18 Manfaat Daun Binahong Merah untuk Kecantikan Wajah dan Kesehatan

Reporter : Sofi
Senin, 27 Januari 2020 11:52
18 Manfaat Daun Binahong Merah untuk Kecantikan Wajah dan Kesehatan
Sudah pernah mendengar atau mengetahui tanaman binahong? Berikut adalah manfaat daun binahong yang harus kamu ketahui.

Indonesia adalah salah satu negara yang beruntung karena ditumbuhi oleh binahong. Tumbuhan binahong yang bisa dimanfaatkan semua bagian tumbuhannya ini tidak bisa tumbuh di sembarang tempat. Selain Indonesia, binahong juga hanya bisa tumbuh di Korea Selatan, China, dan Madagaskar.

Di Korean Selatan dan China, daun binahong banyak diolah menjadi bahan obat-obatan tradisional. Daun binahong merupakan sumber zat besi, kalsium, vitamin C, serta vitamin A. Daun yang memiliki nama latin Bassela Rubra Linn ini juga mengandung protein tinggi, fosfor, kalium, lutein, dan beta karoten yang baik bagi kesehatan tubuh. Berikut adalah manfaat daun binahong yang sudah di rangkum dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Manfaat Daun Binahong Merah

Daun binahong merupakan tumbuhan merambat yang biasa dimanfaatkan sebagai tumbuhan obat-obatan. Berikut adalah manfaat daun binahong merah yang harus kamu ketahui.

Mengatasi masalah ginjal

Manfaat daun binahong yang pertama ini dapat mengatasi masalah ginjal. Organ ginjal sangat penting dalam proses eksresi tubuh, dan apabila organ ini mengalami masalah, maka akan menyebabkan masalah kesehatan yang cukup serius. Caranya cukup dengan merebus 10-15 daun binahong dan mengonsumsi air rebusannya, maka masalah pada ginjal akan teratasi.

Mengatasi penyakit paru-paru

Dengan merebus 10 lembar daun binahong, kita bisa manggunakan manfaat daun binahong yaitu mengatasi masalah paru-paru. Manfaat daun binahong ini dapat diperoleh karena daun binahong mengandung kandungan nutrisi yang baik untuk menjaga sistem pernapasan tubuh.

Mengatasi masalah otak

Ilustrasi CT Scan Otak © Diadona

Ada begitu banyak masalah otak dan penyebabnya. Tidak semua jenis penyakit otak bisa diatasi dengan daun binahong. Masalah otak yang disebabkan oleh benturan keras, menjadi salah satu masalah otak yang bisa diatasi dengan menggunakan manfaat daun binahong. Caranya dengan merebus daun binahong dan mengonsumsinya secara rutin.

Mengatasi disentri

Disentri merupakan salah satu penyakit yang menyerang sistem pencernaan manusia, dan harus segera diatasi untuk mencegah kondisi yang semakin memburuk. Kita bisa memanfaatkan daun binahong dengan merebusnya dan mengonsumsi air rebusannya.

Meningkatkan nafsu makan

Manfaat daun binahong yang satu ini mungkin baik untuk anak-anak yang susah makan, atau mengalami masalah nafsu makan. Dengan mengonsumsi air rebusan daun binahong secara rutin, akan memberikan efek yang baik bagi anak yang susah makan.

Mengatasi luka luar

Manfaat daun binahong mengandung atsiril dan asam arkobat yang baik untuk mengatasi luka luar. Caranya, cukup dengan menghaluskan daun binahong dan membalutkannya ke luka. Lalu membungkus luka tersebut dengan menggunakan perban.

Baik untuk mata minus

Ilustrasi Wanita Cantik © Diadona

Jika kamu mempunyai mata rabun sebaiknya menggunakan manfaat daun binahong untuk mengatasi masalah tersebut. Mata minus bisa diakibatkan oleh radiasi dan radikal bebas sehari-hari yang bisa merusak retina mata, juga dapat menyebabkan kerabunan jarak dekat hingga kebutaan. Namun, kamu bisa mencegahnya dengan daun binahong. Tanaman ini mengandung antioksidan seperti vitamin A, vitamin C, betakaroten, zeaxanthin dan lutein memberikan perlindungan ekstra dari radikal bebas.

2 dari 4 halaman

Manfaat Daun Binahong untuk Wajah

Ilustrasi Wajah Cantik © Diadona

Tidak banyak yang tahu jika tanaman binahong ini juga bisa untuk wajah kamu. Jika kamu memiliki masalah jerawat mungkin bisa mencoba menggunakan tanaman obat ini, tanpa harus mengeluarkan banyak uang untuk melakukan perawatan berbahan kimia. Cara menggunakannya, ambilah 5 daun binahong atau lebih dan tumbuk hingga hancur.

