6 Cara Cat Besi agar Tidak Mengelupas, Anti Ribet, Praktis, dan Dijamin Awet Tahan Lama

Reporter : Arifina
Senin, 25 Maret 2024 17:17
6 Cara Cat Besi agar Tidak Mengelupas, Anti Ribet, Praktis, dan Dijamin Awet Tahan Lama
Ternyata, mengecat besi tidak boleh asal lho!

Cara cat besi agar tidak mengelupas bisa menjadi acuan buat kamu yang tengah melakukan renovasi untuk rumah. Mengecat permukaan besi dengan benar dan tepat tidak hanya memberikan tampilan yang menarik tetapi juga memberikan perlindungan terhadap korosi dan faktor lingkungan lainnya.

Penggunaan besi memang cukup sering ditemui di rumah-rumah. Biasanya, beberapa furniture seperti pagar, pintu garasi, jendela, kursi taman, dan yang lainnya menggunakan bahan material besi.

1 dari 7 halaman

Tips Agar Cat Pagar Besi Tidak Berkarat © Diadona

Sayangnya, material berbahan besi ini memang mudah mengalami korosi. Umumnya, hal itu ditandai dengan munculnya karat atau lapisan cat yang mengelupas bila tidak dilakukan perawatan dengan baik.

Nah, cat besi yang mengelupas tentunya akan mempengaruhi tampilan dari furniture yang dimiliki. Pagar, jendela, hingga kursi berbahan besi akan menjadi tidak indah dipandang.

Karena itu, perlu dilakukan dengan benar proses pengecatannya agar cat tidak bisa mengelupas dan merusak estetika serta fungsi pelindungnya. Berikut caranya!

 

2 dari 7 halaman

Lakukan Pembersihan Permukaan Besi

Salah satu hal penting yang harus diperhatikan agar cat besi tidak mengelupas adalah, perhatikan bagian permukaannya. Sebelum mulai mengecat, bersihkan permukaan besi dari debu, kotoran, dan karat.

Kamu bisa menggunakan sikat kawat, kertas pasir atau amplas untuk membersihkan karat dan kotoran. Untuk noda minyak, bersihkan dengan sabun dan air.

Pastikan permukaan besi benar-benar kering sebelum melanjutkan proses pelapisan.

 

3 dari 7 halaman

Bilas Permukaan Besi dengan Bersih

Cara Cat Besi agar Tidak Mengelupas © Diadona

Setelah proses pembersihan permukaan besi selesai, langkah selanjutnya adalah membilasnya dengan air bersih. Lakukan pembilasan menggunakan detergen atau pembersih lainnya.

Kemudian, bilas dengan air bersih dan diamkan sampai besi benar-benar kering. Ini bertujuan agar permukaan besi benar-benar bersih.

Sehingga, saat besi dilapisi cat akan lebih aman dan tidak mudah mengelupas.

 

4 dari 7 halaman

Perhatikan Pemilihan Cat

Setelah pembersihan bersih, hal yang juga penting untuk diperhatikan adalah pemilihan cat. Hal ini penting untuk menjaga agar cat yang dipakai tidak mudah rusak dan mengelupas.

Gunakan cat yang diformulasikan khusus untuk besi, seperti cat anti-karat atau cat enamel. Pilih cat dengan kualitas yang baik untuk hasil yang lebih tahan lama.

Pastikan juga cat tersebut memiliki daya tahan yang baik terhadap cuaca eksternal, sinar UV, dan korosi.

 

5 dari 7 halaman

Gunakan Primer yang Tepat

Cara Cat Besi agar Tidak Mengelupas © Diadona

Primer penting untuk mencegah kerusakan pada besi. Karena itu, sebelum memulai pengecatan beri primer terlebih dahulu.

Gunakan primer atau cat dasar yang dirancang khusus untuk besi.
Pastikan primer tersebut bersifat tahan terhadap korosi dan memiliki daya lekat yang baik untuk permukaan besi.

 

6 dari 7 halaman

Aplikasikan Cat dengan Tepat

Proses pengaplikasian cat pada besi juga harus dilakukan dengan tepat. Mulailah dengan memberi cat dasar terlebih dahulu besi, ini agar tidak mudah kering.

Kemudian, terapkan cat dalam lapisan tipis dan merata menggunakan kuas atau semprotan cat. Pastikan setiap lapisan cat kering sepenuhnya sebelum melanjutkan ke lapisan berikutnya.

Hindari mengaplikasikan cat dalam kondisi cuaca yang ekstrem, seperti saat suhu sangat panas atau sangat dingin.

Jika memungkinkan, lakukan pelapisan di lingkungan yang memiliki sirkulasi udara yang baik untuk mempercepat proses pengeringan cat.

 

7 dari 7 halaman

Lakukan Perawatan dengan Rutin

Tips Agar Cat Pagar Besi Tidak Berkarat © Diadona

Setelah semua proses pengecetan dilakukan, hal yang harus diperhatikan yaitu melakukan perawatan dengan rutin. Selalu bersihkan secara berlaka pada furniture yang berbahan besi dan lakukan perbaikan jika menemui bagian yang mengalami kerusakan atau tergores.

Periksa secara berkala permukaan cat besi untuk memastikan tidak ada tanda-tanda pengelupasan atau kerusakan lainnya.

Itulah cara cat besi agar tidak mengelupas, terapkan langkah-langkahnya dengan tepat agar lebih awet dan tahan lama. Semoga bermanfaat.

Beri Komentar