14 Manfaat Jahe Merah dan Madu untuk Pria dan Kesehatan

Reporter : Sofi
Senin, 27 Januari 2020 12:50
14 Manfaat Jahe Merah dan Madu untuk Pria dan Kesehatan
Manfaat jahe merah salah satunya bisa mengobati asam urat. Berikut adalah manfaat jahe merah lebih lengkapnya.

Mungkin kamu sudah tidak asing dengan jahe. Rasa pedas dan mengahngatkan tubuh merupakan rasa jahe yang khas. Namun, tahukah kamu jahe merah berbeda dengan jahe biasanya? Jahe biasanya digunakan sebagai bumbu masak. Tapi, jahe merah umum digunakan sebagai minuman penghangat tubuh.

Jahe merah memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Jenis jahe ini mampu menghangatkan tubuh dan sangat baik untuk dikonsumsi secara teratur. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah manfaat jahe merah yang mengesankan.

1 dari 3 halaman

Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan

ilustrasi wanita meminum teh © Diadona

Sudah menjadi rahasia umum jika jahe merah digunakan untuk kesehatan. Berikut adalah manfaat jahe merah untuk kesehatan.

Mengatasi masalah pencernaan

Manfaat jahe merah yang pertama adalah mengatasi masalah pencernaan. Manfaat jahe merah punya peran penting jadi penawar masalah pencernaan. Sudah sejak zaman dulu ramuan ini dipercaya efektif melindungi sistem pencernaan dari bakteri jahat.

Agen antibakteri yang ada dalam jahe seperti Escherichia coli, Salmonella enteriditis, dan Staphylococcus aureus akan bekerja penuh, sistem pencernaan jadi dapat bekerja dengan baik lagi. Cara penggunaannya cukup mudah, kamu hanya perlu menyeduh jahe hangat di kala perutmu merasa bermasalah.

Meredakan flu

Di saat ramuan jahe merah dapat menghangatkan tubuh, kandungan di dalamnya juga sekaligus bisa mengobati sakit kepala. Sebab manfaat jahe merah mengandung campuran kamfena, rasa pedas, dan efek hangat, sehingga ampuh sebagai penawar sakit kepala. Hangatnya jahe merah bisa juga sebagai penawar gejala flu ringan. Cukup dengan menyeduh jahe merah, tuangi madu secukupnya, minum dan rasakan efeknya.

Menjaga kesehatan jantung

Kadar kolesterol jahat tinggi bisa menyebabkan risiko lebih besar terkena stroke jantung dan penyakit kardiovaskular. Manfaat jahe merah dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan juga trigliserida dalam darah, sehingga mengurangi risiko masalah jantung. Manfaat jahe dikenal juga punya kemampuan antipembekuan darah.

Caranya ambil 1 sendok makan irisan jahe dan masukkan ke dalam dua cangkir air mendidih selama sepuluh menit. Tuangkan ke gelas, beri beberapa tetes madu. Minumlah setidaknya 2 atau 3 kali sehari.

Menurunkan diabetes

Manfaat jahe merah selanjutnya adalah untuk menurunkan diabetes. Gingerol, senyawa kuat yang terkandung dalam jahe, dianggap sebagai obat alami dalam mencegah diabetes. Dengan cara meningkatkan stimulan insulin.

Caranya ambil 1 sendok makan irisan jahe dan masukkan ke dalam dua cangkir air mendidih selama sepuluh menit. Tuangkan ke gelas, beri beberapa tetes madu alami atau pengganti bebas gula. Minumlah 2 hingga 3 kali sehari.

Membantu mencegah kanker

Manfaat jahe merah berikutnya adalah untu membantu mencegah kanker. Kanker adalah penyakit yang sangat serius yang ditandai dengan pertumbuhan sel-sel abnormal yang tidak terkontrol. Ekstrak jahe telah dianggap sebagai pengobatan alternatif untuk beberapa bentuk kanker, terutama kanker ovarium.