Langsung oleskan pada wajahmu secara teratur. Ada baiknya jika kamu mengoleskan saat malam hari sebelum tidur. Ulangi sampai wajah terlihat halus. Nah, jika ingin hasil yang lebih maksimal minumlah 5-6 lembar air daun binahong ya. Cukup satu gelas saja dan tambahkan madu agar terasa lebih enak.

3 dari 4 halaman

Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan

Ilustrasi Wanita Tertawa © Diadona

Manfaat daun binahong ini juga biasa digunakan untuk kesehatan. Berikut adalah manfaat daun binahong untuk kesehatan.

Mengatasi masalah sakit perut

Ada banyak faktor yang menyebabkan sakit perut, seperti pola makan yang tidak teratur dan konsumsi makanan yang kurang sehat. Apabila mengalami masalah perut dan tidak ingin mengonsumsi obat, daun binahong bisa jadi solusi. Kandungan yang terdapat dalam daun binahong mampu menenangkan masalah yang terjadi di perut.

Meningkatkan tekanan darah rendah

Bagi penderita tekanan darah rendah, manfaat daun binahong mungkin bisa dijadikan alternatif untuk meningkatkan tekanan darah supaya menjadi normal. Manfaat daun binahong ini bisa diperoleh karena kandungan mineralnya tinggi.

Mengatasi masalah menstruasi

Untuk kaum perempuan, daun binahong memiliki manfaat yang sangat penting, yaitu membantu mengatasi berbagai masalah menstruasi, seperti rasa nyeri dan pegal saat menstruasi. Caranya dengan merebus daun binahong dan mengonsumsi air rebusannya.

Meningkatkan energi

Ketika merasa kelelahan, tubuh butuh energi untuk mengembalikan kondisi tubuh yang bugar. Energi untuk tubuh bisa diperoleh dari berbagai jenis makanan, salah satunya daun binahong. Dengan meminum air rebusan binahong, maka energi tubuh akan terasa seperti terisi kembali.

Meningkatkan vitalitas

Dengan energi yang kembali terisi, maka vitalitas juga akan meningkat. Selain itu, dengan mengonsumsi air rebusan daun binahong juga dapat mengatasi masalah vitalitas.

Menjaga kesehatan jantung

Meminum rebusan air daun binahong ternyata memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Khasiat ini dikarenakan adanya senyawa antioksidan dan serat penting untuk kesehatan kardiovaskular. Daun ini berperan efektif untuk melindungi kerusakan otot jantung, kerusakan areteri, dan kerusakan saraf akibat radikal bebas. Selain itu, serat daun binahong juga mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL), sehingga dapat melancarkan aliran darah ke jantung.

Cegah penyakit kanker

Manfaat daun binahong untuk kesehatan yang pertama adalah mencegah penyakit kanker. Kondisi itu biasanya diakibatkan radikal bebas yang merusak sel-sel sehat dan menjadikan sel kanker.

Daun binahong merupakan sumber antioksidan pigmen karotenoid esensial seperti betakaroten, zeaxanthin, dan lutein. Kandungan itu berperan penting untuk memerangi sel kanker berbahaya. Selain itu, kandungan vitamin A dan flavonoid dalam daun binahong juga bermanfaat untuk melindungi paru-paru dari pertumbuhan sel kanker.

4 dari 4 halaman

Manfaat Daun Binahong untuk Kecantikan

Ilustrasi Wanita Cantik © Diadona

Manfaat daun binahong ini juga bisa digunakan untuk kecantikan, lho! Berikut adalah manfaat daun binahong untuk kecantikan.

Perawatan kulit

Manfaat daun binahong juga untuk merawat kulit, membuatnya menjadi lebih lembut, tampak lebih muda dan bercahaya. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidannya yang tinggi. Kita bisa menggunakan daun binahong sebagai masker wajah atau mengonsumsi air rebusannya secara rutin.

Mencegah dari radikal bebas

Kandungan antioksidan yang terdapat di daun binahong sangat baik untuk menangkal radikal bebas dan mengatasi kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Terutama masalah kulit yang terpapar sinar matahari yang berlebih. Dengan mengonsumsi air rebusan daun binahong, dipercaya mampu mengangkat sel kulit mati dan membasmi bakteri jahat yang disebabkan oleh radikal bebas. Sehingga kulit tampak lebih sehat dan bersinar.

Apakah kamu sudah tidak asing lagi dengan daun binahong ini? Rawatlah dan jagalah dirimu dengan menggunakan manfaat daun binahong ini.

Beri Komentar