11 Cara Menghilangkan Nyamuk Di Kamar dengan Bahan Alami

Reporter : Arif Mashudi
Jumat, 26 Mei 2023 11:00
11 Cara Menghilangkan Nyamuk Di Kamar dengan Bahan Alami
Sebel nggak sih emang kalau banyak nyamuk di kamar?

Sudah bukan rahasia lagi jika nyamuk sering menjadi gangguan paling menyebalkan di kamar tidur dan dapat mengganggu kenyamanan tidur kita. Selain itu, beberapa jenis nyamuk juga dapat membawa penyakit berbahaya buat kita loh.

Meskipun banyak produk pembasmi nyamuk komesial yang tersedia untuk mengatasi masalah ini, namun sebagian besar mengandung bahan kimia yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan dan lingkungan. Tentunya kamu nggak mau dong terkena efek buruh dari bahan kimia tersebut.

Oleh karena itu, alternatif yang lebih baik adalah menggunakan bahan alami yang aman dan efektif dalam mengusir nyamuk dari kamar tidur. Dalam artikel ini, Diadona akan membagikan 11 cara menggunakan bahan alami untuk menghilangkan nyamuk di kamar. Yuk simak bareng-bareng caranya:

1 dari 6 halaman

1. Bawang Putih

Cara Menghilangkan Nyamuk Di Kamar dengan Bahan Alami © Diadona

Bawang putih selain menjadi bumbu masakan yang umum digunakan, juga memiliki sifat sebagai pengusir nyamuk alami. Caranya, haluskan beberapa siung bawang putih dan letakkan di piring kecil di kamar tidur. Bau bawang putih yang kuat ini lah yang akan membantu mengusir nyamuk dari kamar kamu.

2. Tanaman Hias Lavender

Kemudian ada tanaman hias lavender yang memiliki aroma menenangkan, tetapi nyamuk tidak menyukainya. Kamu bisa menaruh tanaman lavender di dekat jendela atau bisa juga kamu letakkan di dekat tempat kamu tidur. Selain mengusir nyamuk, lavender juga dapat memberikan suasana yang lebih santai di kamar tidur kamu.

2 dari 6 halaman

3. Ampas Kopi

Cara Menghilangkan Nyamuk Di Kamar dengan Bahan Alami © Diadona

Oh iya, jangan buru-buru membuang ampas kopi setelah menyeduh kopi kesayangan kamu. Ampas kopi ternyata bisa kamu gunakan sebagai pengusir nyamuk alami. Sebarkan ampas kopi di tempat-tempat yang sering dikunjungi nyamuk, seperti sudut kamar atau di sekitar jendela. Bau ampas kopi yang tercium oleh nyamuk akan membuat mereka kabur loh.

4. Batang Serai

Lalu ada batang serai yang memiliki aroma harum dan segar, namun nyamuk tidak menyukainya. Gunakan batang serai dengan cara memotong ujungnya dan memukul-mukulkan bagian dalamnya untuk mengeluarkan aroma. Tempatkan batang serai di dekat jendela atau pintu untuk menghalau nyamuk dari masuk ke kamar.

3 dari 6 halaman

5. Minyak Kayu Manis

Cara Menghilangkan Nyamuk Di Kamar dengan Bahan Alami © Diadona

Lanjut ada minyak kayu manis yang nggak hanya bisa kamu gunakan sebagai bumbu masakan, tetapi juga dapat digunakan untuk mengusir nyamuk. Campurkan beberapa tetes minyak kayu manis dengan air dan semprotkan di sekitar kamar tidur kamu. Aroma minyak kayu manis ini akan membuat nyamuk pergi dari kamar kamu.

6. Kulit Jeruk

Buat kamu yang belum tahu, kulit jeruk mengandung minyak alami yang dapat membantu mengusir nyamuk loh. Gosokkan kulit jeruk langsung pada kulit kamu atau tempatkan potongan kulit jeruk di sekitar kamar tidur. Aroma segar dari kulit jeruk akan membuat nyamuk tidak betah berada di dalam kamar kamu.

4 dari 6 halaman

7. Potongan Lemon dan Cengkeh

Lemon dan cengkeh adalah kombinasi yang efektif untuk mengusir nyamuk. Caranya mudah kok, iris lemon menjadi beberapa potongan dan tusukkan beberapa cengkeh ke dalam daging lemon tersebut. Tempatkan potongan lemon yang telah ditusuk cengkeh di dalam kamar tidur. Aroma citrus dan cengkeh akan membuat nyamuk menjauh dari ruangan kamar kamu.

8. Bersihkan Tumpukan Baju Kotor

Nyamuk seringkali tertarik pada bau keringat manusia dan menemukannya di tumpukan baju kotor yang tertinggal di kamar tidur. Pastikan untuk membersihkan dan mencuci tumpukan baju kotor secara teratur. Dengan menjaga kebersihan kamar tidur, kamu dapat mengurangi daya tarik bagi nyamuk untuk masuk.

5 dari 6 halaman

9. Gunakan Air Sabun

Menggunakan air sabun adalah cara yang sederhana namun efektif untuk mengendalikan nyamuk yang ada di kamar kamu. Letakkan mangkuk berisi air sabun di dekat sumber cahaya seperti lampu atau lilin di kamar tidur. Nyamuk yang mendekati cahaya akan terjebak di permukaan air sabun dan tenggelam.

10. Bersihkan Lingkungan Sekitar

Kemudian selain menjaga kebersihan kamar tidur, kamu juga perlu membersihkan lingkungan sekitar dengan baik. Pastikan tidak ada genangan air di sekitar rumah. Karena nyamuk betina akan menggunakan genangan air sebagai tempat bertelur.

Bersihkan atau keringkan genangan air yang terlihat di taman, bak mandi burung, atau tempat lain yang berpotensi menjadi tempat berkembang biak nyamuk. Sepele ini, tapi penting guys.

6 dari 6 halaman

11. Mengeringkan Genangan Air

Terakhir, pastikan untuk mengeringkan genangan air di dalam kamar mandi atau area lain di dalam rumah kamu. Nyamuk sering mencari tempat yang lembab untuk bertelur dan berkembang biak.

Mengusir nyamuk dari kamar tidur dapat dilakukan secara alami dengan menggunakan bahan-bahan yang umum tersedia di sekitar kita. Dengan menggunakan bawang putih, tanaman hias lavender, ampas kopi, batang serai, minyak kayu manis, kulit jeruk, potongan lemon dan cengkeh, serta menjaga kebersihan kamar tidur dan lingkungan sekitar, kita dapat menghilangkan nyamuk tanpa harus bergantung pada bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan.

Dengan menerapkan tips ini, kita dapat menikmati tidur yang nyenyak dan terbebas dari gangguan nyamuk. Jadi, selamat mencoba ya Diazens!

Beri Komentar