12 Tips Racikan Kopi Enak, Rasa Ala Kafe yang Bisa Dibuat di Rumah

Reporter : Arifina
Jumat, 11 Agustus 2023 19:50
12 Tips Racikan Kopi Enak, Rasa Ala Kafe yang Bisa Dibuat di Rumah
Menikmati kopi enak ala cafe bisa dibuat sendiri di rumah lho!

Bagi pecinta kopi, menemukan racikan kopi yang enak dan sesuai dengan selera bisa menjadi sebuah pencapaian tersendiri. Sebab, membuat sajian kopi yang nikmat ala kafe memang bukan perkara mudah.

Apalagi sebagai salah satu minuman yang cukup difavoritkan di seluruh dunia, kopi punya penyajian yang beragam dengan selera yang berbeda pada setiap orang. Bagaimana rasa kopi yang enak menurut kamu.

 

1 dari 13 halaman

Tips Racikan Kopi Enak © Diadona

Bagi kamu yang terbiasa menyeduh segelas kopi di rutinitas harian, tentu saja hal ini cukup menjadikan PR jika harus selalu mendatangi kafe ya! Tapi, jangan khawatir, kamu bisa lho meracik kopi yang enak di rumah saja.

Asalkan, kamu tahu tips yang tepat dan takaran yang pas. Nah, berikut ini diadona.id rangkumkan dari berbagai sumber tips meracik kopi enak yang bisa untuk kamu jadikan referensi. Apa saja?

2 dari 13 halaman

Pilih Biji Kopi Berkualitas

Jika terbiasa minum kopi di rumah dengan kopi instan, kiranya untuk mendapati rasa kopi ala kafe hal ini tidak bisa dilakukan. Kamu harus memulainya selayaknya barista.

Hal yang harus diperhatikan untuk mendapati rasa kopi yang nikmat berasal dari pemilihan biji kopi yang berkualitas. Pilih jenis biji kopi yang segar dan memiliki aroma kuat, lebih mudah pilih yang sudah disangrai ya!

3 dari 13 halaman

Giling Biji Kopi dengan Ukuran yang Sesuai

Tips Racikan Kopi Enak © Diadona

Ukuran gilingan biji kopi akan mempengaruhi rasa kopi yang dihasilkan. Untuk espresso, kamu bisa gunakan biji kopi yang digiling sangat halus.

Sedangkan untuk kopi filter, gunakan biji kopi yang digiling sedang saja ya. Hal ini agar kamu bisa mendapati rasa yang diinginkan.

4 dari 13 halaman

Perhatikan Rasio Air dan Kopi

Rasio air dan kopi memiliki peranan penting dalam hasil akhir. Umumnya, perbandingan yang ideal adalah 1:15 atau 1:16, yaitu 1 gram kopi untuk 15-16 mililiter air seduhan.

Namun, kamu tetap bisa menyesuaiakan dengan preferensi pribadi ya agar tepat dengan rasa yang diinginkan.

5 dari 13 halaman

Gunakan Metode Penyajian Coffee Maker Pour Over

Tips Racikan Kopi Enak © Diadona

Ingin mendapati rasa kopi ala kafe, kamu bisa menggunakan metode penyajian dengan Coffee Maker Pour Over. Cara ini banyak disukai karena dapat menghasilkan kopi tanpa ampas.

Jika menggunakan alat tersebut, cita rasa yang dihasilkan kopi juga lebih lembut. Untuk menggunakannya, terlebih dulu masaklah air hingga mendidih, matikan dan diamkan selama 30 detik sebelum digunakan untuk menyeduh kopi.

Siapkan kopi yang sudah digrinder, pasang alat filter yang sudah dibersihkan ke mesin kopi. Tuang bubuk kopi dan air mendidih ke dalam filter, diamkan sejenak dan tuang air perlahan dan merata sampai kopi menetes denfan sempurna.

Pastikan juga air dalam dripper berjumlah antara setengah hingga tiga perempat penuh. Lepas alat folter dan kopi siap dinikmati sesuai selera.

6 dari 13 halaman

Kontrol Suhu Air

Suhu air yang digunakan dalam proses ekstraksi cukup berpengaruh terhadap rasa kopi. Air mendidih dapat " membakar" kopi dan menghasilkan rasa yang pahit.

