5 Persiapan Sebelum Menghadirkan Ruang Berjemur Pada Hunian

Reporter : Yayuk Harini
Kamis, 7 Januari 2021 12:00
5 Persiapan Sebelum Menghadirkan Ruang Berjemur Pada Hunian
Tips untuk menghadirkan sunroom dalam hunian.

Sunroom atau kita lebih sering menyebutnya sebagai ruang berjemur adalah sebuah ruangan yang sengaja dihadirkan untuk memberikan akses cahaya matahari masuk ke dalam ruangan. Dengan demikian, ruangan ini akan menghadirkan cahaya alami pada siang hari serta bisa dijadikan tempat yang nyaman untuk menikmati langit di kala malam hari.

1 dari 6 halaman

Sunroom sendiri ditemukan pada abad ke-17 yang kemudian populer pada abad ke-19 karena penggunaan bahan-bahan seperti kaca panel besar dan baja sudah lebih terjangkau dan tersedia untuk dibeli. Walau terlihat belum umum diaplikasikan di setiap rumah, namun hal ini tentu bisa Moms lakukan, terlebih jika saat ini Moms sedang ebrencana untuk emmbuat hunian baru. Tak ada salahnya untuk emngahdirkan ruangan berjemur ini dalam hunian.

Nah, biar gak asal, berikut ini Diadona ulas beberapa persiapan sebelum menghadirkan sunroom di dalam hunian melansir dari Furnizing pada Rabu (6/1/2021).

2 dari 6 halaman

1. Warna

Ruang Berjemur © Diadona

Hal pertama yang perlu Moms perhatikan adalah menyesuaikan warna ruangan senada dengan konsep trumah yang sedang diususng. Tak hanya itu saja, gal ini juga berlaku untuik setipa penggunaan aksesoris dalam ruanagn sunroom ini ya Mosm. Sebagai contoh Moms memilih warna abu-abu dan biru gelap sebagai warna yang netral dan mudah dikombinasikan dengan warna lainnya.

3 dari 6 halaman

2. Perabotan

Tentu, penggunaan perabot pada sunroom ini patut untuk diperhatikan. Tak asal memilih, Moms harus lebih jeli menggunakan aneka furnitur yang nantinya akan efektif digunakan saat berjemur. Ide menggunakan kursi gantung bisa menjadikan ruang berjemur MOms semakin menyenangkan.

4 dari 6 halaman

3. Iklim

Saat musim panas terus berlangsung, tentu Moms dan anggota keluarga lainya akan menghabiskan banyak waktu dalam ruangan ini. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menambahkan beberapa peralatan pendukung agar tetap nyaman seperti TV dan bahan bacaan. Biar makin optimal, Moms juga bisa memberikan aneka hisan agar suasana makin hangat.

5 dari 6 halaman

4. Lantai

Ruang Berjemur © Diadona

Lantai yang umumnya digunakan salam sunroom yaitu dari bahan beton, batu bata, kayu atau ubin. Dengan pemasangan karpet dapat juga menjadi pembagi ruangan menjadi beberapa bagian jika Moms memiliki sunroom yang luas. Namun sebaiknya hindari desain-desain lantai yang rumit ya.

6 dari 6 halaman

5. Tumbuhan

Moms juga bisa menghadirkan tumbuhan dalam sunroom. Hal ini tentu membuat tumbuhan dapat tumbuh dengan subur, karena mereka dapat menyaring udara yang masuk sehingga secara alami dapat tumbuh seperti tumbuhan yang ada di kebun. MKoms bisa memilih begonia dan African Violet yang mudah dalam pemeliharaannya dan dapat mekar dengan warna warni yang indah dari tahun ke tahun.

Nah, itulah tadi beberapa hal yang sebaiknya Moms perhatikan sebelum menghadirkan ruangan berjemur dalam hunian ya. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar