12 Cara Agar Kulkas Tidak Bau, Mudah Banget!

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 30 Mei 2023 12:30
12 Cara Agar Kulkas Tidak Bau, Mudah Banget!
Agar kulkas tidak bau, beberapa cara yang bisa kamu lakukan antara lain membersihkannya secara berkala, meletakkan makanan dalam wadah tertutup hingga menambahkan beberapa bahan penyerap bau kulkas.

Dalam menjaga kebersihan dan kenyamanan dapur, kulkas yang berbau dapat mengganggu kenyamanan. Bau yang nggak sedap nggak cuman mengganggu ketika kita membuka pintu kulkas, tapi juga suatu perawatan kulkas untuk menjaga kebersihan dan kesegaran makanan di dalamnya.

Di artikel ini, Diadona bakalan menjelaskan apa aja yang bisa kamu lakukan sebagai cara agar kulkas tidak bau. Mulai dari membersihkannya secara berkala, meletakkan bahan-bahan makanan dalam wadah tertutup hingga menghilangkan bau kulkas dengan bahan alami.

Yuk simak ulasannya berikut ini.

1 dari 5 halaman

Apa Penyebab Kulkas Bau?

Cara Agar Kulkas Tidak Bau © Diadona

Penyebab kulkas bau adalah bakteri dan jamur yang berada di dalamnya. Mikroba ini tumbuh subur di area dengan tingkat kelembaban tinggi. Dan pada kulkas, kelembaban ini bisa berasal dari bagian bahan makanan di dalamnya, kondensasi lemari es, dan kelembaban dari luar.

Saat makanan yang terkontaminasi mikroba atau rusak disimpan di kulkas, mikroba ini dapat berkembang biak dengan cepat.

Mikroba yang tumbuh dapat menghasilkan senyawa-senyawa kimia, contohnya senyawa sulfur yang diproduksi oleh bakteri saat mereka mencerna bahan organik yang rusak. Senyawa sulfur ini memiliki bau yang khas dan tidak menyenangkan seperti aroma busuk atau telur busuk.

Selain itu, jamur yang tumbuh di dalam kulkas juga dapat menyebabkan bau yang tidak sedap. Jamur ini bisa berasal dari bahan makanan yang sudah tidak layak simpan.

Jamur menghasilkan berbagai senyawa volatil, termasuk senyawa organik yang memiliki aroma yang kuat. Jika jamur tumbuh di makanan yang rusak atau terlalu lama disimpan, mereka dapat menghasilkan bau yang menusuk dan tidak enak.

Selain mikroba, makanan yang nggak tertutup rapat juga bisa menjadi penyebab bau pada kulkas lho! Makanan yang terbuka atau tumpah bisa mengeluarkan aroma nggak sedap dan menyebar ke makanan lain.

2 dari 5 halaman


Cara Agar Kulkas Tidak Bau © Diadona

Apakah kopi bisa menghilangkan bau pada kulkas?

Ya, kamu bisa menggunakan bubuk kopi atau biji kopi yang baru digiling untuk menyerap bau di lemari es. Taruh bubuk kopi pada mangkuk kemudian letakkan di bagian belakang lemari es. Bubuk kopi akan membantu memastikan sisa makanan tidak membuat bau kulkas kamu lagi. 

Apakah Baking Soda Bisa Menghilangkan Bau pada Kulkas?

Benar! Selain kopi, kamu juga bisa menghilangkan bau pada kulkas dengan menggunakan baking soda.

Bagimana kerja baking soda sebagai cara agar kulkas tidak bau?

Nama ilmiah baking soda adalah natrium bikarbonat. Baking soda sebenarnya adalah  basa lemah, sementara sebagian besar partikel bau bersifat asam. Bau yang ada di dalam lemari es kamu sebenernya berasal dari dari partikel makanan yang beterbangan dan akhirnya numpuk di makanan yang lain. Partikel bau ini sebagian besar bersifat asam. 

Nah, basa pada natrium bikarbonat atau baking soda dapat menetralkan pH dengan cara menarik asam penyebab bau kulkas. Saat kamu menaruh soda kue di lemari es, partikel bau itu bakal terikat dengan sama baking soda alih-alih nempel di makanan lainnya.

Begitu partikel penyebab bau diikat, bau kulkas akan hilang.

Selain manfaat baking soda yang beragam untuk memasak dan pembersihan, baking soda dikenal selama bertahun-tahun sebagai penghilang bau kulkas yang efektif.

Tapi perlu diingat kalau baking soda yang sudah digunakan dalam proses ini nggak boleh kamu pakai untuk memasak. Sebab baking soda tersebut udah menyerap partikel makanan sehingga rasa dan kemampuannya akan berubah.

Cara Agar Kulkas Tidak Bau Menggunakan Baking Soda

Letakkan sebuah piring datar atau wadah terbuka dan taburi dengan baking soda, ganti setiap beberapa hari sekali. Selain kedua bahan penghilang bau kulkas alami tersebut, bahan-bahan di bawah ini juga bisa kamu gunakan : 

3 dari 5 halaman

Cara Agar Kulkas Tidak Bau © Diadona

Selain kopi dan baking soda, 9 tips dan alami di bawah ini juga bisa kamu gunakan untuk mencegah bau pada kulkas kamu.

