8 Model Dapur Sehat Minimalis, Ciptakan Suasana yang Nyaman dan Bersih saat Memasak

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Rabu, 3 Januari 2024 09:17
8 Model Dapur Sehat Minimalis, Ciptakan Suasana yang Nyaman dan Bersih saat Memasak
Menerapkan model dapur sehat minimalis berikut nggak pakai ribet loh. Yuk simak caranya.

Dapur sehat minimalis menjadi dapur idaman sejumlah orang terutama yang memperhatikan kebersihan dan kesehatan. Dapur yang sehat mencerminkan bagaimana perhatian yang diberikan oleh penghuni rumah untuk merawat, menata dan membersihkan dapur dengan baik. 

Memiliki dapur sehat pastinya akan membuat kondisi ruangan terasa lebih bersih dan rapi. Selain itu, rasa senang dan semangat akan meningkat bila mengawali hari dengan memasak di dapur yang sehat. 

Yuk, simak model dapur sehat minimalis yang bisa kamu tiru dengan mudah.

1 dari 8 halaman

Dapur Sehat Minimalis Versi Terbuka

Dapur Sehat Minimalis © Diadona

Konsep dapur outdoor atau terbuka biasanya terletak di halaman samping atau belakang rumah yang berdekatan dengan taman rumah. Konsep ini menawarkan sebuah pengalaman baru untuk menciptakan suasana dapur yang lebih rileks dibandingkan dengan konsep dapur indoor yang terkesan sumpek. 

Hadirnya konsep dapur outdoor memberikan kemudahan dalam proses sirkulasi udara. Selain itu, pencahayaan alami juga dapat masuk secara maksimal melalui dapur ini, sehingga bisa membantu kamu untuk menghemat konsumsi listrik saat  siang hari.

2 dari 8 halaman

Dapur Sehat Minimalis dengan Cooker Hood

Dapur Sehat Minimalis © Diadona

Cooker hood menjadi salah satu pelengkap penting yang ada di dapur, khususnya saat memiliki dapur dengan ventilasi yang kurang memadai. Biasanya, alat ini dipasang di atas kompor dan telah menjadi satu kesatuan dengan kitchen set. 

Fungsinya cooker hood yakni menghilangkan asap, bau dan udara panas dari aktivitas memasak sehingga tidak akan menyebar ke seluruh ruangan. Alat ini bisa menjadi salah satu cara untuk menjaga kondisi udara di dapur supaya tetap terasa segar dan bebas pengap.

3 dari 8 halaman

Dapur Sehat Minimalis dengan Jendela

Dapur Sehat Minimalis © Diadona

Selain berperan untuk memperindah nilai ruangan, jendela juga sangat penting untuk menjaga kualitas udara di dapur. Jendela menjadi tempat pertukaran udara yang bisa mengeluarkan sisa asap dapur untuk digantikan dengan udara baru yang ada di luar ruangan. 

Hadirnya jendela juga dapat menjaga kondisi dapur supaya tidak menjadi ruangan yang lembap. Hal ini disebabkan karena sinar matahari yang masuk melalui jendela dapat menghambat tumbuhnya organisme seperti jamur yang sangat merugikan untuk dapur.

4 dari 8 halaman

Dapur Sehat Minimalis dengan Cat Warna Terang

Dapur Sehat Minimalis © Diadona

Pemilihan cat dapur menjadi hal yang nggak boleh dianggap remeh loh. Pasalnya, cat dapur tertentu akan memberikan efek yang berbeda-beda dan memengaruhi kenyamanan bagi penghuni rumah. Tentu kamu tak ingin mendapatkan suasana dapur yang terkesan seram dan nggak bikin betah, kan? 

Untuk dinding dapur, sebaiknya pilih cat warna yang lebih terang dibandingkan dengan warna gelap. Sebagai contoh kamu bisa memilih warna putih, dilansir dari pinhome.id, ini merupakan salah satu warna yang bisa memantulkan cahaya matahari dengan baik. Warna terang dapat membuat dapur jadi terasa lebih cerah dan ceria.

5 dari 8 halaman

Dapur Sehat Minimalis dengan Saluran Pembuangan yang Bersih

Dapur Sehat Minimalis © Diadona

Saluran pembuangan air yang tidak dibersihkan secara rutin akan menghambat aktivitas memasak dan mencuci saat berada di dapur. Akibatnya, akan ada limbah dapur yang tersumbat dan menghasilkan genangan air yang kotor. Hal ini bisa menciptakan sarang bakteri maupun kuman jika tidak diatasi secara cepat.

Mengantisipasi masalah tersebut, penghuni rumah harus rutin untuk membersihkan saluran pembuangan air setiap satu bulan sekali. Jika mengetahui adanya genangan air yang tidak mengalir dengan baik, kamu bisa memakai alat penyedot pipa agar bisa membersihkan sumbatan.

6 dari 8 halaman

Dapur Sehat Minimalis dengan Area Colokan Terpisah

Dapur Sehat Minimalis © Diadona

Penggunaan arus listrik di dapur berperan penting untuk menyalakan peralatan elektronik di dapur seperti blender, oven, kukas dan lainnya. Akan tetapi, colokan listrik tidak boleh dipasang secara sembarang untuk menghindari kejadian yang tak diinginkan. 

Sebaiknya, hindari pemasangan colokan listrik yang berada di dekat wastafel agar area tersebut tidak terkena cipratan air. Kamu bisa menggunakan colokan listrik dengan model tanam ataupun model yang dipasang di dinding dengan sedikit menjorok ke atas.

7 dari 8 halaman

Dapur Sehat Minimalis Pakai Kitchen Set

Dapur Sehat Minimalis © Diadona

Setiap penghuni rumah pasti nggak asing lagi dengan istilah kitchen set. Kitchen set atau kabinet dapur adalah perlengkapan dapur yang berfungsi untuk menaruh dan menyimpan peralatan memasak. Dengan menghadirkan kitchen set, dapur akan terasa jadi lebih rapi dan tertata secara sempurna. 

Sebisa mungkin, pilihlah kitchen set yang sesuai dengan bentuk dapur yang kamu miliki. Penataan kitchen set yang pas akan memudahkan penghuni rumah mendapatkan ruang gerak yang luas dan meningkatkan produktivitas saat memasak di dapur.

8 dari 8 halaman

Dapur Sehat Minimalis dengan Sampah Terpisah

Dapur Sehat Minimalis © Diadona

Setiap dapur di rumah harus menyediakan tempat sampah untuk menampung sisa bahan makanan yang dihasilkan dari aktivitas memasak. Sediakan area khusus untuk menaruh tempat sampah secara tertutup supaya menghindari bau-bau yang tidak enak tersebar di seluruh dapur. 

Kamu juga perlu memisahkan sampah dapur yang dikategorikan menjadi sampah organik dan anorganik. Pemisahan ini berguna untuk menghindari penumpukan sampah yang dapat mengakibatkan terjadinya sarang kuman dan bakteri. 

Itulah model dapur sehat minimalis yang harus kamu ketahui. Semoga bisa bermanfaat ya!

Penulis : Nabila Rofifah Ghassani

Beri Komentar