Ini efektif dalam meniadakan sel kanker, yang lebih baik daripada obat kemoterapi. Sifat antikanker dikaitkan dengan 6-gingerol, suatu zat yang sebagian besar ditemukan dalam jumlah besar jahe mentah. Mengonsumsi jahe juga membantu mengurangi peradangan usus besar dan usus, sehingga menurunkan risiko kanker usus besar. Konsumsi jahe merah mentah langsung dengan cara potong jahe segar menjadi kecil dan taburkan garam di atasnya. Kunyah secara perlahan.

Mengobati asam urat

Jahe memiliki khasiat tinggi dalam mengatasi beberapa jenis penyakit. Bahkan dipercaya sebagai salah satu obat alami yang mempu memberikan efek tenang. Bagi kamu yang menderita asam urat, manfaat jahe merah adalah pilihan yang tepat, dimana jahe mampu meringankan nyeri akibat penumpukan asam urat.

Untuk mendapatkan hasilnya, olah jahe merah jadi jus, seperti buah-buahan lain dengan ditambahkan air matang. Konsumsi olahan jahe merah ini setiap pagi untuk mengobati asam urat. Peradangan di sendi dan tumpukan asam urat akan berangsur pulih dan normal kembali.

Mengatasi nyeri sendi dan otot

Kandungan pedas jahe merah yang berasal dari gingerol sangat berguna untuk menghangatkan tubuh agar terasa lebih nyaman di musim hujan. Tak hanya berkasiat tinggi untuk menghangatkan tubuh, manfaat jahe merah juga berfungsi meredam nyeri otot dan sendi.

Penelitian dari American College of Rheumatology membutktikan kalau ekstrak jahe ini dapat mengurangi gejala nyeri otot, bahkan dibandingkan dengan obat antiinflamasi non steroid lainnya. Minumlah dengan teratur setiap harinya rebusan jahe merah bersama bahan lain seperti kumis kucing, daun komfrey, temulawak, atau cabai jawa.

2 dari 3 halaman

Manfaat Jahe Merah untuk Pria

Ilustrasi Pria © Diadona

Manfaat jahe merah berikutnya adalah dapat meningkatkan kesuburan pria. Hal ini berkaitan dengan kandungan minyak atsiri pada jahe merah yang memiliki efek afrodisiak. Sehingga berbagai gangguan reproduksi yang biasa dialami pria dapat teratasi.

Afrodisiak sendiri merupakan zat kimia yang digunakan merangsang daya seksual dengan cara meningkatkan serta melancarkan sirkulasi aliran darah dalam tubuh. Apabila sirkulasi darah meningkat, maka kemungkinan aliran darah di daerah lemin juga meningkat. Alhasil, pria pun memungkinkan untuk mengalami ereksi.

Selain itu, manfaat jahe merah juga memiliki kandungan antioksidan yang diyakini dapat meningkatkan jumlah hormone testosteron pada pria. Hal inilah yang menjadi faktor penting dalam meningkatkan kesuburan pria.

3 dari 3 halaman

Manfaat Jahe Merah dan Madu

Ilustrasi Wanita Tertawa © Diadona

Selain rasanya yang enak dan biasanya untuk menambah rasa diberbgaai olahan makanan, madu sangat bermanfaat untuk kesehatan. Berikut adalah manfaat jahe merah dan madu yang harus kamu ketahui.

Mencegah mual

Manfaat jahe merah dan madu dapat meredakan mual atau mabuk perjalanan. Sebaiknya minumlah segelas air jahe dan tambahan madu sebelum kamu melakukan perjalanan. Jahe mengurangi rasa mual dan menenangkan perut yang bergejolak.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa manfaat jahe merah dan senyawanya dapat meningkatkan daya tanggap pencernaan dan mempercepat pengosongan lambung untuk mengurangi mual. Selain itu jahe juga dapat meredakan mual bagi pasien penderita kanker dan meredakan mual pada ibu hamil.

