6 Cara Mengatasi Rolling Door Tidak Bisa Ditutup, Cek Bagian Ini!

Reporter : Arifina
Rabu, 6 Maret 2024 18:17
6 Cara Mengatasi Rolling Door Tidak Bisa Ditutup, Cek Bagian Ini!
Jangan keburu panik, atasi rolling door macet dengan cara berikut!

Mengatasi rolling door tidak bisa ditutup perlu perhatian yang tepat. Mode pintu yang satu ini memang cukup praktis digunakan, namun juga gampang mengalami kerusakan seperti macet atau tidak berfungsi untuk digeser.

Rolling door merupakan jenis pintu yang banyak digunakan di berbagai tempat, seperti toko, ruko, gudang, bahkan rumah yang biasanya menjadi pintu garasi mobil. Rolling door memiliki banyak kelebihan, seperti mudah digunakan, hemat tempat, dan memiliki desain yang menarik.

1 dari 7 halaman

Mengatasi Rolling Door Tidak Bisa Ditutup © Diadona

Namun, seperti halnya benda lain, rolling door juga bisa mengalami kerusakan. Salah satu kerusakan yang sering terjadi adalah rolling door tidak bisa ditutup.

Kendala ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari kerusakan mekanisme hingga masalah pada sistem listrik. Tapi, jangan terlalu panik, karena dengan beberapa langkah yang tepat kamu bisa memperbaikinya dengan mudah.

2 dari 7 halaman

Penyebab Rolling Door Tidak Bisa Ditutup

Ada berbagai faktor yang menyebabkan rolling door tidak bisa ditutup. Hal ini cukup mengganggu bila tak terselesaikan.

Faktor penyebabnya tersebut antara lain:

  • Motor rolling door bermasalah: ini bagian komponen penting untuk membuka dan menutup rolling door. Jika motor bermasalah, maka rolling door tidak bisa ditutup.
  • Rel rolling door kotor: bagian ini dapat menyebabkan rolling door macet dan tidak bisa ditutup.
  • Roda rolling door aus: jika kondisi roda aus maka dapat menyebabkan rolling door tidak bisa bergerak dengan lancar dan tidak bisa ditutup.
  • Peredam rolling door rusak: Peredam rolling door berfungsibagian ini berfungsi untuk meredam suara saat rolling door dibuka dan ditutup. Jika peredam rusak, maka rolling door bisa menjadi macet dan tidak bisa ditutup.
  • Ada benda penghalang: pastikan tidak ada benda yang menghalangi rolling door saat kamu mencoba menutupnya.

3 dari 7 halaman

Cara Mengatasi Rolling Door Tidak Bisa Ditutup

Mengatasi Rolling Door Tidak Bisa Ditutup © Diadona

Jangan buru-buru panik jika rolling door tidak bisa ditutup. Kamu perlu mengecek beberapa bagian ini untuk diperbaiki agar rolling door bisa kembali ditutup dengan mudah.

Periksa Bagian Motor Rolling Door

Pastikan bagian motor rolling door sudah terhubung dengan sumber listrik. Lakukan pengecekan apakah ada kerusakan pada motor.

Pastikan tidak ada kabel yang putus atau korsleting. Jika motor terdengar berisik atau terasa panas, itu mungkin menjadi tanda adanya masalah. Sebaiknya, hubungi teknisi spesialis untuk memeriksa dan memperbaiki motor tersebut.

 

4 dari 7 halaman

Bersihkan Rel Rolling Door

Kemecatan pada rolling door bisa dimungkinkan berasal dari kondisi relnya. Karena itu, periksa dan lihat apakah rel rolling door dalam konsdisi bersih atau kotor.

Bersihkan rel rolling door dari kotoran dan debu menggunakan kain lap atau sikat. Lalu, pastikan rel bergerak dengan lancar.

Jika ditemukan ada yang aus atau rusak termasuk pada rodanya, maka pertimbangkan untuk menggantinya.

5 dari 7 halaman

Perbaiki Peredam Rolling Door

Mengatasi Rolling Door Tidak Bisa Ditutup © Diadona

Selanjutnya, lakukan pengecekan juga pada bagian peredan rolling door. Jika ditemui ada kerusakan, maka perbaikilah dengan segera.

Bila terlalu parah, sebaiknya lakukan penggantian pereadam rolling door dengan yang baru.


Olesi Roda Rolling Doordengan Pelumas

Roda rolling door juga bisa mejadi penyebab kemacetan. Karena itu perlu diperiksa, bila perlu beri pelumas atau oli.

Ini untuk membuat laju roda licin dan bisa bergerak pada relnya. Sembari juga harus memperhatikan kondisi rel rolling door bersih dari kotoran dan debu ya!

6 dari 7 halaman

Periksa Remote Control atau Tombol Pengendali

Rolling door ada berbagai variasi. Jika kamu menggunakan remote control untuk membuka dan tutup pintu maka hal ini juga perlu menjadi perhatian.

Seringkali, masalah rolling door yang tidak bisa ditutup dapat disebabkan oleh kerusakan pada remote control atau tombol pengendali. Pastikan baterai remote dalam kondisi baik, dan periksa apakah ada kerusakan fisik pada tombol pengendali.

Jika ada, gantilah baterai atau tombol yang rusak.

7 dari 7 halaman

Hubungi Ahli Teknik

Mengatasi Rolling Door Tidak Bisa Ditutup © Diadona

Jika setelah melakukan langkah-langkah di atas rolling door masih tidak bisa ditutup, segera hubungi ahli teknik atau layanan pelanggan dari penyedia rolling door.

Mereka memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mendiagnosis dan memperbaiki masalah yang lebih kompleks.

Itulah cara mengtaasi rolling door tidak bisa ditutup. Memang tidak mudah, dan pelru pemahaman mendalam terkait mekanisme pada komponennya. Ambil langkah yang tepat sesuai jenis kerusakannya untuk mengatasinya ya! Semoga bermanfaat.

Beri Komentar