12 Manfaat Kunyit Putih untuk Kanker, Kecantikan Wajah, dan Kesehatan

Reporter : Sofi
Selasa, 28 Januari 2020 13:25
12 Manfaat Kunyit Putih untuk Kanker, Kecantikan Wajah, dan Kesehatan
Sudah pernah dengar tentang kunyit putih? Berikut adalah manfaat kunyit putih yang mengesankan.

Kunyit putih merupakan jenis tanaman yang sering digunakan sebagai obat. Semua bagian pada kunyit putih ini bisa dimanfaatkan, mulai dari akar, minyak serta daunnya. Tanaman asli Indonesia dan India ini telah banyak dibudidayakan di berbagai negara lainnya.

Jenis kunyit ini memiliki daging yang lebih lunak dan rasanya sangat mirip dengan jahe, meski meninggalkan jejak rasa pahit di akhir. Nutrisi dan zat antioksidan pada kunyit putih disinyalir sangat baik untuk kesehatan serta kecantikan wajah maupun kulit. Meskipun masih terbilang jarang ditemukan dengan keadaan segar, kunyit putih bisa kamu temukan dalam keadaan bubuk. Berikut adalah manfaat kunyit putih yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Manfaat Kunyit Putih untuk Kanker

Ilustrasi Wanita Sakit © Diadona

Hanya sedikit yang menyadari jika kunyit putih bisa untuk obat kanker payudara. Manfaat kunyit putih dapat mengurangi resiko penjalaran sel kanker. Pemanfaatan Kunyit putih dapat disajikan dalam bentuk teh.

Dilansir dari fimela.com yang melansir ulang dari sebuah laman speedyremedies.com teh kunyit putih mengandung antioksidan yang mengurangi risiko penyakit jantung. Ini mengurangi kolesterol dan mengatur tekanan darah. Manfaat kunyit putih memiliki kualitas antikanker karena termasuk senyawa yang disebut crocin yang menghambat pertumbuhan sel kanker manusia.

Selain itu, minyak kunyit dan ekstrak membantu menurunkan berat badan karena membantu dalam pembakaran karbohidrat dan mencegah kamu dari makan berlebihan. Ini memberikan bantuan dari masalah haid seperti sindrom pramenstruasi (PMS) juga. Dalam hal gizi, kunyit kaya protein, zat besi, kalsium, magnesium, kalium, tembaga, seng, selenium, vitamin A, vitamin C, dan vitamin B, terutama riboflavin.

Untuk mempersiapkan obat alami ini, kamu perlu merebus satu sendok teh kunyit dalam seperempat cangkir air sampai mengurangi sampai hampir satu sendok makan. Namun kamu perlu diperhatikan bahwa untuk individu yang menderita penyakit ginjal dan gangguan bipolar harus menggunakan ramuan ini dengan hati-hati. Di samping itu, meskipun manfaat kunyit putih dalam meningkatkan kesehatan, tidak dianggap aman bagi ibu hamil dan menyusui.

2 dari 4 halaman

Manfaat Kunyit Putih untuk Kecantikan

Ilustrasi Wanita Cantik © Diadona

Manfaat kunyit putih ini juga digunakan untuk kecantikan. Salah satunya adalah untuk mengurangi ketombe. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah manfaat kunyit putih untuk kecantikan.

Memberikan kesegaran

Manfaat kunyit putih murni dalam bentuk bubuk yang digunakan sebagai masker bisa membantumu memiliki kulit wajah lebih segar dan cerah. Untuk kulit berminyak, terapkan bubuk kunyit putih sebagai masker bersama air mawar. Campur juga bubuk kunyit putih bersama susu dan yogurt untuk masker yang lebih dingin dan nyaman saat digunakan.

Mengobati jerawat

Manfaat kunyit putih dikatakan sebagai rempah yang baik sebagai antioksidan dan penghilang jerawat. Jika kamu memiliki masalah dengan jerawat membandel, cobalah untuk melakukan perawatan alami di rumah menggunakan kunyit putih. Gunakan masker bubuk kunyit putih sebelum mandi dan diamkan kira-kira 15 menit. Lakukan hal ini secara teratur 2 sampai 3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil terbaik.

Membasmi ketombe

Rambut adalah elemen penunjang kecantikan yang perlu mendapat perhatian. Salah satu masalah yang sering muncul pada rambut adalah ketombe. Manfaat kunyit putih diperkaya dengan kandungan minyak atsiri, dipercaya ampuh mengatasi membasmi ketombe dan juga masalah rambut lainnya seperti rambut rontok, dan berminyak.

Basahi rambut kemudian taburkan bubuk kunyit putih secara merata dan pijat agar bubuk kunyit benar-benar meresap. Diamkan 15 menit kemudian bilas dengan air bersih.

3 dari 4 halaman

Manfaat Kunyit Putih untuk Wajah

Ilustrasi Wanita Cantik © Diadona

Kunyit putih juga bisa bermanfaat bagi wajah kamu agar terlihat selalu sehat dan cantik. Berikut adalah manfaat kunyit putih untuk wajah.