Pastikan suhu air sekitar 90-95°C untuk hasil yang optimal. Selain itu, durasi waktu seduhan air dan kopi juga penting. Ekstraksi yang terlalu lama atau terlalu singkat dapat menghasilkan cita rasa yang tidak seimbang.

7 dari 13 halaman

Campur Kopi dengan Gula Aren

Buat kamu yang terbiasa meminum kopi hitam, cobalah mencampurnya dengan gula aren. Dibandingkan dengan gula pasir, cita rasa pencampuran gula aren dan kopi akan lebih nikmat lho!

Gula aren dapat memberikan aroma harum dan rasa manis yang nggak terlalu kuat. Selain itu, menikmati kopi akan lebih bercampur dengan rasa sedikit asam yang unik.

Cairkan dulu gula aren sebelum dicampurkan ke dalam kopi hitam, tambhakan susu agar rasanya lebih nikmat ya!

8 dari 13 halaman

Pakai Metode French Press

Tips Racikan Kopi Enak © Diadona

Ini bisa dibilang cara yang lebih simpel untuk membuat kopi ala kafe yang nikmat di rumah, yakni menggunakan french press. Kamu cukup meyiapkan biji kopi terbaik yang sudah digiling dengan tekstur kasar seperti remahan roti.

Siapkan air mendidih dan tuangkan bubuk kopi pada dasar mesin. Aduk merata, diamkan selama 4 menit sambil menekan tuas secara konsisten.

9 dari 13 halaman

Tambahkan Bubuk Cokelat

Ingin lebih nikmat saat menikmati rasa kopi hitam, maka kamu bisa menambahkan bubuk cokelat di dalamnya. Kamu bisa menyebutnya sebagai kopi moka.

Cokelat yang tercampur dengan kopi akan membuat rasanya lebih enak di lidah. Cokelat akan emmebri rasa dan aroma fruity pekat yang menggugah selera saat berpadu dengan kopi.

10 dari 13 halaman

Campur dengan Mentega

Penambahan mentega pada kopi hitam akan menghasilkan cita rasa gurih dan creamy yang lembut. Sehingga, kopi tidak akan terlalu pekat rasa pahitnya.

Namun, sebaiknya pilih jenis mentaga 100 persen dari sapi ya. Hal ini agar rasa yang dihasilkan lebih nikmat.

11 dari 13 halaman

Coffee Dripper

Tips Racikan Kopi Enak © Diadona

Alat ini merupakan metode membuat kopi dengan ekstraksi melalui tetesan. Metode drip salah satu yang praktis untuk menghasilkan cita rasa kopi yang nikmat.

Kamu cukup menyiapkan kp[i yang berstektur grind atau sedang, masukkan ke penyaring dan tuangkan air sesuai batas yang diiinginkan. Tekan tombol mesin yang otomatis akan meracik kopi dengan mudah.

Jika sudah selesai segera matikan mesin untuk menghindari rasa pahit. Sajikan sesuai selera.

12 dari 13 halaman

Campurkan Garam dalam Racikan Kopi

Pernah dengar sea salt coffe? Nah, cara meraciknya menggunakan campuran garam laut. Jangan khawatir rasa kopi akan aneh ya, justru kamu akan mendapati cita rasa yang gurih dan nikmat.

Campuran garam di dalam racikan kopi hitam justru akan menyeimbangkan rasa dari kopi itu sendiri lho! Kopi yang kamu buat akan meningkatkan rasa manis alaminya.

13 dari 13 halaman

Padukan Kopi dan Susu Kental Manis

Ilustrasi Es Kopi Susu Gula Aren © Diadona

Hal ini bisa jadi cara meracik kopi yang umum banget digunakan hampir semua orang. Menikmati seduhan kopi hitam bercampur dengan susu kental manis.

Campuran kopi tanpa ampas dengan susu kental manis akan menghasilkan cita rasa yang nikmat. Tak perlu repot menambahkan gula deh!

Itulah deretan tips meracik kopi enak. Menciptakan rasa kopi ala kafe bisa dibuat sendiri di rumah bukan? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar