Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi? Aman Nggak Ya

Reporter : Riza Umami
Rabu, 29 April 2020 06:17
Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi? Aman Nggak Ya
Pernah dilarang minum kopi saat hamil?

Bagi para pencinta kopi yang sudah kecanduan dengan kafein yang satu ini, tentu tak minum kopi dalam waktu yang agak lama saja akan terasa tak enak. Namun, bagaimana saat kamu sedang hamil? Amankah untuk minum kopi?

Beberapa ahli kesehatan mengatakan bahwa tidak apa-apa untuk minum kopi bagi ibu hamil asalkan jumlah kopi yang dikonsumsi ini tak melebihi dari takaran yang dianjurkan. Lantas, berapakah batas aman minum kopi bagi ibu hamil ini?

1 dari 3 halaman

Batas aman agar ibu hamil bisa mengonsumsi kopi adalah minum tidak lebih dari dua cangkir dalam sehari atau setara dengan 200 miligram kafein. Jika kamu masih bingung tentang takarannya ini, berikut beberapa takaran dilansir dari laman klikdokter.com:

  • Satu cangkir kopi instan mengandung sekiranya 100 miligram kafein
  • Satu cangkir teh mengandung sekitar 75 miligram kafein
  • Satu kemasan minuman soda mengandung kira-kira 40 miligram kafein
  • Cokelat seberat 50 gram mengandung 25–50 miligram kafein.
  • 25 – 50 mg kafein 50 gram coklat.

Jika melebihi batasan itu, maka kafein yang ada dalam kopi ini bisa menyebabkan beberapa hal pada ibu hamil, di antaranya yaitu berikut ini.

2 dari 3 halaman

Gangguan Kecemasan

Kafein yang berlebih bisa membuat ibu hamil mengalami gangguan kecemasan. Tentu ini akan berdampak pada aktivitasnya sehari-hari. 

Insomnia

Insomnia sudah bukan hal baru, saat seseorang habis minum kopi. Namun, ibu hamil harus mendapatkan istirahat yang cukup sehingga insomnia yang berlanjut bisa berdampak buruk pada pola hidup sehatnya di masa kehamilan. 

3 dari 3 halaman

Jantung Berdebar

 

Efek samping yang bisa ditimbulkan saat mengonsumsi terlalu banyak kopi yaitu jantung berdebar yang diakibatkan oleh kafein. Hal ini pun akan menyebabkan tekanan darah meningkat. 

Keguguran

Hal paling buruk yang terjadi yaitu mengonsumsi kopi dalam jumlah berlebih ini bisa meningkatkan risiko ibu hamil mengalami keguguran dua kali lebih tinggi daripada yang tidak mengonsumsinya.

Oleh sebab itu, minum kopi secukupnya saja dan tetap dalam batas aman selama kehamilan. Baiknya kamu juga berkonsultasi pada dokter kandunganmu jika timbul efek samping saat kamu mengonsumsi kopi. Sehat-sehat terus ya.

Beri Komentar