Baru Selesai Makan Langsung BAB, Normal Gak Sih?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Kamis, 10 Desember 2020 08:27
Baru Selesai Makan Langsung BAB, Normal Gak Sih?
Kadang merasa sia-sia aja gitu makan...

BAB adalah salah satu kondisi tubuh yang patut disyukuri, bukan? Habis BAB, kayaknya lega aja gitu. Kayak 'sampah' di perut akhirnya terbuang juga.

Tapi, pernah nggak sih, kamu habis makan nih, langsung kebelet untuk BAB. Sempat kepikiran juga pasti, sia-sia dong makan kalau ujung-ujungnya langsung dibuang!

Kira-kira kalau habis makan langsung BAB, itu normal gak yaa?

 

1 dari 4 halaman

Normal Saja

Ilustrasi BAB © Diadona

Habis makan langsung BAB? Tenang, melansir dari Hello Sehat, makan setelah BAB itu masih tergolong biasa saja kok. Sebab kamu nggak tahu kan, kemungkinan besar 'sampah' yang kamu keluarkan itu adalah makanan dan minuman yang kamu makan beberapa jam lalu, bukan makanan yang baru saja kamu makan. Pokoknya, kalau masih BAB 1-2 kali dalam sehari, ya itu masih tergolong normal.

2 dari 4 halaman

Makanan Butuh Proses Cerna

Makanan yang kita makan itu butuh waktu untuk dicerna, hingga akhirnya setelah melalui berbagai macam proses, terbuanglah 'sampah' itu. Jadi sebenarnya makanan dan minuman itu nggak bisa langsung dibuang begitu saja. Mungkin sekitar 4-8 jam baru bisa dikeluarkan menjadi BAB.

Meski demikian, waktu seseorang mencerna makanan itu berbeda-beda. Hal ini bergantung pada jenis makanan dan minuman apa yang dikonsumsi.

3 dari 4 halaman

Harus Hati-Hati

Ilustrasi Buang Air Besar © Diadona

Kejadian habis makan langsung BAB ini sebenarnya normal saja kalau terjadinya jarang-jarang saja. Sebab mungkin saja yang dikeluarkan itu makanan dan minuman yang dikonsumsi beberapa jam sebelumnya.

Namun yang perlu dikhawatirkan adalah jika makan langsung BAB ini terjadi sering waktu, bahkan terus-terusan. Itu bisa jadi pertanda adanya gangguan pencernaan seperti Irritable Bowel Syndrome (IBS).

4 dari 4 halaman

Memang msih terbilang normal kalau kejadiannya jarang. Tapi kalau habis makan langsung BAB itu sering banget terjadi, segera periksa ke dokter ya. Sebab itu pertanda pencernaan seedang mengalami gangguan, gaes!

Beri Komentar