6 Cara Mengusir Lalat dengan Garam, Mudah, Cepat, dan Dijamin Ampuh

Reporter : Arifina
Rabu, 10 Mei 2023 18:07
6 Cara Mengusir Lalat dengan Garam, Mudah, Cepat, dan Dijamin Ampuh
Cukup pakai garam, rumah bebas dari lalat nih!

Lalat merupakan salah satu jenis serangga yang sering menjadi masalah di banyak rumah. Kemunculannya cukup mengganggu penglihatan dan seakan menjadikan area yang banyak lalat menjadi kotor.

Tak hanya itu, lalat juga sebagai salah satu sumber pembawa banyak penyakit. Karenanya, tak heran banyak orang-orang berupaya untuk menhilangkan kerumunan lalat dari rumah.

1 dari 5 halaman

Termasuk, menghindarkan makanan agar tak dijangkau lalat. Biasanya, kebanyakan orang akan menggunakan obat anti serangga untuk mengusir lalat.

Namun, ada cara alami yang lebih mudah dilakukan untuk mengusir lalat dari rumah tanpa menggunakan bahan kimia berbahaya. Salah satunya menggunakan garam dapur lho!

2 dari 5 halaman

Garam Ampuh Usir Lalat?

Cara mengusir lalat dengan garam © Diadona

Garam tidak hanya bermanfaat sebagi penambah rasa pada masakan, namun ampuh untuk mengusir lalat. Sebuah penelitian mengungkap, lalat menghindari makanan dengan kadar garam tinggi.

Seperti lalat rumahan yang tak menyukai garam adalah jenis lalat buah. Sehingga, garam cukup bisa dijadikan alternatif alami yang aman dan efektif sebagai pengusir lalat.

3 dari 5 halaman

Cara Mengusir Lalat dengan Garam

1. Buat Semprotan Air Garam

Mengusir lalat dengan garam banyak caranya, salah satunya membuatnya menjadi semprotan air. Kamu cukup campurkan air dan garam lalu masukkan ke dalam boto spray.

Setelah itu, semprotkan cairan itu untuk mengusir lalat di area rumah. Lalat pun akan enggan mendekat!

2. Campurkan Garam dan Kunyit

Membuat campuran antara garam dan kunyit juga ampuh untuk mengusir lalat lho! Cukup kamu taburkan bersamaan garam dan kunyit yang sudah tercampur di area yang sering dihinggapi lalat ya!

4 dari 5 halaman

Cara mengusir lalat dengan garam © Diadona

3. Garam dan Merica

Selain kunyit, merica juga ampuh untuk digunakan sebagai campuran garam dalam mengusir lalat. Caranya, masukkan kedua bahan dalam wadah yang sudah berisi air.

Aduk rata sampai larut, dan pindahkan ke botol semprot. Nah, kamu cukup menyemprotkan campuran garam dan merica saat lalat muncul dan mengganggu.

4. Rebusan Garam dan Lada

Mengusir lalat menggunakan garam bisa juga dengan membuat campuran dengan lada. Namun, kamu perlu effort sedikit yakni dengan merebus garam dan lada dengan dua gelas air.

Setelah larut dinginkan, dan masukkan ke dalam botol spray. Semprotkan ke area yang kerap jadi langganan lalat bertumpuk.

5 dari 5 halaman

5. Taburan Garam

Cara lainnya yang lebih mudah dan anti ribet adalah dengan menaburkan garam di area yang kerap dihinggapi oleh lalat. Cukup praktis, kamu cukup menyirmakan butiran garam ke tempat-tempat seperti dapur, meja makan, ataupun tempat sampah.

6. Letakkan dalam Mangkuk

Cara ini lebih simpel lagi, kamu cukup menaruh garam ke dalam wadah seperti mangkuk. Lalu, tempatkan mangkuk kecil berisi garam di sekitar rumah yang sekiranya sering dihinggapi oleh lalat.

Dijamin, lalat yang beterbangan di sekitar rumah kamu tidak akan tertarik untuk mendekati mangkuk tersebut. Rumah pun terbebas dari lalat pengganggu deh!

Itulah deretan cara mengusir lalat dengan garam. Semoga bermafaat ya!

Beri Komentar