Koran

Dilansir dari The Spruce, sebenarnya sih koran bukan benda yang spesifik bisa menghilangkan bau tidak sedap pada kulkas dengan baik, tapi ada beberapa alasan mengapa koran bisa membantu mengurangi atau penghilang bau.

Pertama-tama, koran memiliki tekstur yang bisa menyerap kelembaban dengan baik. Saat ada benda yang mengeluarkan bau tidak sedap di sekitar, koran dapat menyerap kelembaban yang membawa partikel-partikel bau tersebut. Dengan menyerap kelembapannya, koran membantu mengurangi penyebaran bau ke udara.

Selain itu, koran juga dapat digunakan untuk menyerap cairan pada permukaan yang basah dan berbau. Misalnya, jika terjadi tumpahan makanan dalam kulkas, menempatkan koran di atasnya dapat membantu menyerap cairan dan mengatasi bau yang mungkin timbul.

Singkatnya, koran bukan sebagai penyerap bau namun penyerap kelembaban yang membawa bau tersebut.

Tapi perlu diingat bahwa koran hanya bisa menjadi solusi sementara. Untuk menghilangkan bau di lemari es secara menyeluruh, perlu dilakukan pembersihan dan menghilangkan sumber bau tersebut.

  1. Buat gumpalan-gumpalan koran dan masukkan ke dalam kulkas.
  2. Tempatkan di laci-laci kulkas dan rak freezer, lalu tutup pintunya selama beberapa hari.
  3. Setelah itu, keluarkan koran dan cuci kulkas.

Cuka

Cara Agar Kulkas Tidak Bau dengan Larutan Cuka © Diadona

Gunakan cuka untuk membuat lemari es tidak bau. Ada beberapa alasan mengapa bahan ini efektif dalam mengatasi masalah bau tersebut.

Pertama, cuka memiliki sifat asam. Asam tersebut mampu membantu mengubah kondisi di dalam kulkas menjadi lingkungan yang nggak sesuai buat pertumbuhan mikroorganisme penyebab bau,

Selain itu, cuka juga bersifat menyerap bau tidak sedap. Cairan ini dapat menangkap dan mengikat molekul-molekul yang menyebabkan bau, sehingga menghilangkan atau mengurangi intensitas bau tersebut.

Bagaimana caranya?

  1. Campurkan cuka dengan air di dalam mangkuk dengan perbandingan yang sesuai, misalnya 1:2.
  2. Gunakan larutan untuk membersihkan permukaan dalam kulkas, termasuk rak dan laci, di mana bau sering berkumpul.
  3. Biarkan larutan menguap secara alami tanpa dibilas. Cuka akan membantu menghilangkan bau dan memberikan aroma yang segar pada kulkas.

Namun, perlu diingat kalau aromanya akan kuat. Jadi pastikan kulkas diangin-anginkan dengan baik sebelum digunakan untuk menyimpan makanan.

Kantong Teh

Cara Agar Kulkas Tidak Bau © Diadona

Teh mengandung tannin yang secara alami bisa menyerap bau. Saat kantong teh diletakkan dalam kulkas, senyawa tannin tersebut akan berinteraksi dengan partikel-partikel bau yang melayang di udara, menyerapnya, dan mengurangi intensitas bau yang tidak sedap.

Selain itu, aroma yang terkandung dalam teh juga dapat membantu menyamarkan atau menggantikan bau yang tidak diinginkan. Misalnya, teh herbal seperti peppermint atau chamomile memiliki aroma yang menyegarkan dan dapat memberikan aroma segar alami yang lebih menyenangkan di dalam kulkas.

Bagaimana cara menggunakan teh untuk menghilangkan bau kulkas

  1. Ambil beberapa kantong teh bekas yang sudah digunakan. Pastikan teh yang digunakan adalah teh biasa atau teh herbal yang tidak memiliki tambahan rasa atau aroma buatan.
  2. Biarkan kering atau kamu bisa menjemurnya terlebih dahulu
  3. Tempatkan di dalam kulkas, baik di rak atau di sudut-sudut kulkas yang terbuka.
  4. Ganti tiap beberapa hari  karena aromanya cepat hilang atau sesuaikan dengan kondisi kulkas kamu.

Kentang

Kentang bekerja secara sempurna menghilangkan bau di kulkas kamu. Caranya gampang banget, cukup kupas kentang, potong ukuran kecil lalu tempatkan di kulkas. Ganti setiap beberapa hari sekali.

Diadona belum nemu nih penjelasan ilmiah bagaimana kentang bisa menghilangkan bau busuk makanan di dalam kulkas, tapai tidak salah apabila mencobanya bukan?

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Kulkas Tidak Bau

Cara Agar Kulkas Tidak Bau © Diadona

Meletakkan koran hingga kopi memang bisa menetralkan bau kulkas. Namun mencegah bau kulkas tentu lebih baik daripada menghilangkannya, bukan? memastikan kulkas kamu selalu bersih dan terhindar dari mikroba penyebab bau

Lima sederhana berikut bisa kamu terapkan untuk mencegah kulkas jadi bau, kotor dan bikin nggak nyaman.

