10 Nama Malaikat beserta Tugasnya Menurut Islam yang Wajib Diketahui

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Jumat, 14 Januari 2022 22:13
10 Nama Malaikat beserta Tugasnya Menurut Islam yang Wajib Diketahui
Malaikat Mikail adalah nama malaikat yang bertugas untuk mengatur rezeki seluruh makhluk. Sebuah hadis riwayat menyebut bahwa malaikat Mikail tidak pernah tertawa sejak neraka diciptakan.

Sejak Sekolah Dasar, umat muslim sudah belajar tentang sepuluh nama malaikat beserta tugasnya. Meski demikian ternyata jumah malaikat sangat banyak lho!

Nggak diketahui secara pasti brapa jumlahnya. Namun setidaknya sepuluh nama malaikat yang disampaikan Allah kepada kita beserta dengan tugas-tugasnya.

Malaikat diciptakan oleh Allah dari cahaya. Dan hanya orang-orang tertentulah yang bisa merasakan kehadiran mereka. Dan brikut ini nama malaikat beserta tugas mereka yang harus kita sebagai umat muslim ketahui.

1 dari 4 halaman

Nama Malaikat beserta TugasnyaNama Malaikat beserta Tugasnya © pxabay

Malaikat Jibril

Malaikat Jibril adalah nama malaikat yang kita ketahui bertugas untuk menyampaikan wahyu kepada Nabi dan Rasul. Dan selepas tak ada lagi Nabi dan Rasul, Jibril bertugas untuk menglola dunia bersama dengan tiga malaikat lainnya, mengutip NU Online.

Malaikat Jibil bertugas mengurusi angin, Mikail mengurusi hujan dan tumbuhan, serta Izrail diamanahi untuk mencabut nyawa manusia. Sementara itu malaikat Israfil bertugas menyampaikan perintah kepada mereka.

Jibril juga bertugas untuk mengurus hajat manusia. Jadi saat seorang manusia sedang berdoa, Allah menahan Jibril untuk mengabulkannya. Mengapa? Sebab Allah senang mendengarkan permohonan orang mukmim yang sedang meminta kepada-Nya.

Jibril memiliki beberapa julukan seperti Ruh al Amin dan Ruh al Qudus (Roh Kudus), Ar-Ruh Al-Amin dan lainnya. Saat menjalankan tugasnya, kadang-kadang Malaikat Jibril datang menyerupai laki-laki yang gagah dan tampan.

Malaikat Mikail

Adalah nama Malaikat dalam Islam yang bertugas mengatur rezeki seluruh makhluk. Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa malaikat Mikail adalah satu dari empat malaikat yang diberi tugas untuk mengurusi dunia, dan dalam hal itu, Malaikat Mikail bertugas mengatur hujan dan makanan.

Mengutip Islam Pos, dalam hadis riwayat Ahmad, dari Anas bin Malik, ketika Rasulullah melakukan perjalanan Isra’ Mi’raj ke langit, beliau bertanya kepada malaikat Jibril mengapa malaikat Mikail tak pernah terlihat tertawa.

Dan malaikat Jibril menjawab, “ Malaikat Mikail tidak pernah tertawa semenjak neraka diciptakan.”

 

2 dari 4 halaman

Nama Malaikat beserta TugasnyaNama Malaikat beserta Tugasnya © pxabay

Malaikat Israfil

Mendengar nama malaikat Israfil pasti langsung tertuju pada tugasnya di hari kiamat nanti yakni meniup sangkakala. Tiupan pertama akan mengejutkan seluruh makhluk dan membuat mereka meninggal. Tiupan kedua menjadi awal dua kejadian, yakni kematian dan kebangkitan.

Namun selain itu, Israfil juga memiliki tugas lain yakni mengayomi makhluk dan alam semesta.

Dikatakan sahabat Abdullah bin Abbas ra berkata, " Sesunguhnya malaikat Israfil memohon kepada Allah Swt agar diberikan kekuatan tujuh langit, maka Allah mengabulkan permohonan itu dengan memberikan kekuatan tujuh bumi, kemudian Allah memberikan kekuatan angin, kekuatan gunung, kekuatan sesuatu yang yang berat, serta Allah memberikan kekuatan hewan buas."

Malaikat Izrail

Adalah nama dari malaikat maut karena tugasnya mencabut nyawa manusia dan binatang-binatang. Mengutip IDN Times, peneliti idang Aqidah Ustaz Nur Rohmad, MA membeberkan bahwa malaikat Izrail diberi tugas oleh Allah untuk mencabut sebuah ruh, termasuk arwah orang-orang yang mati sahid, dan arwah binatang-binatang.

3 dari 4 halaman

Nama Malaikat beserta TugasnyaNama Malaikat beserta Tugasnya © pxabay

Malaikat Rakib

Malaikat Rakib bertugas dalam mencatata amal baik manusia. Melanir Islam Pos, ulama menjelaskan bahwa alaikat Rakib dan Atid merupakan dua sifat yang dimiliki oleh malaikat yang mecatat amal, bukan sebagai dua malaikat.

Malaikat Atid

Malaikat Atid bertugas buat mencatat amal manusia. Hanya saja alaikat Atid bertugas paa pencatatan amal buruk. Malaikat Rakib dan Atid selalu berada di samping manusia untuk mencatat amal dan tak ada yang terlewat oleh mereka.

4 dari 4 halaman

Nama Malaikat beserta TugasnyaNama Malaikat beserta Tugasnya © pxabay

Malaikat Munkar dan Malaikat Nakir

Bersama dengn malaikat Nakir, nama Malaiakta Munkar dikenal dengan tugasnya menanyai beberapa hal kepada manusia di alam kubur nanti. Malaikat Munkar dan Nakir akan mengajukan pertanyaan perihal ketuhanan, kenabian, dan beberapa hal penting lainnya kepada manusia tak peduli bagaimana kondisi wafatnya.

Malaikat Munkar dan Nakir akan bertanya kepada ahli kubur dengan bahasa yang digunakan sehari-hari oleh ahli kubur tersebut dengan pertanyaan berupa ‘Siapa tuhanmu? Apa agamamu? Siapa nabimu? Apa kiblatmu? Siapa saudaramu? Apa imammu? Apa jalan hidupmu? Apa amalmu?’”

Malaikat Malik

Malaikat Malik bertugas sebagai pemimpin para Malaikat Zabaniah berjaga di pintu neraka. Malaikat Malik memiliki penampilan yang seram dan menakutkan.

Malaikat Ridwan

Malikat Ridwan merupakan nama malaikat yang ditugaskan sebagai pemimpin malaikat menjaga pintu surga. Meski begitu, malaikat Ridwan nggak tau lho seluruh jenis kenikmatan yang dihadiahkan Allah kepada penghuni surga.

Itu tadi sepuluh nama malaikat beserta tugasnya yang harus kita imani sebagai bagian dari iman kita.

 

Beri Komentar