9 Cara Memilih Bata Ringan yang Bagus, Jangan Sampai keliru Biar Nggak Rugi

Reporter : Arif Mashudi
Sabtu, 20 Mei 2023 11:00
9 Cara Memilih Bata Ringan yang Bagus, Jangan Sampai keliru Biar Nggak Rugi
Pokoknya jangan sampai salah pilih biar bangunan awet dan kokoh~

Jika kamu sedang merencanakan proyek konstruksi entah itu membangung rumah atau renovasi tipis-tipis, salah satu hal penting yang perlu diperhatikan adalah pemilihan bata ringan yang bagus. Bata ringan yang berkualitas baik akan memberikan kekuatan dan daya tahan yang optimal untuk bangunan.

Namun, nyatanya hal ini nggak mudah mengingat begitu banyak pilihan di pasaran. Lalu, bagaimana cara memilih bata ringan yang bagus? Berikut adalah beberapa tipyang bisa kamu jadikan referensi. Simak bareng-bareng yuk.

1 dari 5 halaman

Apa Itu Bata Ringan?

Cara Memilih Bata Ringan yang Bagus © Diadona

Sebelum lanjut ke tips memilih bata ringan, kamu harus tahu apa itu bata ringan terlebih dahulu ya. Jadi, bata ringan atau hebel ini adalah bahan bangunan dengan fungsi yang sama seperti bata merah dan batako. Tapi, bata ringan dibuat dengan teknologi aerasi sehingga menghasilkan produk yang lebih solid.

aterial ini diproduksi dalam skala besar dan terdiri dari campuran pasir kuarsa, semen, kapur, gipsum, serta pasta aluminium. Alhasil, permukannya lebih halus, pun ukuran bata ringan seragam karena dicetak dengan cetakan beton. Tentunya, bobot dari bata ringan lebih ringan dari bahan bangunan serupa lainnya.

Nah, kalau begini, langsung kita meluncur ke cara memliih bata ringan yang bagus.

2 dari 5 halaman

Pilih yang Berkualitas

Cara Memilih Bata Ringan yang Bagus © Diadona

Ketika mencari bata ringan, pastikan untuk memilih yang berkualitas baik. Pilihlah bata ringan yang telah teruji dan memenuhi standar kualitas dalam industri konstruksi.

Sebagai informasi, pilihlah bata ringan yang berjenis AAC (autoclaved aerated concrete). Bata ringan AAC dibuat dari pasir kuarsa atau pasir silika. Hal ini membuat kestabilan dan kekuatan tekanannya lebih baik.

Periksa Keaslian

Nah, salah satu cara untuk memastikan mendapatkan bata ringan yang berkualitas adalah dengan memeriksa keaslian produk tersebut. Pastikan bata ringan memiliki kepadatan yang konsisten dan tidak memiliki retakan atau lubang yang besar.

Sentuh dan periksa dengan teliti untuk memastikan keasliannya sebelum memutuskan untuk membelinya. Pun jangan lupa memastikan jika bata ringan tersebut sudah mempunyai kualitas SNI.

3 dari 5 halaman

Bentuk dan Ukuran yang Presisi

Cara Memilih Bata Ringan yang Bagus © Diadona

Bata ringan yang baik harus memiliki bentuk dan ukuran yang presisi. Pastikan setiap bata memiliki dimensi yang seragam untuk memudahkan proses pemasangan.

Bentuk dan ukuran yang presisi juga akan memastikan hasil akhir yang rapi dan estetis. Lagian kalau bentuk bata ringan sudah nggak presisi pasti ada yang salah dengan kualitas tersebut.

Uji dengan Paku

Sebelum membeli bata ringan, uji kekuatannya dengan cara menancapkan paku pada permukaannya. Bata ringan yang baik akan menahan paku dengan baik tanpa retakan atau kerusakan yang signifikan.

Jika bata ringan mudah retak atau hancur, maka sebaiknya pilih yang lain. Ini adalah cara sederhana namun akan sangat membantu untuk mengetahui kualitas bata ringan.

4 dari 5 halaman

Bata Ringan Mengapung di Air

Tes sederhanalainnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan meletakkan bata ringan ke dalam air. Bata ringan berkualitas baik akan mengapung dalam air.

Jika bata ringan tenggelam atau terendam, itu bisa menjadi indikasi adanya kelebihan air dalam bata. Tentu saja ini akan mempengaruhi kualitas dan kekuatannya.

Hindari Cacat Produk

Pastikan untuk memeriksa bata ringan secara menyeluruh dan menghindari bata ringan yang memiliki cacat seperti retakan besar, lubang yang tidak semestinya, atau permukaan yang tidak rata. Cacat-cacat ini dapat mempengaruhi kekuatan dan kualitas bata ringan.

5 dari 5 halaman

Pilih yang Berwarna Putih

Kemudian yang nggak bisa kamu kesampingkan adalah bata ringan yang memiliki warna putih yang biasanya merupakan tanda kualitas yang baik. Warna putih menunjukkan bahwa bata ringan memiliki komposisi bahan yang baik dan telah melalui proses produksi yang tepat. Namun, tetap periksa faktor-faktor lain yang disebutkan di atas untuk memastikan kualitasnya.

Reputasi Produsen

Terakhir, pastikan untuk memilih bata ringan dari produsen yang memiliki reputasi baik. Lakukan riset tentang produsen tersebut dan periksa ulasan dari konsumen sebelumnya. Produsen yang terpercaya dan memiliki reputasi baik cenderung menyediakan produk berkualitas tinggi.

Jadi Diazens, dalam memilih bata ringan yang bagus, penting untuk memperhatikan kualitas, keaslian, bentuk, ukuran, serta melakukan beberapa tes sederhana. Pastikan juga untuk memilih bata ringan dari produsen yang terpercaya. Dengan memperhatikan hal-hal di atas, kamu akan mendapatkan bata ringan yang berkualitas baik untuk kebutuhan yang kamu inginkan.

Beri Komentar