Turunkan Berat Badan dengan Minum Kopi, Apakah Efektif?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Rabu, 23 Februari 2022 13:27
Turunkan Berat Badan dengan Minum Kopi, Apakah Efektif?
Apakah minum kopi benar-benar bisa turunkan berat badan?

Minum kopi merupakan salah minuman yang sudah seperti teman sendiri saat ini. Banyak orang yang memulai aktivitas dengan minum kopi. Ketika sedang berbincang dengan teman-teman, kopi pun hadir di atas meja.

Selain bisa membuat orang terjaga alias tetap melek, kopi juga disebut-sebut bisa turunkan berat badan buat mereka yang mau diet. Namun, apakah benar?

 

1 dari 5 halaman

Ilustrasi wanita minum kopi © Diadona

Melansir dari Hellosehat.com, masih belum ada penelitian pasti yang mengungkapkan bahwa minum kopi berkafein bisa menurunkan berat bada. Beberapa penelitian yang dilakukan hanya kepada binatang, sehingga apabila diterapkan ke manusia timbul keraguan.

 

2 dari 5 halaman

Meski tidak ada penelitian pasti, minum kopi bisa membantu kamu jika ingin menurunkan berat badan, atau dalam pencegahan peningkatan berat badan. Hmm, kenapa kopi bisa membantu ketika diet?

Ya, hal ini dikarenakan kafein dalam kopi yang dikonsumsi bisa meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga kalori dalam tubuh bisa terbakar dengan cepat. Bahkan ketika sedang tidur, kafien tetap bisa menghasilkan panas dan energi untuk mencerna makanan, alias disebut dengan thermogenesis.

 

3 dari 5 halaman

Ilustrasi wanita minum kopi © Diadona

Di samping itu, kopi juga bisa menahan nafsu makan naik. Penelitian yang dilakukan pada 2013 mengungkapkan bahwa minum kopi bisa membuat orang menjaga porsi makanannya. Di samping itu, kewaspadaan yang didapat dari kopi bisa membuat seseorang beraktivitas dalam waktu yang panjang, sehingga energi yang dikeluarkan lebih banyak.

Meski tidak ada penelitian yang menyebutkan secara pasti kopi bisa menurunkan berat badan, minum kopi ternyata bisa MEMBANTU kamu untuk menurunkan berat badan.

 

4 dari 5 halaman

Namun, efektivitas kopi yang diraih jika tanpa gula, ya. Sebab gula lah yang bisa meningkatkan kalori. Selain itu, jangan berlebihan, karena bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan nantinya.

Semoga bermanfaat!

Beri Komentar