Harga Kanopi Sesuai Jenisnya dan Biaya Pemasangan, Bikin Dekorasi Rumah Lebih Cantik

Reporter : Arifina
Senin, 18 Maret 2024 17:37
Harga Kanopi Sesuai Jenisnya dan Biaya Pemasangan, Bikin Dekorasi Rumah Lebih Cantik
Kanopi ternyata ada jenis yang bisa disesuaikan kebutuhanmu lho!

Penting kiranya mengetahui harga kanopi beserta jasa pemasangannya sebelum mulai menggunakannya. Hal ini agar bisa sesuai denga anggaran yang kamu miliki dan melihat kebutuhan akan rumah.

Kanopi adalah struktur atap tambahan yang biasanya terbuat dari bahan seperti logam, plastik, atau kaca. Kanopi biasanya dipasang di atas pintu masuk, jendela, atau area luar lainnya seperti teras, balkon, hingga carpot.

Kegunaan kanopi sendiri adalah untuk memberikan perlindungan dari sinar matahari, hujan, atau salju. Selain itu, pemasngan kanopi ini berfungsi membuat rumah terasa lebih teduh dan indah.

 

1 dari 8 halaman

Harga Kanopi © Diadona

Terdapat beberapa model kanopi modern minimalis yang hadir di pasaran. Model-model ini tentunya sudah disesuaijan dengan jenis pemasangan kanopi yang umum dilakukan. Seperti.  pemasangan secara borongan maupun menggunakan jasa profesional.

Namun, perlu diperhatikan bahwa perhitungan harga jasa pemasangan kanopi ini juga dapat berbeda antara satu kota dengan kota lain atau antara satu jasa dengan jasa lainnya.

Nah, sebelum mulai memasangnya, perhatikan dulu yuk jenis, harga, hingga jasa pemasangan kanopi berikut!

2 dari 8 halaman

Jenis-Jenis Kanopi

Kanopi terbagi menjadi dua jenis, yakni berbahan baja ringan dan hollow. Keduanya, memiliki fungsi dan kelebihan tersendiri.

Kanopi Baja Ringan: Ini adalah salah satu jenis kanopi yang terbilang ekonomis baik dalam pemasangan dan pembeliannya. Kanopi baja ringan juga termasuk lebih murah dibandingkan hollow.

Kemudian, pemasangan dari kanopi baja ringan juga bisa dibilang lebih mudah. Sebab, jenis ini sudah dilengkapi baut khusus yang tinggal pasang.

Bobotnya pun lebih ringan jika dibandingkan dengan jenis kanopi hollow. Sehingga, pemasangannya cukup dilakukan 2-3 orang saja.

 

3 dari 8 halaman

Harga Kanopi © Diadona

Kanopi Hollow: Jenis kanopi ini juga masih terjangkau dalam pembuatan dan pemasangannya. Namun, hasilnya lebih memuaskan.

Hal itu karena, kanopi hollow berukuran lebih tebal dibandingkan jenis baja ringan. Sehingga, membuat tampilannya terlihat lebih cantik dipandang.

Secara keseluruhan, jenis kanopi hollow juga mudah untuk dipasang. Biasanya, penggunaan kanopi ini untuk area garasi, taman, atau tempat parkir.

4 dari 8 halaman

Bahan-Bahan Kanopi

Kanopi ada beragam macamnya, karena itu sebelum memasang pilihlah yang sesuai dengan desain interior dan kegunaan untuk di rumah ya!

Kanopi Kaca: Lebih tahan lama dan memberikan tampilan elegan pada rumah.

Kanopi Spandek: Kualitas memadai dengan harga terjangkau.

Kanopi Polikarbonat: Perlindungan dari sinar UV yang berbahaya.

Kanopi Alderon: Tahan lama dan mampu melindungi dari sinar matahari dan hujan.

 

5 dari 8 halaman

Jasa Pemasangan Kanopi

Kanopi minimalis modern terbaru © Diadona

Dilansir dari Suwun, ada beberapa biaya yang diperlukan untuk pemasangan kanopi. Biaya tersebut, biasanya terhitung setiap meternya.

Jasa Pemasangan Kanopi dengan Sistem Borongan

Sistem ini cukup ekonomis karena kamu membeli bahan sendiri dan tukang hanya memasangnya. Biasanya, biaya pemasangan kanopi berkisar antara Rp125 ribu hingga Rp150 ribu per meter.

Berikut adalah contoh perhitungannya:

Ukuran kanopi 3 x 5 meter (15 meter persegi)

Biaya jasa per meter Rp135.000

Contoh perhitungan: Rp135.000 x 15 = Rp2.025.000

Maka, stimasi biaya minimal untuk pemasangan kanopi berukuran 3 x 5 meter adalah sekitar 2 juta rupiah. Namun, besaran biaya ini belum termasuk biaya material dan biaya lain yang dibutuhkan.

6 dari 8 halaman

Jasa Pemasangan Kanopi dengan Profesional

Jika kamu ingin menggunakan jasa profesional, pastikan apakah biaya tersebut sudah termasuk material dan kebutuhan lainnya. Umumnya, biaya pemasangan dimulai dari Rp200 ribu per meter, namun angka ini masih dapat berubah tergantung kesepakatan atau penawaran.

Berikut adalah contoh perhitungannya:

Ukuran kanopi 3 x 5 meter (15 meter persegi)

Biaya jasa per meter Rp250.000

Contoh perhitungan: Rp250.000 x 15 = Rp3.750.000

Perlu diperhatikan, perhitungan harga jasa pemasangan kanopi per meter ini dapat berbeda antara satu kota dengan kota lain atau antara satu jasa dengan jasa lainnya ya.

7 dari 8 halaman

Harga Kanopi

Kanopi minimalis modern terbaru © Diadona

Setelah mengetahui jasa pemasangan kanopi, kamu juga perlu tahu mengenai harga dari kanopi itu sendiri. Dilansir dari perusahaan spesialis pembuatan kanopi di Indonesia, My Canopy, berikit daftar harga kanopi berdasarkan jenisnya!

Baja Ringan

Kanopi baja ringan terbagi menjadi beberapa jeni sebagai berikut:

  • Spandex: Rp350.000 per meter.
  • Spandex Pasir: Rp400.000 per meter.
  • Alderon Single: Rp450.000 per meter.
  • Solartuff: Rp550.000 per meter.

 

8 dari 8 halaman

Besi Hollow

Kanopi besi hollow juga dibanderil harga yang berbeda untuk jenisnya sebagai berikut:

  • Spandex: Rp400.000 per meter.
  • Spandex Pasir: Rp450.000 per meter.
  • Alderon Single: Rp550.000 per meter.
  • Alderon Double: Rp700.000 per meter.
  • Polycarbonate: Rp650.000 - Rp900.000 per meter.
  • Solarflat: Rp900.000 (1,2 mm) - Rp1.300.000 (3 mm) per meter.
  • Kaca Tempered: Rp900.000 - Rp1.500.000 per meter.
  • Solartuff: Rp650.000 per meter.

Itulah harga kanopi berdasarkan jenis dan biaya pemasangannya. Perlu diingat, daftar harga ini bisa jadi ada perbedaan di tiap toko, termasuk biaya pemasangan juga tidak selalu sama untuk jasa di tiap kotanya ya. Semoga informasi di atas bermanfaat!

Beri Komentar