Wah Ternyata Warna Bola Mata Bisa Berubah, Gimana Ya Caranya?

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Sabtu, 12 Desember 2020 09:25
Wah Ternyata Warna Bola Mata Bisa Berubah, Gimana Ya Caranya?
Tak selalu sama, ini beberapa hal yang bisa mengubah warna mata..

Mata merupakan salah satu panca indera yang penting dalam berinteraksi sosial. Nggak jarang mata seseorang bikin kita salah fokus saat sedang berbicara.

Mata atau lebih tepatnya bola mata sendiri terdiri dari berbagai macam warna, mulai dari biru, abu-abu hingga hijau. Namun bagi orang Asia, bola mata memang cenderung berwarna hitam atau cokelat ya, guys.

Tapi kamu tau nggak sih kalau warna bola mata bisa berubah?

Dilansir dari Allaboutvision.com menjelaskan jika bayi kaukasia non-hispanik memiliki bola mata biru yang selanjutnya akan menggelap pada tiga tahun pertama usianya.

1 dari 3 halaman

Perasaan atau Mood

Ilustrasi Perempuan Jatuh Cinta © Diadona

Iris mata merupakan otot yang dapat berkontraksi untuk mengontrol ukuran dari pupil, karena itu buka tidak mungkin jika warnya dapat berubah karena pigmen warna yang tekompresi atau menyebar.

Cahaya hingga kondisi kamu konsentrasi kepada suatu objek dapat mengubah warna mata. Bahkan, emosi yang sedang dirasakan juga dapat mempengaruhi warna mata lho. Misalnya saja ketika kamu sedang marah dibanding sedang jatuh cinta. Perhatikan deh!

2 dari 3 halaman

Usia

Ilustrasi Mata Keriput © Diadona

Hal ini sering terjadi pada orang-orang Kaukasia. Warna matanya yang umumnya terang perlahan-lahan menggelap karena pengaruh sinar matahari, dari yang cokelat menjadi merah tua. Dikatakan jika warna terang lebih tidak tahan terhadap sinar matahari dan untuk itu tubuh menebalkan pigmen, menjadikannya lebih berwarna gelap.

3 dari 3 halaman

Tanda Penyakit

Ilustrasi Mata Panda © Diadona

Ternyata perubahan warna mata yang cukup drastis dapat menjadi pertanda adanya penyakit seperti sindrom Horner atau glaukoma pigmen. Jika hal ini terjadi, segera periksakan ke dokter ya, guys. Keep Healthy!

Beri Komentar