7 Tips Minum Kopi untuk Diet, Dijamin Berat Badan Bisa Turun dengan Mudah Lho!

Reporter : Arifina
Rabu, 6 September 2023 17:17
7 Tips Minum Kopi untuk Diet, Dijamin Berat Badan Bisa Turun dengan Mudah Lho!
Buat kamu yang lagi diet tapi gemar minum kopi, simak beberapa tips berikut agar program diet kamu maksimal!

Kopi adalah minuman yang digemari oleh banyak orang di seluruh dunia. Selain dari rasanya yang nikmat, kopi juga memiliki beberapa manfaat kesehatan, salah satunya membantu program diet untuk menurunkan berat badan lho!

Dalam menjalani program diet, biasanya seseorang melakukan berbagai cara, mulai dari menjaga pola makan dan rajin berolahraga secara rutin. Sebagian penggemar kopi bahkan akan mengurangi porsi mengkonsumsinya. 

Padahal, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Food Sciences and Nutrition menemukan, mengonsumsi kafein 30 menit hingga 4 jam sebelum makan dapat membantu kamu makan lebih sedikit.

1 dari 8 halaman

Ilustrasi Minum Kopi © Diadona

Hal tersebut dibuktikan dengan adanya sebuah meta-analisis pada tahun 2019 lalu. Sebanyak 13 studi dinilai mengalami peningkatan asupan pada kandungan kafein yang terkait dengan penurunan berat badan, lemak tubuh, dan indeks massa tubuh (BMI). 

Lalu, bagaimana tips minum kopi agar membantu program diet kamu dalam menurunkan berat badan? Simak yang berikut!

2 dari 8 halaman

Tentukan Jenis Kopi yang Akan Diminum

Jenis kopi yang dapat dikonsumsi sewaktu diet yaitu kopi light roast. Kopi ini kaya akan antioksidan daripada jenis kopi dark atau roasting medium.

Karenanya, kopi light roast bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu konsumsi saat sedang diet. Selain kopi light roast, kamu dapat memilih kopi hitam tanpa tambahan gula atau apapun.

Karena minum kopi tanpa tambahan gula dapat membantu kamu dalam membatasi adanya asupan kalori yang masuk dengan berlebih ke dalam tubuh.

3 dari 8 halaman

Minum Kopi di Waktu Tertentu

Tips Racikan Kopi Enak © Diadona

Selain menentukan jenis kopi, perlu diperhatikan juga waktu-waktu tertentu kamu akan mengkonsumsi kopi ketika menjalani program diet. Waktu terbik untuk minum kopi saat diet antara jam 10 pagi hingga 3 sore.

Tidak disarankan untuk minum kopi setelah jam 3 sore karena dapat mengganggu tidur malam kamu. Hal tersebut juga mengakibatkan insomnia di malam hari yang dapat mengganggu kesehatan dan berpotensi meningkatkan berat badan kamu.

Dengan memperhatikan waktu tersebut, minuman kopi akan membantu dengan baik dalam program diet kamu nih!

4 dari 8 halaman

Batasi Konsumsi Kopi Per Hari

Jangan mengonsumsi kopi secara berlebihan, apalagi jika kamu dlaam program diet. Jumlah terbaik meminum kopi adalah sekitar 150-450 ml atau sekitar 1-2 cangkir kopi dengan kafein maksimal 400 mg per hari.

Kafein yang dianjurkan 2-6 mg kafein per kilogram berat badan untuk meningkatkan kinerja. Terlalu sering dan terlalu banyak mengonsumsi kopi akan memicu adanya efek samping kesehatan.

Seperti, gangguan lambung, jantung berdebar, dan gangguan metabolisme pada tubuh. Hal tersebut juga akan berdampak pada program diet kamu menjadi kurang maksimal.

5 dari 8 halaman

Hindari Krimer

Tips Minum Kopi untuk Diet © Diadona

Krimer menjadi elemen yang sering digunakan orang-orang untuk menambah kenikmatan kopi yang dikonsumsi. Namun, penggunaan krimer tidak dianjurkan untuk dikonsumsi secara berlebihan karena mengandung lemak yang tinggi serta  gula.

Dibandingkan menambahkan krimer, akanb lebih baik untuk menggantinya dengan susu sapi cair atau susu UHT sebagai pelengkap kopi.  Susu UHT memiliki kandungan protein, karbohidrat, dan kandungan lemak yang rendah, sehingga kan berdampak baik bagi tubuh bila diminum saat menjalni program diet.

6 dari 8 halaman

Ganti Gula dengan Kayu Manis

Terlalu sering mengonsumsi gula saat diet malah membuat berat badan kamu semakin naik. Karena itu, hindari menambahkan gula pada kopi yang ingin kamu minum ya!

Sebagai ngantinya, kamu bisa menambahkan pemanis lain yang tidak mengandung kalori sama sekali pada minuman kopi yang ingin diminum. Seperti gula stevia atau kayu manis. Selain dapat menambah cita rasa kopi, kayu manis juga dapat menurunkan kolesterol, glukosa darah, dan trigliserida.

7 dari 8 halaman

Campur Kopi dengan Dark chocolate

Rasa dan aroma manis-pahit dari dark chocolate akan menamba rasa yang lezat untuk minuman kopi. Dengan perpaduan rasa dark chocolate dapat mengurangi dan meluruhkan rasa pahit pada kopi.

Walaupun tidak mengubah 100% gula, tetapi dark chocolate dapat menggantikan peran gula dengan mengubah rasa kopi menjadi sedikit manis-pahit.

Dark chocolate ini mungkin cocok untuk kamu yang tidak terlalu suka rasa manis pada minuman kopi. Jika kita teratur mengonsumsi kopi di tengah program diet, maka harus tetap memperhatikan kandungan pada pola makan atau kandungan pada kopi maupun campuran kopi. Hal tersebut untuk mengurangi tingkat resiko kamu yang gemar minum kopi tapi sedang diet.

8 dari 8 halaman

Tidak untuk Diminum saat Pagi Hari

Tips Minum Kopi untuk Diet © Diadona

Hindari minum kopi saat pagi hari. Alangkah lebih baik, jika sedang menjalani program diet kamu meminum kopi di pagi hari setelah sarapan.

Hal ini untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan terhindar dari penyakit asam lambung yang biasa menyerang perut kosong.

Itulah tips minum kopi untuk diet . Tidak hanya memperhatikan kandungan dalam kopi, tetapi kamu juga harus tetap mengimbanginya dengan olahraga terarur ya!

Olahraga teratur banyak manfaatnya, antara lain membakar lemak berlebih dalam tubuh, membantu mempertahankan berat badan agar tubuh tetap ideal, dan masih banyak lainnya.

Penulis:Safira Salsabillah Maharani

Beri Komentar