Cek Kulkas secara Berkala

Cek isi kulkas secara berkala untuk memastikan tak ada bahan makanan yang busuk. Pengecekan ini juga berfungsi untuk mengetahui apabila ada wadah yang bocor, minuman atau makanan yang berbau dan lainnya.

Tidak perlu setiap hari, cukup lakukan seminggu sekali untuk memantau tanda pembusukan atau tumpahan yang dapat menarik bakteri. Pastikan bahan makanan atau minuman tidak berubah rasa, warna, dan tekstur. Buat prioritas memasak bahan makanan sebelum kedaluwarsa, sehingga tak banyak

Dengan pengecekan ini, kamu juga bisa memantau kondisi kulkas tetap prima dalam menyimpan bahan makanan. Misalnya nih, bila tiba-tiba kulkas tidak dingin, ada bagian kulkas yang rusak dan masih banyak lagi.

Buat Prioritas Memasak

Meskipun bahan makanan sudah disimpan di kulkas untuk mencegah busuk, namun kulkas memiliki keterbatasan dalam mengawetkan bahan makanan. Misalnya, beberapa jenis sayuran hanya bisa kamu simpan di lemari es sampai satu minggu, tempe dan bahan protein yang hanya tahan selama beberapa hari.

Untuk mencegah bahan makanan busuk dan terbuang, buat prioritas memasak. Dahulukan memasak bahan makanan yang mudah rusak, misalnya sayuran berdaun seperti bayam, kangkung atau sawi. Gunakan teknik food prep yang efektif misalnya membekukan sayuran tertentu agar bisa disimpan lebih lama. 

5 dari 5 halaman

Cara Agar Kulkas Tidak Bau dengan Rutin Membersihkannya © Diadona

Bersihkan Kulkas setiap Dua Minggu Sekali

Untuk membantu menghilangkan bau tak sedap lemari es, pertama-tama kamu harus rajin membersihkannya secara menyeluruh. Mulailah dengan memeriksa semua tanggal kedaluwarsa dan membuang makanan busuk.

Kemudian keluarkan semua kompartemen yang dapat dilepas di dalam lemari es. Cuci bagian tersebut dengan air dan sabun cuci piring untuk menghilangkan bau makanan, keringkan, lalu tempatkan kembali.

Untuk bagian dalam kulkas, kamu bisa menggunakan cairan pembersih dapur atau air yang sudah dicampur dengan sabun cuci piring. Semprotkan di bagian dalam kulkas, seka dengan lap bersih. 

Hal terpenting adalah memilih kulkas yang gampang untuk dibersihkan seperti kulkas yang memiliki rak dan laci mudah dilepas yang dapat dibersihkan tanpa repot.

Lap Botol saat Membersihkan Kulkas

Dilansir dari The Kitch, botol dalam kulkas juga perlu kamu bersihkan lho? Lap masing-masing dengan kain lembab sebelum memasukkannya kembali ke dalam lemari es. Sebab botol-botol tersebut bisa saja kotor dan menjadi tempat tumbuh mikroba penyebab bau kulkas. 

 

Cara Agar Kulkas Tidak Bau © Diadona

Simpan Makanan dengan Tepat

Gunakan  wadah kedap udara untuk menyimpan makanan sebelum memasukkannya dalam kulkas. Gunakan wadah yang tidak menahan bau dan sesuai dengan bahan makanan.

Tips ini nggak cuman berlaku untuk makanan jadi, namun juga  sayuran hingga buah-buahan. Alih-alih menyimpannya dalam kresek bekas belanja, gunakan wadah bening kedap udara.

Sebelum menyimpannya dalam kulkas, bersihkan bahan makanan, siangi sayuran bila perlu,  hilangkan bagian busuk, dan tempatkan di box atau kontainer bening agar mudah terlihat. Langkah tersebut bukan hanya untuk mencegah bau, tapi juga agar kulkas tetap tertata rapi.

Ini juga merupakan bagian dari food preparation, sebuah metode menyiapkan bahan makanan agar lebih awet dan masak lebih cepat.

Cek Kelembaban dan Sesuaikan Suhu

Bau tak sedap sering kali disebabkan oleh pembusukan makanan, oleh karena itu, mengatur suhu lemari es sangat penting. Suhu tinggi menyebabkan pembusukan makanan sementara suhu rendah dapat menyebabkan pemborosan energi.

Idealnya, lemari es harus diatur pada suhu 0 hingga 4 derajat celcius dan freezer pada suhu -18 derajat celcius.

Jika freezer nggak cukup dingin bahkan setelah dilakukan pengaturan, ini mungkin mengindikasikan masalah yang lebih besar.

Cara agar kulkas tidak bau di atas nggak cuman bikin kulkas kamu bersih dan nyaman, tapi juga membuat masa simpan bahan makanan di dalamnya jadi lebih lama.

Penulis : Intan Lathifah

Beri Komentar