Yuk Kenali Kumpulan Jenis Tanaman Obat Keluarga dan Manfaatnya yang Lengkap

Reporter : Arif Mashudi
Selasa, 21 September 2021 13:00
Yuk Kenali Kumpulan Jenis Tanaman Obat Keluarga dan Manfaatnya yang Lengkap
Umumnya, jenis tanaman ini banyak bagian mulai daun, batang, buah, akar, atau bijinya bisa dimanfaatkan sebagai bahan dari obat-obatan herbal.

Jauh sebelum dunia medis maju seperti sekarang, dulu satu-satunya obat yang digunakan adalah onat herbal. Lebih-lebih masyarakat Indonesia, banyak sekali ragamnya yang bisa digunakan sebagai obat, termasuk kumpulan jenis tanaman obat keluarga.

Jenis tanaman obat adalah tanaman yang dimanfaatkan dengan tujuan pengobatan. Umumnya, jenis tanaman ini banyak bagian mulai daun, batang, buah, akar, atau bijinya bisa dimanfaatkan sebagai bahan dari obat herbal.

Lantas apa saja jenis tanaman obat yang memungkinkan untuk kamu tanam di lingkungan rumah kamu? Berikut Diadona telah merangkum hal tersebut dari berbagai sumber. Yuk simak uaraiannya di bawah ini.

1 dari 6 halaman

1. Kunyit

Ilustrasi Kunyit © Diadona

Jenis tanaman obat keluarga yang pertama adalah kunyit. Selain banyak digunakan untuk bahan pengobatan herbal, kunyit juga digunakan sebagai rempah masakan dan juga jamu.

Kunyit ini memiliki banyak manfaat kesehatam nagi tubuh kkamu loh. Zat kurkumin yang terkandung di dalamnya mampu bekerja sebagai antiradang dan antioksidan, menjaga kesehatan sistem pencernaan, menurunkan kolesterol, menurunkan kadar gula darah, mengurangi risiko penyakit jantung, hingga membantu mencegah kanker.

2. Jahe

Ilustrasi Wedang Jahe © Diadona

Jenis tanaman obat yang kedua adalah jahe. Ya mungkin kamu sudah sangat pahamlah ya dengan mandaat yang dimiliki oleh jahe ini. Dan, betul saja, jahe memang memiliki cukup banyak manfaat buat tubuh.

Beberapa gejala atau gangguan seperti gangguan pencernaan, seperti sakit perut dan mual-muntah, pusing akibat vertigo, sakit kepala, meringankan nyeri haid, hingga meredakan nyeri sendi, seperti rematik dan osteoarthritis.

2 dari 6 halaman

3. Kencur

jahe © Diadona

Jenis tanaman obat yang selanjutnya adalah kencur. Kencur ini juga merupakan rempah yang banyak sekali digunakan untuk keperluan obat. Oh iya, kencur ini ternyata masih memiliki hubungan dengan jahe.

Beberapa manfaat yang dimiliki oleh kencur adalah sebagai penambah nafsu makan dan penambah stamina tubuh, memperlancar haid bagi wanita. Juga, kencur mampu mengatasi gangguan kesehatan, seperti flu, masuk angin, diare, batuk, sakit kepala, dan radang lambung.

4. Temulawak

Jenis Tanaman Obat © Diadona

Hampir mirip seperti kunyit, jenis tanaman obat temulawak ini sama-sama bergenus Curcuma. Tapi tetap ada bedanya kok. Secara detail, temulawak mempunyai warna kuning pudar tidak seperti kunyit yang berwarna oranye pekat. Kemudian, rasa temulawak lebih pahit daripada kunir.

Temulawak ini banyak dimanfaatkan untuk mengatasi gangguan pencernaan, seperti irritable bowel syndrome (IBS), perut kembung setelah makan, dan gangguan lambung. Temulawak juga seringkali dipakai sebagai penambah nafsu makan.

Tapi, tak jarang, temulawak juga digunakan sebagai sebagai obat anti peradangan dan penyembuhan luka, karena kandungan temulawak merupakan pati, protein, selulosa, mineral dan kurkuminoid (zat pemberi warna kuning pada temulawak dan kunyit).

