Gak Harus Pakai AC! Ini 11 Cara Mengatasi Rumah Tidak Panas dan Tetap Adem dengan Alami

Reporter : Arifina
Jumat, 15 Maret 2024 17:17
Gak Harus Pakai AC! Ini 11 Cara Mengatasi Rumah Tidak Panas dan Tetap Adem dengan Alami
Rumah tetap adem meski tak pakai AC nih!

Cara mengatasi rumah tidak panas bisa dilakukan dengan alami lho! Meski di rumah kamu tidak memiliki AC, ruangan bisa terasa adem dan sejuk jika tahu triknya dengan tepat.

Panas yang berlebihan di dalam rumah tidak hanya membuat kita tidak nyaman. Biasanya, kebanyakan orang bakal menyalakan AC atau kipas angin di dalam ruangan untuk membuat dingin dna sejuk.

Sayangnya, penggunaan AC ataupun kipas angin yang berlebihan justru dapat dapat menguras energi dan meningkatkan tagihan listrik. Terlebih, jika menggunakannya seharian penuh dalam jangka waktu panjang.

Nah, rupanya dalam mengatasi rumah tidak panas bisa dilakukan dengan berbagai cara alami lho! Sehingga, kamu bisa tetap merasa nyaman dan adem di rumah seharian meski cuaca panas menyerang nih!

Berikut ini diadona.id rangkumkan dari berbagai sumber cara mengatasi rumah tidak panas!

1 dari 11 halaman

Manfaatkan Tirai dan Jendela dengan Tepat

8 Cara Menata Sofa di Rumah Minimalis biar Terlihat Makin Instagramable © Diadona

Sinar matahari yang langsung masuk ke dalam rumah dapat meningkatkan suhu secara signifikan. Karena itu, penting untuk menempatkan tirai pada jendela di rumah.

Gunakan tirai tebal atau penutup jendela untuk memblokir sebagian besar sinar matahari. Ini akan membantu menjaga suhu di dalam rumah tetap sejuk.

Tutup jendela ketika matahari berada tepat di titik tertinggi. Jendela yang tertutup akan menghalau panas yang masuk ke dalam ruangan.

2 dari 11 halaman

Atur Ventilasi Rumah

Pastikan rumah kamu memiliki ventilasi yang baik. Nah, agar ruangan di rumah sejuk maka kamu bisa membuka jendela di malam hari.

Hal ini dibutuhkan, karena ketika malam hari udara lebih sejuk. Sehingga udara segar akan masuk ke seluruh ruangan.

Kamu juga bisa membuka jendela saat pagi hari dan sore hari untuk menambah kesejukan di area rumah. Namun, tutuplah jendela serta tirai di siang hari untuk mencegah panasnya sinar matahari masuk ke dalam ruangan.

 

3 dari 11 halaman

Atur Penggunaan Alat Elektronik

Beberapa peralatan elektronik seperti lampu pijar dan komputer dapat memancarkan panas yang cukup besar. Gunakan peralatan elektronik yang lebih efisien energi dan pastikan untuk mematikan peralatan yang tidak digunakan.

Ada baiknya, cabut mode alat elektronik yang menempel pada soket. Sebab, jika dibiarkan dan tak digunakan alat tersebut akan menghasilkan panas dalam ruangan.

Mencabut alat elektronik yang tidak digunakan akan membuat ruangan lebih adem.

 

4 dari 11 halaman

Manfaatkan Cahaya Alami

Desain Rumah Minimalis 2 Lantai © Diadona

Alih-alih menggunakan lampu, maka lebih baik memanfaatkan pencahayaan alami dari luar. Cahaya dari lampu yang dinyalakan saat siang hari di dalam ruangan justru akan meningkatkan panas.

Sementara, adanya cahaya alami yang masuk ke dalam rumah justru akan membuat ruangan lebih dingin meski tanpa AC. Dengan mematikan lampu di siang hari juga akan lebih membuatmu menghemat energi lho!

 

5 dari 11 halaman

Buat Taman di Luar Rumah

Pohon dapat membantu meneduhi rumah dan mengurangi panas matahari. Karena itu, ini menjadi salah satu hal penting jika ingin rumah selalu sejuk meski tanpa AC.

Pilihlah pohon yang rindang dan cepat tumbuh. Satu pohon di area luas rumah dipercaya dapat memblokir lebih dari 70 persen cahaya matahari yang akan masuk ke dalam ruangan.

