8 Cara Basmi Tungau di Kasur dengan Cepat dan Efektif

Reporter : Arif Mashudi
Selasa, 20 Februari 2024 09:20
8 Cara Basmi Tungau di Kasur dengan Cepat dan Efektif
Jangan sampai kalah dengan tungau ges, basmi sampai habis ya!

Cara basmi tungau di kasur mungkin menjadi hal yang masih asing bagi banyak orang. Pasalnya, ya gampang-gampang sulit sih, Diazens. Nggak heran kalau tungau ini masih menjadi musuh utama bagi yang sedang ingin rumahnya bersih.

Tungau sendiri memang sangat menganggu kok, apalagi mereka adalah tipe serangga yang menggigit dan bisa menyebabkan alergi dan iritasi pada kulit. Maka, mau nggak mau, tungau harus dibasmi jika sudah mulai menyerang rumah, baik itu di kasur, sofa, ataupun barang lainnya.

Diadona telah merangkum berbagai cara membasmi tungau yang paling efektif. Jadi, simak artikel di bawah ini sampai habis ya!

1 dari 8 halaman

Apa Itu Tungau?

Cara Basmi Tungau di Kasur © Diadona

Jadi, tungau adalah serangga atau kutu kecil berbentuk pipih berwarna coklat kemerahan. Hewan yang juga banyak dinamai kutu busuk ini suka bersarang di beberapa perabotan rumah seperti kasus, karpet, tempat tidur dan sofa.

Tungau atau kutu busuk masuk ke rumah dan berdiam di beberapa tempat seperti kasur dan lain-lain melalui barang-barang yang terkontaminasi ataupun menular dari ruangan lain yang juga ditinggali tungau. Kebanyakan orang akan menyadari lingkungan kamar atau rumahnya terdapat tungau setelah mendapati bekas gigitan pada kulit.

2 dari 8 halaman

Tanda-tanda Adanya Tungau

Cara Basmi Tungau di Kasur © Diadona

Karena ukurannya yang sangat kecil dan berdiam di tempat-tempat yang sempit, banyak dari kita yang nggak tahu apakah rumah kita ada tungau atau tidak. FYI, tempat favorit tungau ini adalah kasur, bantal, sofa dan juga karpet.

Berikut ini adalah tanda-tanda tungau sudah menyerang rumah kamu, Diazens.

  • Noda berkarat atau kemerahan di sprei atau kasur.
  • Bintik-bintik gelap yang merupakan kotoran tungau di sekitar kasur.
  • Telur dan cangkang telur, berukuran kecil dan berwarna kuning pucat.
  • Keberadaan tungau hidup di kasur.

Jika kamu sering mengalami sensasi gatal digigit serangga saat berada di kasur dan sofa maka kemungkinan ada tungau di rumah kamu. Jadi selalu cek dan waspada ya.

3 dari 8 halaman

Cara Basmi Tungau di Rumah

Cara Basmi Tungau di Kasur © Diadona

Setelah tau tanda-tanda keberadaan tungau, mari kita lanjut ke cara basmi tungau ya, Diazens. Berikut ini untuk beberapa caranya:

Jemur Perabotan yang Ditempati Tungau

Tungau biasanya berkembang biak di tempat-tempat yang lembab dan gelap. Salah satu cara untuk membasmi tungau adalah dengan mengeluarkan perabotan yang ditempati tungau, seperti bantal, selimut, dan karpet, lalu menjemurnya di bawah sinar matahari.

Sinar matahari akan membunuh tungau dan mengurangi kelembaban yang menyebabkan mereka berkembang biak. Jangan lupa periksa setiap lipatan yang ada ya biar nggak ada tungau yang tertinggal.

4 dari 8 halaman

Sedot dengan Vacuum

Kemudian, jika kamu mempunyai vacuum cleaner kamu bisa memanfaatkannya untuk membasmi tungau. Caranya, cukup vacuum dengan bersih tempat-tempat yang terlihat ada tanda-tanda keberaddaan tungau.

Pastikan untuk fokus pada area-area yang seringkali menjadi tempat tinggal tungau, seperti karpet, sofa, dan tempat tidur. Selain itu, menggunakan vacuum cleaner dapat membantu menghilangkan tungau serta debu dan kotoran lainnya di rumah.