3 dari 6 halaman

5. Lengkuas

Jenis Tanaman Obat © Diadona

Lengkuas atau laos ini juga merupakan jenis tanaman obat yang banyak digunakan sebagai obat-obatan herbal. Lengkuas atau laos ini banyak digunakan sebagai sebagai antioksidan, mengurangi nyeri dan peradangan, melawan infeksi, meningkatkan kesuburan pria, serta berpotensi sebagai antikanker.

Kandunagn zat yang dimiliki lengkuas ini juga cukup kompleks. Yakni, galangin, beta-sitosterol, dan flavonoid. Bahkan, juga terdapat beberapa vitamin seperti vitamin A, vitamin C, zat besi, serat, dan karbohidrat. yang baik untuk tubuh kamu

6. Lidah Buaya

Ilustrasi Lidah Buaya © Diadona

Lidah Buaya atau Aloe Vera adalah jenis tanaman obat pasti sudah sering banget kita dengar. Tapi, mungkin, selama ini yang kita tahu adalah lidah buaya ini hanya bisa digunakan untuk keperluan kecantikan seperti untuk masker rambut tanpa tahu jika tumbuhan ini memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Beberapa manfaat yang dimiliki oleh lidah buaya adalah mampu mempercepat penyembuhan luka, mengibati sembelit, dan bahkan mampu menurunkan asam lambung. Tapi aloe vera atau lidah buaya ini tidak disarankanm untuk dikonsumsi oleh ibu hamil atau menyusui dan juga anak-anak yang berusia di bawah 12 tahun.

4 dari 6 halaman

7. Daun Sirih

Jenis Tanaman Obat © Diadona

Kemudian, jenis tanaman obta yang sangat banyak memiliki manfaat adalah daun sirih. Bahkan, sejak zaman dahulu, daun sirih ini memang dipercaya mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan. Hal ini dikarenakan daun sirih ini mengandung yodium, kalium, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, dan asam nikotinat.

Beberapa manfaat daun sirih ini adntara lain adalah mampu bekerja sebagai antidiabetes, antikanker, antibakteri, antimalaria, antiasma, menurunkan kadar kolesterol, menyembuhkan luka, menjaga kesehatan mulut, hingga mengobati tukak lambung.

8. Jeruk Nipis

Jenis Tanaman Obat © Diadona

Jenis tanaman obat yang selanjutnya adalah jeruk purut. Seperti halnya jeruk pada umumnya, jeruk nipis ini memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang cukup baik buat kesehatan tubuh kita.

Sering dinikmati dengan cara diperas airnya, jaruk nipis ini memiliki banyak khasiat seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi risiko faktor penyakit jantung, mencegah batu ginjal, membantu penyerapan zat besi, dan meningkatkan kesehatan kulit.

5 dari 6 halaman

9. Daun Kemangi

Ilustrasi Kemangi © Diadona

Nggak hanya seabagi penghias di dalam menu lalapan, ternyata daun kemangi ini juga jenis tanaman obat loh. Ternyata kemangi ini banyak memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh loh. Daun kemangi paling sering digunakan untuk mengatasiperut kembung, meningkatkan nafsu makan, hingga mengobati luka goresan pada kulit.

10. Serai

Ilustrasi Serai © Diadona

Terakhir ada serai atau sereh. Ternyata selain digunakan untuk bahan rempah masakan, batang serai juga termasuk jenis tanaman obat yang punya banyak manfaat kesehatan loh.

Batang sereh ini adalah solusi buat kamu yang sering banget mengalami susah tidur. Jadi, kamu cukup menyeduh batang serai dan meminumnya sehingga dapat menenangkan otot dan saraf sehingga tidur lebih berkualitas.

Jadi itulah beberapa kumpulan jenis tanaman obat yang bisa kamu manfaatkan untuk kepentingan kesehatan tubuh. Namun tetap harus sesuai ukuran loh ya. Karena jika berlebihan hanya akan menimbulkan efek buruk hehe.

Beri Komentar