Cara Membuat Lampion dari Kertas dan Botol Bekas Sederhana Tapi Cantik Banget, Cobain Yuk!

Reporter : Wicha Mashita
Kamis, 23 Juli 2020 16:01
Cara Membuat Lampion dari Kertas dan Botol Bekas Sederhana Tapi Cantik Banget, Cobain Yuk!
Iniloh cara membuat lampion sendiri yang lucu dan aesthetic.

Nggak perlu beli mahal, kayak gini guys cara membuat lampion dari kertas, botol bekas atau bahkan bisa pakai benang wol. Ketiga bahan ini bisa dipakai jadi bahan utama membuat lampion dan pastinya mudah didapatkan. Terus kamu bisa lebih hemat deh karena bikin sendiri.

Lampion ini biasa ditemui untuk perayaan hari besar, misalnya Tahun Baru Imlek yang identik dengan kelap-kelip lampion beterbangan di udara. Kemudian di era eformasi, lampion mulai memasuki Indonesia seraya peresmian Tahun Baru Imlek sebagai hari libur nasional oleh Presiden RI ke-4, K.H. Abdurrahman Wahid.

Sebelum membahas cara membuat lampion, ada filosafi dibaliknya bagi masyarakat keturunan Tionghoa loh guys! Warna merah dari cahaya lampion merupakan simbol dari mengharap keberuntungan, kebahagiaan dan rezeki.

Terus ada juga legenda yang mengatakan lampion dipercaya bisa mengusir hal-hal jahat. Apapun itu filosifinya, kamu setuju nggak kalau lampion bikin ruangan makin cantik? Nggak heran ya, kalau lihat lampion rasanya senang banget!

1 dari 6 halaman

Cara Membuat Lampion dari Kertas

Cara Membuat Lampion dari Kertas © Diadona
Nah, kali ini kamu nggak hanya melihatnya tapi juga bisa tahu cara membuat lampion. Bahan pertama yang akan dipakai dari kertas nih. Ikutin step by step-nya ya!

1. Cara membuat lampion dari kertas yang pertama adalah siapkan bahan dan alatnya dulu guys, diantaranya:

- Kertas kosong berwarna putih
- Kertas karton
- Lilin elektronik yang berukuran kecil
- Tali atau benang
- Gunting
- Selotip bening
- Lem
- SPidol warna-warni

2. Jika bahan dan alat sudah disiapkan, langkah awal yang kamu lakukan adalah menggambar di kertas kosong. Di sini kamu bebas mau gambar apa aja guys pakai spidol warna-warni. Nah, warna kertas yang putih bikin cahaya lilin lebih terlihat.

3. Terus, lipat kertas secara vertikal pada posisi awal berada di atas yang selanjutnya berada di bawahnya. Kayak membuat kipas gitu deh.

4. Kemudian, satukan ujung-ujung kertas sampai bentuknya menjadi tabung.

5. Nah, saatnya kertas karton berperan. Gunting berbentuk lingkaran lalu tempelkan di sisi dasar kertas polos yang berbentuk tabung tadi.

Oh iya, jangan lupa pastikan lemnya kuat ya! Kamu bisa menggunakan lem kertas terus dilapisan dengan selotip bolak-balik.

2 dari 6 halaman

6. Setelah itu, buat lubang kecil di bagian badan lampion untuk mengaitkan tali. Gunanya tali di sini untuk menggantung lampionnya.

Nah, di sini ketelitianmu diuji guys. Buat dua lubang di badan lampion yang sejajar ya, biar saat digantung nggak miring.

7. Terus, ikat deh talo pada lubang yang sudah kamu buat.

8. Langkah selanjutnya pada cara membuat lampion dari kertas adalah menutup lampion dengan kertas karton yang berbentuk lingkaran sesuai diameter lampionnya. Di tutup lampion ini, beri lubang lagi di bagian tengahnya biar tali bisa menembus untuk digantung.

Ada tips buat cara membuat lampion supaya tutup lampion nggak mudah lepas guys. Kamu bisa memberi lem namun jangan terlalu rapat supaya lilin nanti tetap menyala.

9. Nah, saatnya masukkan lilin elektronik ke dalam lampion buatanmu dan selesai... Jadi deh, lampion dari kertas buatan sendiri untuk mempercantik ruangan.

3 dari 6 halaman

Cara Membuat Lampion dari Kertas Minyak © Diadona

Guys, ada cara membuat lampion dari kertas minyak juga nih! Kayak gini langkah-langkahnya.

1. Siapkan bahan-bahannya lebih dulu seperti di bawah ini:
- Kertas minyak
- Lem
- Kapas
- Etanol atau minyak tanah
- Bambu
- Kawat
- Gunting
- Tang
- Cutter

2. Setelah semua bahan siap, potong bambu terlebih dulu pakai cutter dengan lebar 1 cm. Terus, satukan sisinya sampai membentuk lingkaran. Buat jadi dua ya.

3. Cara membuat lampion dari kertas minyak selanjutnya mengikat kawat di bagian bambu yang sudah berbentuk lingkaran tadi. Bentuknya jadi tabung gitu deh.

4 dari 6 halaman

4. Terus bentuk kertas minyak jadi persegi panjang dengan gunti. Ukuran panjanganya sesuaikan sama panjang bambu.

5. Kemudian, tempel kertas pakai lem jadi badan lampion.

6. Nah, untuk menyalakan lampionnya, basahi kapas dengan etanol atau minyak tanah.

7. Lalu, letakkan kapas di bagian dalam lampion kertas. Jadi, etanol atau minyak tanah sebagai bahan bakar lampionmu menyala. Jadi deh lampion kertas hasil mahakaryamu.

5 dari 6 halaman

Cara Membuat Lampion dari Botol Bekas

Cara Membuat Lampion dari Botol Bekas © Diadona
Masih ada cara membuat lampio yang lain guys, yaitu dari botol bekas. Meski bahan-bahannya sederhana, hasilnya nggak kalah cantik dong!

1. Siapkan alat dan bahan, seperti:
- Botol air mineral bekas dengan ukuran 600 ml
- Baterai
- Tang
- Kawat berukuran pendek
- Pisau atau cutter
- Lampu LED berdaya baterai, pilih bentuk lilin ya guys biar makin cantik lampionnya. Tapi kalau mau bentuk lain nggak papa kok.

2. Sebelum memulai cara membuat lampion dari botol bekas, bersihkan dulu botolnya dan lepas label.

3. Terus potong bagian bawah botol sampai berbentuk sebuah celah yang panjangnya sekitar 1 1/2 inci. Jangan lupa ratakan potongan biar terlihat rapi guys!

4. Kemudian, potong sedikit saja di kedua sisi garis sekitar 1 1/2 inci sebagai langkah selanjutnya cara membuat lampion dari botol bekas.

6 dari 6 halaman

5. Terus bor di bagian tengah tutup botol untuk menjadi tempat kawat masuk.

6. Masukkan kawat ke dalam lubang yang sudat dibuat dan tekuk bagian atasnya. Gunanya, untuk menggantung lampion guys. Kamu bisa menekuk kawat pakai tang ya.

7. Masukkan lampu LED yang sudah diisi baterai ke dalam botol melalui celah yang ada di bagian bawah botol.

8. Kamu tinggal menyalakan lampu LED dan taraaa... lampion dari botol bekas siap digantung. Gampang kan cara membuat lampion dari botol bekas ini?

Jadi, itulah beberapa bahan dan cara membuat lampion yang bisa kamu cobain sekarang juga. Kreatif dan anti gabut deh pokoknya. Kamu juga bisa bikin kamarmu jadi aesthetic deh!

Beri Komentar