dapur yang tidak ingin ditampilkan secara terbuka, sehingga bisa menciptakan kesan yang rapi.

6 dari 8 halaman

Dapur Minimalis Rumah Subsidi Bernuansa Kuning

Dapur Minimalis Rumah Subsidi © Diadona

Meskipun memiliki halaman dapur yang terbatas, tetapi suasana di dalam dapur akan jadi terasa lebih menyenangkan bila diisi oleh perabotan berwarna kuning. Warna kuning dianggap sebagai warna yang membangkitkan rasa semangat dan kebahagiaan saat berada di sekelilingnya. 

Mirip halnya dengan sifat yang dimiliki oleh warna putih, warna kuning juga bisa memberikan tampilan dapur yang semakin cerah sekaligus lapang. Agar tak memberikan kesan dapur yang terlalu mencolok, kamu bisa padukan dengan sentuhan interior berwarna netral seperti abu-abu supaya menciptakan kontras ruangan yang nyaman untuk dipandang.

7 dari 8 halaman

Dapur Minimalis Rumah Subsidi Konsep Industrialis

Dapur Minimalis Rumah Subsidi © Diadona

Bosan dengan tampilan dapur yang terlihat begitu saja? Mulai saat ini, yuk ubah dapurmu dengan menggunakan konsep industrialis. Konsep ini sangat simpel karena tak terlalu membutuhkan budget yang terlalu banyak untuk menghiasinya. 

Konsep industrialis dikenal sebagai konsep yang memiliki tampilan unfinished atau sengaja dibiarkan hingga tak menyentuh ke tahap akhir. Biasanya, konsep industrialis dicirikan dengan menggunakan interior yang terbuat dari batu bata ataupun semen yang terekspos tanpa dicat. Dengan konsep ini, tampilan dapur kamu dijamin akan terasa lebih keren loh.

8 dari 8 halaman

Dapur Minimalis Rumah Subsidi Semi Outdoor

Dapur Minimalis Rumah Subsidi © Diadona

Meskipun merupakan rumah pemberian dari pemerintah, rumah subsidi bisa banget loh untuk direnovasi dengan cara membuka lahan baru. Biasanya, penghuni rumah yang melakukan cara ini demi memiliki tambahan area di dalam rumah yang terbuka, termasuk dengan menghadirkan dapur semi outdoor. 

Dapur semi outdoor memiliki konsep yang menyatu dengan taman samping atau halaman belakang rumah. Dapur ini termasuk sebagai kategori dapur yang sehat karena memiliki sirkulasi udara yang terjaga dengan baik sekaligus pencahayaan yang maksimal. 

Itu dia inspirasi dapur minimalis rumah subsidi yang indah. Semoga bisa bermanfaat ya!

Penulis : Nabila Rofifah Ghassani

Beri Komentar