Bersihkan Ruangan

Bagaimanapun kebersihan adalah adalah cara mutlak yang bisa mencegah adanya tungau. Bersihkan kasur dengan cara mengganti sprei dan menghilangkan debu-debu dan kotoran yang bisa menjadi pengundang tungau untuk datang.

5 dari 8 halaman

Semprot dengan Cuka

Cuka adalah bahan alami yang dapat membantu membasmi tungau. Campurkan cuka dengan air dalam botol semprot dan semprotkan ke area-area yang dicurigai menjadi tempat berkembang biaknya tungau, seperti tempat tidur, sofa, dan permukaan kayu.

Semprot dengan Bawang

Kemudian, ada juga larutan bawang yang sudah diblender yang bisa kamu manfaatkan untuk membasmi tungau. Bawang mengandung senyawa alami yang dapat membantu mengusir tungau.

Blender beberapa siung bawang hingga halus, lalu saring jusnya. Campur jus bawang dengan air dan semprotkan ke area-area yang seringkali menjadi tempat tinggal tungau.

6 dari 8 halaman

Gunakan Lavender

Bahan alami selanjutnya yang bisa kamu gunakan adalah lavender. Kamu bisa menggunakan minyak lavender dengan menyemprotkannya ke area yang ditempati tungau.

Atau kamu bisa memanfaatkan bunga lavender kering yang juga efektif membasmi tungau. Caranya cukup bungkus bunga lavender kering ke dalam kain, lalu letakkan kain tersebut di kasur.

Sikat Kasur

Sekali lagi, penting sekali untuk menjaga kebersihan barang yang rentan menjadi tempat tinggal tungau. Umumnya, tungau akan tinggal di permukaan kasur yang lempab dan kotor.

Jadi kamu bisa menggunakan sikat kasur untuk membersihkan permukaan kasur secara menyeluruh dan menghilangkan tungau serta kotoran lainnya. Dengan ini kamu akan membasi tungai bersama dengan telur-telurnnya juga.

Minta Bantuan Ahli

Terakhir, jika kamu sudah tidak mampu mengendalikan dan membasmi tungau yang ada di rumah, maka carilah bantuan dari ahlinya. Cari jasa pengendalian seranggga yang ada di sekitar tempat tinggal kamu.

Selain pasti efektif, ini akan membantu kamu untuk membersihkan tungau secara menyeluruh. Tapi, kamu harus menyiaokan biaya tyang sedikit pricey daripada membersihkannya sendiri.

7 dari 8 halaman

Bahaya Gigitan Tungau

Cara Basmi Tungau di Kasur © Diadona

Lalu, kenapa sih tungau harus dibersihkan. Ya tentu saja serangga atau kutu busuk ini berbahaya ketika menggigit. Berikut ini adalah beberapa gigitan tungau yang harus kamu wasapadai.

Alergi

Tungau sering menjadi pemicu utama alergi dan reaksi ganggunan kulit pada manusia. Gigitan tungau dapat menyebabkan gejala seperti ruam kulit, gatal-gatal. Jika levelnya sudah ekstrim, nggak menutup kemungkinan akan banyak alergi yang bisa terpicu.

Dermatitis

Gigitan tungau juga dapat menyebabkan dermatitis, yaitu peradangan kulit yang menyebabkan kemerahan, gatal-gatal, dan kadang-kadang timbulnya lepuhan atau keropeng. Reaksi kulit ini dapat menjadi sangat mengganggu dan mengganggu kegiatan sehari-hari.

8 dari 8 halaman

Penyakit Menular

Nggak cuma itu, Tunga juga bisa memicu penyakit menular, seperti scabies atau kudis. Scabies adalah infestasi tungau yang menyebabkan ruam kulit yang sangat gatal dan dapat menyebar melalui kontak langsung dengan orang yang terinfeksi.

Infeksi Kulit lainnya

Nggak menutup kemungkinan, gigitan tungau dapat menyebabkan infeksi kulit jika area yang tergigit tergores atau terinfeksi bakteri. Infeksi kulit dapat memerlukan perawatan medis tambahan dan dapat menyebabkan masalah serius jika tidak diobati dengan benar.

Jadi itu ya Diazens beberapa cara membasmi tungau yang bisa kamu lakukan di rumah. Pastikan rumah kamu benar-benar bersih dari tungau ya. Mengganggu banget soalnya.

Beri Komentar