14 Manfaat Kencur untuk Kesehatan

Reporter : Sofi
Selasa, 28 Januari 2020 13:12
14 Manfaat Kencur untuk Kesehatan
Apakah kamu sering minum jamu beras kencur? Temukan manfaat yang kamu dapat jika mengonsumsi jamu tersebut berikut ini.

Kencur merupakan salah satu tanmana yang bisa kamu temukan di dapurmu dan tidak hanya untuk pelengkap bumbu, kencur juga bisa digunakan sebagai obat-obatan alami. Kencur atau kaempferia berasal dari India dan kini telah menyerbar ke berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia. Kencur juga merupakan salah satu jenis rempah-rempah.

Tanaman kencur hampir mirip dengan kunyit dan jahe. Tetapi ketiganya memiliki aroma dan manfaat yang berbeda. Di Indonesia, kencur, jahe, dan kunyit menjadi salah satu bahan jamu guna menjaga kesehatan tubuh. Berikut adalah manfaat kencur yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

1 dari 3 halaman

Manfaat Beras Kencur

Salah satu oalahan kecur yang biasa ditemui adalah beras kencur. Berikut adalah manfaat beras kencur yang harus kamu ketahui.

Meningkatkan fungsi otak

Manfaat beras kencur yang pertama adalah dapat membantu untuk meningkatkan fungsi otak. Dengan mengonsumsi beras kencur dapat membuat terjadinya peningkatan aktivitas serta daya konsentrasi seseorang. Hal ini karena beras kencur ternyata merupakan salah satu minuman sebagai tonikum.

Mengatasi peradangan

Beras kencur memiliki kandungan antibakteri dan antiinflamasi yang sangat tinggi. Untuk itulah salah satu manfaat beras kencur yaitu dapat mengatasi peradangan yang sedang terjadi pada seseorang. Tidak hanya itu saja, terdapat senyawa yang ada di dalam beras kencur dimana senyawa tersebut mmapu untuk mencegah lepasnya zat yang bisa merangsang radang.

Bagi kalian yang sedang terkena peradangan, kalian bisa mencoba untuk mengonsumsi ramuan beras kencur ini untuk mengatasinya. Selain dapat digunakan sebagai minuman, ramuan beras kencur juga bisa digunakan sebagai obat luar juga. Kalian hanya perlu untuk mengaplikasikan ramuan beras kencur ke area yang sakit dengan mengolesnya secara merata.

Mengatasi stres

Ilustrasi Wanita KarierIlustrasi Wanita Karier © 2019 https://www.diadona.id /livescience.com

Manfaat beras kencur selanjutnya adalah mampu untuk megatasi stress yang sedang dialaminya. Kandungan etil p-metoksisinamat yang terdapat di beras kencur dipercaya dapat mengatasi rasa stress yang dialami seseorang. Tidak hanya itu saja, kandungan etil cinnamate yang terdapat di dalam beras kencur juga mampu untuk mengatasi perasaan khawatir ataupun gelisah pada seseorang.

Berbagai macam perasaan yang tidak tenang pada seseorang bisa diatasi dengan mengonsumsi ramuan beras kencur. Beras kencur mampu untuk memberikan rasa tenang pada para konsumennya. Ditambah dengan adanya kedua kandungan tersebut membuat peminumnya akan merasakan perasaan yang lebih rileks.

2 dari 3 halaman

Manfaat Jamu Beras Kencur

Beras kencur merupakan minuman penyegar khas dari Indonesia. Khasiat yang terkandung di dalamnya juga sangat bermanfaat bagi tubuh. Berikut adalah manfaat jamu beras kencur.

Mengatasi flu

Ilustrasi Wanita SakitIlustrasi Wanita Sakit © 2019 https://www.diadona.id/trianglefamilycare.com

Manfaat jamu beras kencur yang pertama dapat menyembuhkan flu. Manfaat kencur ini dirasakan karena adanya efek hangat yang dihasilkan. Efek hangat dari kencur bisa menghilangkan rasa mual yang disebabkan oleh flu. Batuk juga bisa disembuhkan dengan mengonsumsi jamu beras kencur.

Sensasi hangat dari kencur bisa menetralkan batuk dan rasa pegal. Sakit kepala karena flu juga bisa diringankan dengan mengonsumsi jamu beras kencur ini. Bahan utama kencur digunakan sebagai obat untuk sakit kepala traumatis pada mereka yang menderita migran.

Mengobati infeksi

Terdapat penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Untuk meringankan kondisi penyakitnya, kamu bisa mengonsumsi jamu beras kencur. Manfaat jamu beras kencur ini didapatkan dari kandungan zat-zat di dalamnya yang bersifat antibakteri. Zat antibakteri ini bisa melawan infeksi atau berbagai penyakit akibat bakteri.

Menyembuhkan sariawan

Kencur sebagai bahan utama jamu ini mampu menyembuhkan masalah sariawan. Rasa hangat dan sifat antibakterinya dapat meringankan sariawan. Manfaat kencur lainnya bisa didapatkan dari kandungan minyak atsiri (borneol, kamfer, sineol, etilalkohol) sehingga dapat dimanfaatkan sebagai peluruh dahak atau pembersih tenggorokan dan masalah tenggorokan lainnya.

Mencegah kanker

Kencur mengandung etil p-metoksisinamat yang bersifat antikanker. Kandungan yang terdapat dalam jamu beras kencur ini dapat menghambat proliferasi sel karsinoma hati hepatoseluler. Hambatan pada proliferasi sel karsinoma hati hepatoseluler bisa mencegah terjadinya penyakit kanker.

