Cara Membersihkan Kerak Kamar Mandi dengan HCL, Simak juga Altefnatif Lainnya!

Reporter : Arif Mashudi
Selasa, 16 Mei 2023 14:56
Cara Membersihkan Kerak Kamar Mandi dengan HCL, Simak juga Altefnatif Lainnya!
Bye bye kerak kamar mandi~

Kamar mandi adalah salah satu tempat di dalam rumah yang sering digunakan dan rentan terhadap kotoran, bakteri, dan kerak. Khusus kerak, kamu pasti akan sedikit kesulitan untuk membersihkannya dan pastinya akan butuh alat dan bahan khusus.

Lebih lanjut, kerak kamar mandi ini mau nggak mau memang harus kamu bersihkan. Selain biar tidak bau, ini juga agar kamar mandi tidak menjadi sumber sarang kuman. Berikut ini untuk beberapa cara membersihkan kerak kamar mandi.

Langsung saja mari kita simak bareng-bareng yuk, Diazens!

1 dari 5 halaman

Siapkan Bahan dan Peralatan

Cara Membersihkan Kerak Kamar Mandi © Diadona

Sebelum memulai membersihkan kerak kamar mandi, pastikan kamu telah menyiapkan semua bahan dan peralatan yang dibutuhkan. Alat-alat seperti sarung tangan, sikat atau spons yang lembut, hcl (hidroklorida), cairan pembersih lantai, baking soda, dll.

Untuk membersihkan kerak kamar mandi ini memang butuh alat, pembersih, dan juga effort yang cukup ekstra. Ya biar hasilnya bersih dan wangi juga.

Lakukan Langkah-langkah Keselamatan

Ingat, keselamatan selalu menjadi prioritas utama. Sebelum memulai proses pembersihan, pastikan ruangan kamar mandi cukup terventilasi. Jika memungkinkan, bukalah jendela atau nyalakan kipas angin untuk membantu sirkulasi udara.

Selain itu, pastikan kamu menggunakan sarung tangan untuk melindungi tangan dari bahan kimia yang digunakan. Pun kamu juga bisa menggunakan masker agar tidak mencium bau pembersih kimia secara langsung.

2 dari 5 halaman

Bersihkan Kerak dengan HCL

Cara Membersihkan Kerak Kamar Mandi © Diadona

Jika sudah, lanjut ke cara paling awal untuk membersihkan kerak kamar mandi yang super bandel. Kamu bisa menggunakan hcl (hidroklorida) yang biasa digunakan untuk membersihkan kerak kamar mandi.

Tuangkan hcl pada area yang berkerak dan biarkan selama beberapa menit. Kemudian, gosoklah dengan sikat atau spons yang lembut untuk menghilangkan kerak secara perlahan. Setelah itu, bilas area tersebut dengan air bersih.

Gunakan Cairan Pembersih Lantai

Setelah melawan kerak dengan hcl, lanjutkan proses pembersihan dengan menggunakan cairan pembersih lantai. Campurkan cairan tersebut dengan air sesuai petunjuk yang tertera pada kemasan.

Kemudian, gunakan campuran ini untuk membersihkan permukaan kamar mandi yang terkena kerak. Gosoklah dengan sikat secara perlahan hingga kerak hilang. Jangan lupa, bilas dengan air bersih setelah selesai.

3 dari 5 halaman

Manfaatkan Baking Soda

Kemudian ada baking soda yang mana merupakan bahan alami yang akan sangat membantu kamu dalam menghilangkan kerak kamar mandi. Campurkan baking soda dengan air hingga membentuk pasta kental.

Lalu, oleskan pasta ini pada area yang terkena kerak dan biarkan selama beberapa waktu. Setelah itu, gosok dengan sikat hingga bersih dan bilas dengan air bersih. Baking soda akan membantu mengikis kerak dengan lembut tanpa merusak permukaan kamar mandi.

Pakai Cuka

Selain itu baking soda ada juga cuka. Jadi, cuka ini memiliki sifat asam yang dapat melarutkan kerak dengan mudah. Caranya sangat sederhana, tuangkan cuka ke area yang terkena kerak dan biarkan selama beberapa waktu. Kemudian, gosoklah dengan sikat hingga bersih kemudia bilas dengan air bersih. Voila! Kerak kamar mandi akan hilang dengan cepat.

4 dari 5 halaman

Menggunakan Klorin

Klorin juga merupakan senjata yang ampuh melawan kerak di kamar mandi. Namun, perlu kamu ingat ya untuk menggunakan klorin dengan hati-hati dan memperhatikan petunjuk penggunaannya.

Caranya sangat mudah, cukup campurkan klorin dengan air sesuai dengan takaran yang disarankan. Kemudian, oleskan campuran ini pada area yang terkena kerak dan biarkan selama beberapa waktu. Setelah itu, gosoklah dengan sikat hingga bersih dan bilas dengan air.

Pakai Kaporit untuk Kerak Bandel

Untuk noda kerak kamar mandi yang sangat bandel, kaporit bisa menjadi pilihan yang tepat. Kaporit mengandung klorin dalam kadar yang lebih tinggi, sehingga mampu mengatasi kerak yang sulit dihilangkan.

Kamu bisa langsung mencampurkan kaporit dengan air sesuai dengan petunjuk penggunaan. Kemudian, oleskan campuran ini pada area yang terkena kerak dan biarkan beberapa saat sebelum mulai menggosoknya. Jangan lupa, bilas dengan air bersih setelah selesai.

5 dari 5 halaman

Bersihkan dengan Asam Sitrat

Kemudian kamu juga bisa menggunakan asam sitrat yang juga merupakan bahan alami yang efektif untuk menghilangkan kerak kamar mandi. Kamu bisa membelinya dalam bentuk bubuk atau cairan.

Campurkan asam sitrat dengan air sesuai dengan petunjuk penggunaan. Jika sudah, semprotkan campuran tersebut ke bagian yang berkerak. Diamkan beberapa saat kemudian bersihkan dengan sikat dan bilas bersih dengan air.

Gosok dengan Batu Apung

Terakhir kamu bisa menggunakan batu apung. Jadi, batu apung adalah benda alami yang memiliki tekstur kasar, sehingga cocok untuk mengikis kerak membandel di kamar mandi.

Kamu cukup membasahi batu apung dan gosokkan pada area yang terkena kerak dengan gerakan melingkar. Teruslah menggosok hingga kerak hilang dan permukaan kamar mandi hingga kinclong. Jangan lupa, bilas dengan air bersih setelah selesai.

Nah, itulah beberapa cara membersihkan kerak kamar mandi dengan berbagai bantuan pembersih. Tinggal pilih aja mana yang menurutkamu memang benar-benar ampuh. So, selamat mencoba ya Diazens!

Beri Komentar