Menurunkan risiko kanker

Dilansir dari Organic fact, penelitian menyatakan madu memiliki sifat antiinflamasi, antikanker dan antioksidan. Sedangkan jahe dikenal dengan antioksidannya.

Sementara itu, penelitian dari Sahdeo Prasad, Pusat Kanker Texas MD Anderson University menunjukkan bahwa penggunaan jahe efektif melawan kanker gastrointestinal seperti kanker lambung, kanker hati dan kanker pankreas. Mengonsumsi air rebusan jehe dan madu setiap hari dapat mengurangi dari risiko kanker.

Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Madu dan lemon ini sangat cocok untuk melawan penyakit. Bahan tersebut juga membantu kemampuan tubuh untuk mempertahannkan diri. Meminum secangkir air jahe dan madu ditambah dengan lemon setiap harinya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Lemon kaya akan vitamin C dan mampu mencegah serangan pilek, begitu juga dengan jahe yang menghangatkan serta madu melawan virus. Cukup siapkan 2 cm jahe kemudian memarkan, 3 irisan lemon dan 2 sendok makan madu. Rebus jahe hingga mendidih beri perasan lemon dan masukkan madu selagi hangat. Minumlah secara rutin tiap hari.

Penghilang rasa nyeri

Manfaat jahe merah dan madu dikenal sebagai penghilang rasa sakit secara alami. Meskipun jahe memiliki rasa kuat, jahe membantu menghilangkan rasa sakit dan pembengkakan. Jahe dapat menghalangi pembentukan senyawa peradangan prostaglandin dan leukotrien. Efek antioksidan dari jahe dapat memecah peradangan dan keasaman yang ada pada cairan di persendian.

Kamu bisa mengonsumsi kombinasi jahe dengan madu untuk mengatasi nyeri otot, nyeri sendi, dan pembengkakan. Caranya cukup siapkan satu rimpang jahe, cuci bersih dan parut. Kemudian siapkan dua gelas besar air. Masukkan parutan jahe dan rebus hingga mendidih. Angkat lalu saring dan tambahkan satu sendok makan madu.

Bermanfaat bagi jantung

Dilansir dari dabur.com, studi menunjukkan madu dan jahe baik untuk kesehatan jantung. Jahe terbukti sangat bermanfaat dalam mencegah pembekuan darah dan mengurangi kolesterol. Hal ini yang membantu melawan penyakit jantung atau pembuluh darah tersumbat.

Manfaat jahe merah dan madu yakni mampu meredakan ketegangan pembuluh darah, mengurangi tekanan darah, dan menurunkan kemungkinan aterosklerosois, serangan jantung, dan stroke.

Obat batuk dan pilek

Musim hujan seperti sekarang ini mambuat daya tubuh menjadi lemah dan mudah terserang batuk dan pilek. Meski flu dan batuk merupakan kondisi yang normal, jika tidak segera diobati akan menggangu aktivitas. Salah satu obat herbal alami yang bisa digunakan adalah jahe dan madu.

Caranya cukup mudah, minum air jahe madu hangat. Nutrisi dalam jahe mampu menghangatkan tubuh dan membunuh bakteri di tubuh penyebab flu. Madu yang mengandung antioksidan bisa jadi peningkat sistem kekebalan tubuh dan membuat tubuh semakin sehat.

Cara membuatnya, siapkan satu rimpang jahe kupas dan memarkan kemudian rebus bersama satu gelas air. Tunggu hingga jahe terlihat matang dan air mendidih, angkat. Masukkan 3 sendok makan madu ke air jahe lalu aduk hingga rata.

Gunakan manfaat jahe merah untuk menjaga kesehatanmu daripada harus mengobati. Semoga manfaat jahe merah di atas bermanfaat!

Beri Komentar