Mengusir Tikus Pakai Bawang Merah, Emang Bisa?

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Senin, 19 Februari 2024 15:51
Mengusir Tikus Pakai Bawang Merah, Emang Bisa?
Bakalan langsung kabur atau bisa balik lagi nih?

Metode mengusir tikus pakai bawang merah sebenarnya telah menjadi praktik umum di masyarakat. Metode yang disarankan secara tradisional ini mempercayai bahwa bau bawang merah yang kuat, dianggap bisa mengganggu sistem penciuman tikus agar mereka akan menghindari area yang diberi bau tersebut.

Penelitian ilmiah yang secara khusus menguji efektivitas bawang merah dalam mengusir tikus memang masih cukup terbatas. Namun, ada sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal bertajuk "International Journal of Scientific and Research Publications" yang mencoba menguji efektivitas beberapa bahan alami untuk mengusir tikus, termasuk bawang merah.

1 dari 4 halaman

Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan jika bawang merah sebenarnya memiliki sedikit efek dalam mengurangi aktivitas tikus, tapi tidak cukup untuk mengusir tikus sepenuhnya. Hasil penelitian ini tentu saja ikut dipengaruhi oleh jenis tikus, kondisi lingkungan, serta konsentrasi bawang merah yang digunakan.

Bagi sebagian orang, mengusir tikus pakai bawang merah memang menunjukkan keberhasilan. Namun, belum ada bukti ilmiah yang kuat untuk mendukung klaim jika bawang merah secara efektif mengusir tikus. Lebih lanjut, penelitian ini mengungkap jika bawang merah memang bisa memberi perlindungan sementara, tapi penggunaan racun tikus atau metode pengendalian hama lainnya mungkin lebih efektif dalam mengatasi tikus.

2 dari 4 halaman

Bau Apa yang Paling Dibenci Tikus?

Mengusir Tikus Pakai Bawang Merah © Diadona

Sebenarnya, tikus memiliki sistem penciuman yang sangat sensitif. Hewan ini biasanya cenderung menghindari bau-bauan yang kuat dan tidak biasa. Berikut adalah beberapa bau yang diduga tidak disukai oleh tikus.

1. Bau amonia

Bau amonia, seperti yang ditemukan dalam urin manusia atau kencing kucing, sering dianggap mengganggu bagi tikus dan dapat membantu mengusir mereka.

2. Bau peppermint (mint)

Bau peppermint, seperti minyak peppermint atau daun mint kering, telah dilaporkan dapat mengganggu sistem penciuman tikus dan membuat mereka menghindari area yang diolah dengan minyak mint.

3. Bau bawang putih

Bau bawang putih yang kuat juga diyakini dapat mengusir tikus. Namun, perlu diingat bahwa efektivitasnya mungkin bervariasi tergantung pada berbagai faktor.

4. Bau kapur barus

Kapur barus memiliki bau yang kuat dan tajam yang sering dianggap mengganggu bagi tikus.

5. Bau deterjen

Bau deterjen atau pembersih rumah tangga yang kuat juga dapat mengusir tikus karena bau kimianya yang tidak biasa.

3 dari 4 halaman

Bagaimana Cara Mengusir Tikus dengan Bawang Merah?

Mengusir Tikus Pakai Bawang Merah © Diadona

Jika kamu masih penasaran dengan cara mengusir tikus menggunakan bawang merah, berikut ada sejumlah langkah yang bisa diikuti.

Pertama, siapkan beberapa siung bawang merah. Kupas kulit dan potong bawang merah menggunakan pisau.

Setelah menyiapkan sejumlah potongan bawang merah, letakkan di tempat-tempat yang mudah dijangkau atau bisa dilewati tikus.

Biarkan selama beberapa hari, namun kamu bisa menggantinya dengan potongan bawang merah baru jika yang lama sudah mulai layu.

4 dari 4 halaman

Gampang banget kan cara mengusir tikus pakai bawang merah? Yuk, cobain sendiri~

 

Beri Komentar