Selain itu, hadirnya tanaman di luar rumah dan dedaunan akan menurunkan suhu permukaan dan udara. Sehingga memberikan keteduhan tersendiri.

 

6 dari 11 halaman

Pilih Kaca Ultraviolet

Kaca ultraviolet menjadi pilihan tepat untuk menghalau panas agar tidak masuk ke dalam rumah. Sehingga, pastikan kamu menggunakan jenis kaca ultaviolet untuk jendela di rumah.

Sinar ultraviolet memiliki e-coating rendah yang mampu melindungi rumah dari panas. E-coating juga mampu memantulkan isinar inframerah yang memungkinkan terlihat melalui jendela.

Jika menggunakan jenis kaca ultraviolet, kamu masih bisa membuka tirai di siang hari. Karena efek panas dari sinar matahari akan terhalau dari jendela.

 

7 dari 11 halaman

Gunakan Cat Dinding Warna Netral

Ide Rumah Minimalis 1 Lantai © Diadona

Ternyata, penggunaan cat untuk dinding rumah juga berpengaruh terhadap suhu panas lho! Dalam hal ini, lebih baik untuk menggunakan warna cat netral.

Warna-warna netral disinyalir mampu menyerap lebih banyak panas. Kamu bisa memilih warna-warna cat seperti putih, krem, biru pucat, ataupun pastel untuk rumah yang lebih sejuk.

Tak hanya mampu memantulkan cahaya panas, namun warna-warna ini juga dapat membuat rumah terlihat lebih luas.

 

8 dari 11 halaman

Pakai Es Batu dalam Ruangan

Es batu nggak hanya bermanfaat untuk membuat es buah saja. Tetapi, kamu juga bisa memanfaatkannya untuk mendinginkan ruangan.

Caranya, tuang segelas air ke dalam mangkok atau baskom. Lalu, masukkan es batu ke dalamnya dan biarkan di dalam ruangan.

Es batu dapat memperbesar efek pendinginan di dalam ruangan. Bahkan, membantu menjaga ruangan pada suhu yang lebih nyaman.

 

9 dari 11 halaman

Pasang Bahan Tahan Air untuk Atap Rumah

Pertimbangkan untuk memiliki atap dengan bahan tahan air. Sebab, hal ini akan melindungi ruangan di rumah dari panas dan kelembapan.

Sementara itu, jika atap menggunakan bahan cepat panas maka justru akan lebih gampang membuat matahari langsung masuk ke dalam ruangan. Kamu bisa menggantin bagian atap dengan jenis genteng glazur.

Dijamin, ruangan di rumah akan lebih sejuk dan nyaman.

 

10 dari 11 halaman

Letakkan Air dalam Mangkuk di Area Ruangan Rumah

Cara Menata Sofa di Rumah Minimalis © Diadona

Ada cara praktis lainnya untuk membuat ruangan di rumah terasa lebih sejuk dengan alami. Kamu cukup menempatkan air dalam mangkuk atau baskom.

Kemudian, letakkan baskom berisi air di dalam ruangan area rumah. Kamu bisa mengisi beberapa baskom dan meletakkannya di berbagai sudut ruangan di rumah,

Cara ini dapat mendinginkan rumah dengan lebih cepat dan alami tanpa ribet. Perlu diperhatikan, untuk meletakkan air dalam baskom tersebut jauh dari alat elektronik ya!

 

11 dari 11 halaman

Gantung Seprai Basah di Dekat Jendela Terbuka

Nah, cara lain yang juga bisa diterapkan untuk mebuat ruangan lebih sejuk yaitu dengan memanfaatkan sprei. Sprei yang kiranya mungkin tak terpakai bisa kamu basahi terlebih dahulu.

Kamudian, gantungkan sprei basah di dekat jendela terbuka. Ini akan membantu untuk mendinginkan suhu di area ruangan agar lebih sejuk.

Cara ini secara tidak langsung akan memunculkan suhu angin sepoi-sepoi yang mengalir ke dalam ruangan lho!

Itulah beberapa cara mengatasi rumah tidak panas. Dengan menerapkan cara-cara di atas, kamu bisa membuat rumah serasa lebih sejuk dan nyaman meski tanpa menggunakan AC. Selamat mencoba!

Beri Komentar