Mencerahkan wajah

Kandungan nutrisi dan vitamin serta pati kunyit putih disinyalir sangat baik untuk membantu kulit wajah menjadi lebih cerah dan sehat. Gunakan masker kunyit putih secara teratur dan rutin 1 sampai 2 kali dalam seminggu. Pastikan untuk menggunakan bubuk kunyit alami untuk hasil kulit wajah cerah maksimal.

Mengangkat sel kulit mati

Tekstur dan kandungan yang dimiliki oleh kunyit putih dipercaya efektif untuk eksofiliasi, yaitu pengangkatan sel kulit mati. Penggunaan kunyit putih sebagai scrub untuk perawatan kulit ini terbilang aman dan tanpa efek samping. Sel kulit mati yang terangkat akan membuat muka terlihat lebih cerah dan terawat.

Menghilangkan flek hitam bekas jerawat

Manfaat kunyit putih untuk wajah adalah sebagai bahan alami untuk menghilangkan flek hitam bekas jerawat. Masalah flek hitam bekas jerawat pasti seringkali mengganggu penampilan kamu. Campur 2 sendok teh kunyit bubuk, susu atau perasan air lemon, kemudian campur merata hingga menjadi tekstur pasta. Aplikasikan pada wajah dan biarkan selama 10-15 menit, kemudian bersihkan wajah kamu.

Mengatasi masalah kulit berminyak

Manfaat kunyit putih jika digunakan sebagai masker adalah untuk mengatasi masalah kulit berminyak. Kamu bisa membuat masker kunyit sendiri juga loh! Dengan campurkan 2 sendok makan bubuk kunyit, dan 3 sendok makan air lemon. Kemudian aplikasikan pada wajah sebagai masker selama 15 menit, dan bersihkan dengan air hangat setelahnya.

4 dari 4 halaman

Manfaat Kunyit Putih untuk Kesehatan

Ilustrasi Wanita Cantik © Diadona

Tentu manfaat kunyit putih juga digunakan untuk kesehatan. Berikut adalah manfaat kunyit putih untuk kesehatan yang harus kamu tahu.

Menjaga kesehatan pencernaan

Manfaat kunyit putih untuk kesehatan yang pertama adalah dapat menjaga kesehatan pencernaan. Bahkan manfaat kunyit putih ini sudah diketahui selama ribuan tahun di mana kunyit putih dijadikan sebagai obat untuk masalah pencernaan. Minyak esensial kunyit putih ini memiliki manfaat dalam pengobatan cacingan, perut kembung, kolik, kejang otot, penurunan nafsu makan, lidah terasa pahit, serta jarang buang air besar. Apalagi kunyit putih merupakan bantuan alami untuk mencegah radang usus karena stres.

Antimikroba dan antijamur

Manfaat kunyit putih selanjutnya adalah sebagai antimikroba dan antijamur yang ampuh. Bahkan telah ada penelitian yang membuktikan bahwa ekstrak kunyit putih dapat melawan berbagai bakteri sumber penyakit. Bakteri seperti E. coli yang menyebabkan berbagai masalah pencernaan seperti diare dan keracunan makanan serta Staphylococcus aureus yang menyebabkan bisul, impetigo, selulitis, sepsis, dan osteomielitis.

Selain itu, manfaat kunyit putih juga bisa melawan infeksi jamur Aspergillus dan Candida. Kamu juga bisa menggunakan kunyit putih sebagi obat kumur yang ampuh mengurangi bakteri jahat di mulut.

Anti peradangan

Manfaat kunyit putih lainnya adalah sebagai antiperadangan. Hal ini terkait dengan kandungan diuretiknya. Oleh karena itu, rempah ini dipercaya mampu mengatasi nyeri sendi akibat rematik dan arthritis. Sifat diuretik kunyit putih mendukung penghapusan zat beracun tubuh dan cairan berlebih, terutama pada persendian.

Jika tidak ada detoksifikasi, hal itu bisa menyebabkan peradangan dan nyeri pada kasus artritis dan rematik. Bahkan kunyit putih juga bisa menjadi penawar racun gigitan ular karena ekstraknya bekerja menghambat aktivitas bisa ular.

Penghilang rasa sakit

Sifat analgesik yang lebih baik daripada aspirin membuat kunyit putih juga bermanfaat dalam membantu menghilangkan rasa sakit. Karena mengandung senyawa alami rempah asli Indonesia ini digunakan sejak zaman nenek moyang kita untuk mengobati penyakit radang usus (ulcerative colitis). Bahkan dalam terapi jangka pendek untuk melindungi paru-paru pasien asma, manfaat kunyit putih berperan sebagai penekan peradangan pada bronkus yang dapat menyebabkan penyempitan saluran udara.

Bagaimana menurutmu? Apakah kamu tertarik untuk memanfaatkan kandungan yang dimiliki kunyit putih ini? Semoga bermanfaat!

Beri Komentar