3 dari 3 halaman

Manfaat Kencur untuk Kesehatan

ilustrasi wanita sehatilustrasi wanita sehat © hackensackmeridianhealth.org

Manfaat kencur ini dipercaya dapat menyembuhkan beberapa penyakit. Salah satunya adalah mengatasi diare. Cara mengonsumsi kencur ini juga beraneka ragam. Ada yang langsung memakannya, menjadikannya sebagai minuman, atau diolah bersama makanan lainnya. Berikut adalah manfaat kencur untuk kesehatan.

Obat cedera

Manfaat kencur dipercaya dapat mengatasi berbagai macam nyeri, termasuk cedera otot. Bahkan di Indonesia, kencur sejak zaman dulu digunakan sebagai obat nyeri pada bagian yang keseleo. Manfaat kencur sebagai obat anti nyeri lainnya juga dijadikan sebagai obat sakit gigi, nyeri sendi, nyeri dada, nyeri perut, hingga sakit kepala.

Kencur bisa dikonsumsi secara langsung atau pada kasus seperti nyeri sendi, ekstrak kencur bisa berupa minyak esensial yang bisa dijadikan minyak gosok atau pijat untuk meredakan nyeri.

Menambah nafsu makan

Manfaat kencur yang sudah terkenal yaitu dapat menambah nafsu makan. Untuk penambah nafsu makan biasanya dikonsumsi sebagai jamu beras kencur. Ramuan jamu ini merupakan campuran dari kencur, beras, gula merah, dan asam jawa.

Jamu beras kencur tidak mengenal usia, sehingga aman dikonsumsi anak-anak maupun orang dewasa. Bagi anak-anak, jamu beras kencur dapat menambah nafsu makan karena memiliki sifat carminative yang bisa menambah nafsu makan. Sedangkan pada orang dewasa, jamu ini bisa menjadi penambah stamina tubuh.

Mengatasi diare

Manfaat kencur dapat menjadi sebagai obat diare alami. Hal ini dikarenakan kencur memiliki kandungan zat antibakteri dan sitotoksik cukup tinggi. Selain mengatasi diare, tanaman herbal ini juga dipercara dapat mengurangi gejala nyeri perut lainnya, seperti maag.

Cara meracik kencur menjadi obat diare adalah dengan menumbuk kencur dan dua siung bawang merah hingga halus. Setelah itu, bungkus dengan daun pisang dan bakar sampai hangat. Tetapi ramuan ini tidak baik diminum, tetapi cukup dioleskan ke perut.

Menjaga kesehatan kulit

Manfaat kencur berikutnya adalah dapat mengobati penyakit kulit dan menjaga kesehatan kulit. Manfaat kencur ini tentunya bisa didapat karena sifat antiradang dan antibakteri yang dimiliki kencur. Tanaman kencur terbukti ampuh menyembuhkan luka luar, misalnya akibat jatuh.

Manfaat kencur juga bisa dijadikan sebagai perawatan wajah berjerawat. Selain itu, tumbuhan herbal ini dipercaya mampu untuk mengontrol minyak berlebih, menghaluskan, hingga mengencangkan kulit. Cara menggunakan manfaat kencur untuk kesehatan kulit sangatlah mudah. Kamu hanya perlu memarut kencur atau menghaluskannya, kemudian oleskan pada kulit layaknya masker atau lotion.

Mengobati flu dan batuk

Influenza atau flu dapat diobati dengan mengonsumsi kencur sebanyak dua kali sehari. Jika tidak sempat mencari jamu kencur atau memarutnya, Kamu bisa menggeprek kencur yang telah dibersihkan. Setelah itu rendam dengan air panas, dan minumlah apabila airnya sudah hangat kuku.

Selain itu, kencur juga dapat mengobati batuk ringan. Hal ini dikarenakan banyaknya nutrisi yang dikandung oleh kencur, termasuk antibakteri yang mampu membasmi virus atau kuman penyebab batuk dan pilek atau flu.

Segarkan tubuh

Manfaat kencur dengan mengonsumsinya setiap hari dapat menghilangkan rasa lelah dan sakit. Perasaan segar dan hangat dari ramuan kencur bisa menyegarkan tubuh yang lelah. Rasa segar dalam kencur mirip dengan yang ada di minuman jahe panas yang juga bisa menghangatkan tubuh.

Jangan ragu untuk mengkonsumsi ramuan ketika tubuhmu sakit dan lelah. Manfaat kencur juga mengandung analgesik yang dapat meringankan rasa sakit dan penyakit lainnya. Kencur juga mengandung ekstrak methanol sehingga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kekebalan tubuh bayi dan anak-anak.

Sembuhkan sariawan dan sakit tenggorokan

Manfaat kencur dapat menyembuhkan masalah sariawan. Kamu hanya perlu meneteskan air kencur pada permukaan bibir yang terdapat sariawan. Rasa hangat dan sifat antibakterinya dapat meringankan sariawan.

Tanaman kencur memiliki kandungan minyak atsiri (borneol, kamfer, sineol, etilalkohol) sehingga dapat dimanfaatkan sebagai peluruh dahak atau pembersih tenggorokan, menghilangkan lendir yang menyumpat hidung, sekaligus untuk menghangatkan badan.

Bagaimana menurutmu tetang manfaat kencur tersebut? Apakah kamu semakin senang untuk mengonsumsi kencur ini? Semoga bermanfaat!

Beri Komentar